INTERNALISASI NILAI SOPAN SANTUN MELALUI PELAJARAN PKN DI MIS BIDAYATUL HIDAYAH
DOI:
https://doi.org/10.52431/murobbi.v7i1.1159Keywords:
Civics, Internalization , mannersAbstract
Abstract: The purpose of the study was to photograph the guidance of manners ethics in students in civics learning in class V MIS Bidayatul Hidayah, since the teacher designed the learning, carried out PPKn learning, evaluated the manners behavior of students, and the response of students to the guidance of manners carried out by teachers through PPKn learning. in-depth interviews and documentation (artipak). The object of the study is the ongoing civics learning activities. The subjects of the study were class teachers, parents, peers and principals. The data collection instrument is the researcher himself with the help of observation guidelines and interview guidelines. The data is analyzed narratively with in-depth meaning. The conclusions of the research results indicate (1) civics learning designs made by teachers using the 2013 curriculum guidelines. The teacher first analyzes KD and KI first. The RPP used is sourced from a handbook or teacher's guide without a mission analysis of the values and behaviors expected from KD and KI. (2) when learning is carried out the teacher has carried out the guidance of manners behavior. Teachers have been able to motivate learners to behave in good manners; (3) evaluation of the results of the guidance of manners behavior has not been formally programmed, evaluation is still focused on the evaluation of cognitive aspects, (4) students have responded positively and actively to fostering manners behavior.
Downloads
References
Ahmad Sa’I dan Sigit Tri Utomo, Internalisasi Nilai-Nilai Akhlaqul Karimah Siswa Pada Pembelajaran Akidah Akhlaq Di Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang, Jurnal Penelitian, Vol. 11, No. 1, Februari 2017.
Alim, Muhammad. Pendidikan Agama Islam Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2006.
Ari Wisudayanti, Kadek.“ Pendidikan Moral Sebagai Wadah Pembentuk Calon Pendidik Yang Berkarakter”, Jurnal Pendidikan dasar Vol 3.No. 1 Tahun 2022.
Chaplin, J.P. Kamus Lengkap Psikologi, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2011.
Encep Syarief Nurdin, Kama Abdul Hakam. Metode Internalisasi Nilai-Nilai Untuk Memodifikasi Perilaku Berkarakter, Bandung: Maulana Media Grafika, 2016.
Hambal, bin Al-Imam Ahmad . Musnad, Juz II, Beirut: Darul Kutub Al-Ilmiah, tt.
I Nyoman Karma, Evita Sari, Darmiany, Implementasi Nilai Karakter Religius Melalui Pembelajaran Tematik, Journal of Clasroom Action Research Vol. 4 No. 3, Mei 2022.
K.Yin, Robert. Studi Kasus Desain & Metode¸diterjemahkan oleh M Djauzi Mudzakir, Cet. ke-17. Depok: Penerbit PT Raja Grafindo Persada, 2021.
Kemdikbud. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemdikbud. 2014.
Lailasari, Ita. Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Bangsa Dalam Pembelajaran Pai, Jurnal Sains Global Indonesia Vol. 2. No. 1. Januari 2021.
Lickona, Thomas. Mendidik untuk Membentuk Karakter: Bagaimana Sekolah dapat Memberikan Pendidikan tentang Sikap Hormat dan Tanggung Jawab, diterjemahkan oleh Juma Abdu Wamaungo, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2019.
Michael Huberman, Matthew B. Miles,A. Analisis Data Kualitatif¸ diterjemah oleh Tjetjep, Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia, 2012.
Mohammad Asrori, dan Mohammad Ali. Psikologi Remaja; Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2012.
Moleong, Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2016.
Mulyana, Rohmat. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai, Bandung: Alfabeta, 2011.
Munawir Gozali, Marudin, Internalisasi Nilai-Nilai Islam Dalam Membentuk Sikap Sosial Siswa Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas Va Di Mi Bustanul Ulum Pesanggrahan Batu, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol. 1, No. 2. Desember 2019.
Nasharuddin. Akhlak (Ciri Manusia Paripurna), Cet. I. Jakarta: Rajawali Pers, 2015.
Nata, Abuddin. Akhlak Tasawuf dab Karakter Mulia, Jakarta: PT. RAJA GRAFINDO PERSADA, 2015.
Nur,Imam .“ Pembelajaran Tematik –Integratif di SD/MI dalam Kurikulum 2013”, jurnal insania Vol .19. No .1 Januari-Juni, 2014.
Permata Sari, Yuli. “Fenomena Bullying Siswa : Studi Tentang Motif Perilaku Bullying Siswa di SMP Negeri 01 Painan, Sumatera Barat”. Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam 10.(November, 2017).
Putra, Purniadi Internalisasi Pendidikan Karakter pada Pembelajaran IPA melalui Model Konstruktivisme di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sebebal. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah Vol. 2, No. 2, April 2017.
Riyanto,Yatim. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Penerbit SIC, 2010.
Rizal Mz ,Syamsul. Akhlak Islami Prespektif Ulama Salaf, Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor Edukasi Islam, Jurnal Pendidikan Islam Vol.07. No. 1.
Rusman. Model-model Pembelajaran, Jakarta: Rajawali Pers, 2011.
Sahira, Safinaz, dkk. Implementasi Pembelajaran Ips Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar, Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, Vol. 6. No. 1. Februari 2022.
Sjarkawi. Pembentukan Kepribadian Anak. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.
Sugiyono, Memahami Penelitian Kualtatif, Bandung: CV Alfabeta, 2014.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit ALFABETA, 2013.
Thomas Lukhman &Peter L. Berger. Tafsir sosial atas kenyataan: Risalah tentang Sosiologi Pengetahuan, diterjemahkan dari buku asli The Social Construction of Reality oleh Hasan Basri, Jakarta: LP3ES, 2013.
Trianto, Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka, 2010.
Trianto. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara, 2015.
Zubaedi. Desain Pendidikan Karakter: konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: KENCANA, 2015.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nurul Miftahul Awaliyah Harahap
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Pemberitahuan Hak Cipta
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada CONTACT.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution.
- Semua Informasi yang terdapat di Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan bersifat akademik. Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.