MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN PENGGUNAAN STRATEGI MAKE A MATCH DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.52431/murobbi.v7i1.1399Keywords:
Make a Match, Learning results, IPSAbstract
This action research is motivated by the teaching and learning process of teachers less able to create active and fun learning, the use of methods that are still conventional results in the learning process in the classroom making students feel bored and seem inactive and student learning outcomes below KKM. Classroom action research is the method used in this study. The research subjects were students of class V B MI Al Huda consisting of 37 students. The instruments used were observation, tests and documentation. The results of this study indicate that the implementation of social studies subjects, learning with the make a match strategy can improve student learning activities and outcomes. This can be proven from the results of each cycle designed. In cycle I only 40.54% (15 students completed) with an average of 56.29, cycle II amounted to 56.76% (21 students completed) average score 65.27 and cycle III amounted to 94.60% (35 students completed) with an average of 77.02
Downloads
References
Aliputri, Dhestha Hazilla. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Bidang Pendidikan Dasar 2, no. 1A (25 April 2018): 70–77. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1A.2351.
Anggraeni, Ayu Anggita, Veryliana, dan Ibnu Fatkhu. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika | International Journal of Elementary Education.” International Journal of Elementary Education. 3, no. 2 (2019): 2549–6050.
Ariyani, Bekti, dan Firosalia Kristin. “Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD.” JURNAL IMIAHPENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN 5, no. 2 (2021): 353–61.
Fatimah, Iis Daniati. “Penerapan Model Pembelajaran Make a Match Dengan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa.” Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan 2, no. 1 (18 Juni 2017): 28–37. https://doi.org/10.17977/um027v2i12017p028.
Fauhah, Homroul, dan Brillian Rosy. “Analisis Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) 9, no. 2 (2021): 321–34. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p321-334.
Harefa, Darmawan. “PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAKE A MATCH PADA APLIKASI JARAK DAN PERPINDAHAN.” GEOGRAPHY?: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan 8, no. 1 (29 April 2020): 01–18. https://doi.org/10.31764/geography.v8i1.2253.
Juhji, Juhji. “MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DALAM PEMBELAJARAN IPA.” Primary?: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar 9, no. 1 (11 Juli 2017): 9–22.
Ketut Suami, Dewa Ayu. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 1, no. 1 (2017): 206–14.
Kristin, Firosalia. “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Ditinjau Dari Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4 SD.” Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 6, no. 2 (25 Mei 2016): 74–79. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p74-79.
Maharani, Okti desta tri, dan Firosalia Kristin. “Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match.” Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan 1, no. 1 (8 Mei 2017): 1–11. https://doi.org/10.30738/wa.v1i1.998.
Nurma Pertiwi, Intan, dan Sumarno. “Pengaruh Model Make A Match Berbantu Media Kartu Bergambar terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis.” Jurnal Mimbar PGSD Undiksha 7, no. 3 (2019): 261–70.
Prihatiningsih, Eko, dan Eunice Widyanti Setyanigtyas. “PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DAN MODEL MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA.” JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) 4, no. 1 (29 Maret 2018): 1–14. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.1441.
Putri, Eliza Nola Dwi, dan Taufina Taufina. “Pengaruh Model Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 4, no. 3 (15 Mei 2020): 617–23. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.405.
Ramadhani, M. Ihsan. “Peningkatan Hasil Belajar IPS menggunakan Model Pembelajaran Make A Match pada Siswa Sekolah Dasar.” EDUKATIF?: JURNAL ILMU PENDIDIKAN 3, no. 4 (9 Agustus 2021): 2237–44. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1159.
Ririantika, Usman, dan Geminastiti Sakkir. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE ‘MAKE A MATCH’TERHADAP HASIL BELAJARBAHASA INDONESIA.” Jurnal Cakrawala Indonesia 5, no. 1 (2020): 2686–6471.
Riyanti, Nisrohah Neni, dan Mohammad Husni Abdullah. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa.” Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6, no. 4 (2018): 440–50.
Sapriyana. Pendidikan IPS Konsep Dan Pembelajaran. 8 ed. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.
Susilo, Herawati, Husnul Chotimah, dan Yuyun Dwita Sari. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Media Nusa Creative (MNC Publishing), 2022.
Wulandari, Komang Evita, Ketut Suarni, dan Ndara Tanggu Renda. “Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Berbasis Penilaian Portofolio Terhadap Hasil Belajar IPA.” Journal of Education Action Research 2, no. 3 (10 Desember 2018): 240–48. https://doi.org/10.23887/jear.v2i3.16261.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sedya Santosa, Deni Indrawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Pemberitahuan Hak Cipta
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada CONTACT.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution.
- Semua Informasi yang terdapat di Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan bersifat akademik. Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.