PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MI MELALUI PEMBELAJARAN FIKIH DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN MODELLING THE WAY
DOI:
https://doi.org/10.52431/murobbi.v5i1.344Keywords:
Character building, Fiqh learning, learning strategy Modelling The WayAbstract
One of the most important aspects in the current development era is aracter building. The purpose of this study is to shape the character of students from an early age. With the formation of characters that have been embedded in students will protect themselves from the dangers of changing times that will occur. This research was conducted by qualitative methods, data collection was done by observation and interviews. The results of this study are that Jurisprudence with the learning method modeling The Way can shape the character of MI students.
Downloads
References
Aqila, Zainal dan Sujak.2011.Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter.Bandung: Yram Widya.
Bahri, Saefudin & .2002.Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati dan Moedjiono.1999.Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Gunarsa.2006.Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja.Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.
Hamalik, Omar.2008.Kurikulum dan Pembelajaran.Jakarta: Bumi Aksara.
Handayani dan Indartono.2016.The Implementation Of Multicultural Character Education. International Conference on Ethics of Bussiness, Economics, and Social Science.
Kemendiknas.2010.Buku Induk Pembangunan Karakter.Jakarta.
Kurniawan.2015.Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar.PEDAGOGIA.Jurnal Pendidikan.
Mujib, Abdul dan Muhaimin.2000.Pemikiran Pendidikan Islam; Kajian Filosofis dan Kerangka Dasar Operasionalnya.Bandung; Trigenda Karya.
Pattaro,C.2016.Character Education: Themes and Researches. An Academic Literature Review. Italian Journal of Sociology of Education, 8(1), 6-30. Doi: 10.14658/pupj-ijse-2016-1-2
Permenag RI No.183 Tahun 2019, Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab di Masrasah Ibtidaiyah.Jakarta: Direktorat Pendidikan Madrasah.
Rooijakers.2000.Mengajar Dengan Sukses.Jakarta: PT Grasindo, Cet. III.
Rosyada, Dede.1995.Hukum Islam dan Pranata Sosial (Jakarta: PT Raja Grafindo).
Ryan, K., & Bohlin, K. E.1999.Building Character In School: Practical Ways to Bring Moral Instruction to Life (ERIC Document Reproduction Service No. ED423501).
Samani dan Hariyanto.2013.Pendidikan Karakter : Konsep dan Model.Bandung: Remaja Rosdakarya.
Shaleh, Ahmad Nazily.2003.Pendidikan dan Masyarakat. Yogyakarta: Sabda Media Departemen Pendidikan Nasional.
Silberman, Melvin, L.2002.Active Learning:101 Metode Pembelajaran Aktif .Yogyakarta: Pustaka Insani Madani.
Sumantri, Mulyani dan Permana, Johar.2001.Strategi Belajar Mengajar.Bandung: C.V Maulana.
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Warsono.2010.Model Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Kewarganegaraan, Proceedings of the 4th International Conference on Teacher Education; Join Conference UPI & UPSI Bandung, Indonesia, 8-10 November 2010.
Wibowo, Agus.2012.Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Bangsa Berparadigma.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yamin, Martinis.2007.Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi.Jakarta: Gaung Persada Press.
Zubaedi.2013.Desain dalam Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan.Bandung: Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Silvi Hidayati Purnami
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Pemberitahuan Hak Cipta
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada CONTACT.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution.
- Semua Informasi yang terdapat di Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan bersifat akademik. Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.