ANALISIS ISI BUKU SISWA BAHASA ARAB MADRASAH TSANAWIYAH KURIKULUM 2013
DOI:
https://doi.org/10.52431/murobbi.v3i2.212Keywords:
Keywords: textbooks, learning Arabic for non-native speakersAbstract
Learning materials are one element of learning and this is the task of getting teachers' attention so that students can learn the things required in achieving learning goals. This study aims to find the compatibility of the textbook with the theory of the drafting of books to learn Arabic for non-native speakers. This study uses a content analysis method that is a research method used to draw conclusions that can be re-examined based on facts by paying attention to the empirically oriented context of interpretation and explanation of the true symptoms and the purpose of the prediction .from the previous statements the results showed: 1) In the preparation of the book, the degree of compatibility reached 20%; 2) In the normative aspect of cognitive and cultural content, the degree of compatibility reached 91%. 3) In terms of language skills, the degree of compatibility reached 84%. 4) On the vocabulary side, the score reached 91%. 5) On the side of grammatical structures, the degree of compatibility reached 89%. 7) In terms of learning mode, the degree of compatibility reached 92%. 8) In the book output side, the degree of compatibility reached 75.%. 9) In general aspects, the degree of compatibility reached 81%. 10) In the material accompanying the book, the degree ofcompatibility reached 50%.
Downloads
References
Rosdakarya, 2011.
Arifin, Syamsul dan Adi Kusrianto, Sukses Menulis Buku Ajar dan Referensi : Teknik
dan Strategi Menjadikan Tulisan Anda Layak Diterbitkan, Jakarta : PT
Grasindo, 2009.
Arifin, Zainal Penelitian Pendidikan : Metode dan Paradigma Baru PT Remaja Rosdakarya, 2018.
Mumpuni, Atikah Integrasi Nilai Karakter dalam Buku Pelajaran: Analisis Konten Buku Teks Kurikulum 2013, Yogyakarta: Deepublish, 2018.
Daryanto, Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013, Yogyakarta: GAVA MEDIA, 2014.
Darsono-T. Ibrahim, Fasih Berbahasa Arab 1, Solo: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, 2009.
Eriyanto, Analisis Isi Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan
Ilmu-ilmu Sosial Lainnya,Jakarta : PT Fajar Interpratama Mandiri,2011.
Hermawan, Acep Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Bandung: PT Remaja
Rosdakarya, 2011.
Maryani, Ika Laila Fatmawati, Pendekatan Scientific Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar: Teori dan Praktik, Yoyakarta: DEEPUBLISH, 2012.
Ma’arif, M. Syamsul Perbandingan Kualitas Buku Teks Bahasa Arab Tingkat Madrasah Tsanawiyah, (Jurnal Pendidikan Islam :: Volume IV, Nomor 1, Juni 2015/1436).
Ediyani, Muhammad, Analisis Materi Pembelajaran Bahasa Arab Pada Buku AL-LUGHAH AL-‘ARABIYAH AL-MU’ÂSHIRAH Dengan Pendekatan Asas Pengembangan Materi, Al Mahara Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, Vol.2,No.1, Juni 2016/1437.
Muslich, Masnur Textbook Writing: Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan dan Pemakaian Buku Teks, Yogyakarta: Ar-ruzz Media, 2010.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 11 Tahun 2005 tentang Buku Teks
Pelajaran
Muttaqin, Zaenal dkk, Buku Siswa Bahasa Arab Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Madrasah Tsanawiyah Kelas VII,Kementerian Agama 2014.
Zed, Mestika Metodologi Penelitian Kepustakaan,Jakarta ; Yayasan Pustaka Obor
Indonesia, 2014.
Zulhannan, Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif, Jakarta:PT Raja Grafindo
Persada, 2015.
??????? ???? ??? ???? ??????? "???????? ?????? ?????? ?????? ???????? ?? ????? ??????? ???? ??????" ????????? – ???????
??? ?????? ?? ??????? ???????"????? ???? ????? ????? ??????? ???? ???????? ????" 1428 ??
???? ??? ?????? " ????? ?????? ??????? ?????? ????? ???? ???????? ???" ??????? ??????? ???????? ????? ?? ????? ???? ?????? ??????? ?????? ?????? ???????? ???? ?????? ???????? ??????? ??? ???????
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Pemberitahuan Hak Cipta
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada CONTACT.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution.
- Semua Informasi yang terdapat di Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan bersifat akademik. Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.