Pendekatan Pembelajaran dengan Memperhatikan Cara Kerja Otak: Efektivitas Hypnotheaching dalam Mendongkrak Prestasi Belajar Siswa MAN 1 Model Bojonegoro
DOI:
https://doi.org/10.52431/murobbi.v1i2.99Keywords:
Learning, Effectiveness, Hypnotheaching, Student Learning AchievementAbstract
Hypnoteaching is one of the teaching methods that concerns the existence of the brain as a source of thinking for students. This approach applies to process the brain waves of students to be in alpha conditions, because in this condition students can to suggest themselves of the importance of learning. This method of learning presents the subject matter by using subconscious languages ??because the subconscious is dominating the way the brain works. Any teacher clever if not able to process the sense of students then the learning will take place without the impression that ultimately has no significance to achievement. This paper presents the steps of hypnoteaching for teachers to be easily adopted in the process of teaching and learning activities. The result data showed that students' learning achievement and absorption capacity of 88% and 92% of XII MIPA and XI MIPA MAN 1 Model Bojonegoro axles respectively, and showed a high and medium deviation standard with the spread of homogeneous values ??and has a range of values ??that are not too far between the highest value and the lowest value.
Downloads
References
Arieska, Muhammad Reza, dkk. “Efektivitas Metode Hypnoteaching dalam Kegiatan Pembelajaran Fisika Siswa Sma Negeri 10 Fajar Harapan Banda Aceh”, Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika. Vol. 1 No.4 Oktober 2016.
Arifin, Zainur. “Psikologi Belajar Anak; Telaah Kritis Dinamika Belajar Anak” Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan [Online], Volume 1 Number 1 Maret 2017.
Budianto, Agus dan Nara Setya Wiratama, “Hypnoteaching dalam Pembelajaran Sejarah”, Jurnal Edutama, Vol 4, No. 2 Juli 2017.
Edistria, Ega. “Pengaruh Hypnoteaching dalam Problem-Based Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa”, Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, The Journal of Innovation in Elementary Education, Volume 1 Number 2 June 2016.
Hajar, Ibnu. Hypnoteaching Memaksimalkan Hasil Proses Belajar Mengajar. Jogjakarta: Diva Press, 2012.
Jayawardana, Hepta Bungsu Agung dan Djukri, “Pengembangan Model Pembelajaran Hypnoteaching untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA/MA, Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, Volume 1, Nomor 1, Oktober 2015.
Majid, Indra. Pemahaman dasar hypnosis. 2012. E-book hypnosis http://duniadownload.com/ilmu-pengetahuan/pemahaman-dasar-hypnosis-hipnotis.html akses 05 Maret 2017.
Noer, Muhammad. Hypnoteaching for Success Learning. Jogjakarta: PT. Bintang Pusaka Abadi, 2010.
Pangesti, Janantika Pramuditya, dkk. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Saintek 2016, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Jalan Ir. Sutami 36 A, Kentingan, Surakarta (ISSN: 2557-533X)
Putra, Sitiatava Rizema. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Jogjakarta: Diva Press, 2013.
Selvianus S., Putu Riastanti, & Manik Widayanti, “Pengaruh model pembelajaran kontekstual berbantuan tutor sebaya terhadap hasil belajar biologi ditinjau dari motivasi belajar”. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 3 Tahun 2013.
Syukur, Freddy Faldi. Menjadi Guru Dahsyat Guru yang Memikat. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2010.
Uno, Hamzah B. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Pemberitahuan Hak Cipta
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada CONTACT.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution.
- Semua Informasi yang terdapat di Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan bersifat akademik. Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.