Strategi Peningkatan Kualitas Membaca Al-Qur’an Dengan Pendekatan Ilmu Tajwid Metode Tilawati Program BTQ di MI Sulaimaniyah Mojoagung Jombang

Authors

  • Muhammad Nasrul Waton IAI BAFA
  • Mahfida Ainur Rahma Nur Sholihah Ibu

Keywords:

Improvement Strategy, Tajwid Science Approach

Abstract

ABSTRAK

Strategi peningkatan merupakan langkah yang dilakukan untuk meningkatkan mutu pembelajaran membaca dan menulis Al-Qur'an dengan metode tilawati. Pendekatan ilmu tajwid merupakan serangkaian ilmu yang berkaitan dengan kaidah-kaidah yang menjadi dasar dalam membaca Al-Qur'an. Fokus penelitian ini adalah bagaimana cara meningkatkan mutu membaca Al-Qur'an di MI Sulaimaniyah Mojoagung. bagaimana penerapan ilmu tajwid dalam pembelajaran membaca Al-Qur'an di MI Sulaimaniyah Mojoagung. Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam peningkatan mutu membaca Al-Qur'an dengan menggunakan Pendekatan Ilmu Tajwid Metode Tilawati di BTQ MI Sulaimaniyah Mojoagung. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan kualitatif, dengan pendekatan studi kasus, kemudian teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Peserta didik diuji untuk mengetahui sejauh mana kemampuannya dalam memahami hukum-hukum tajwid dalam membaca Al-Qur'an, kemudian setelah dianggap mampu menemukan hukum-hukum bacaan, peserta didik diuji kembali dengan cara menghafal ayat-ayat yang telah dibaca. Faktor pendukung yaitu pengetahuan yang mendalam, guru, materi pembelajaran metode tilawati yang terstruktur, pelatihan yang intensif. Sedangkan faktor penghambat dalam kegiatan tersebut yaitu media yang kurang memadai, konsentrasi siswa, dan kurangnya muroja'ah siswa.

Kata Kunci: Strategi Peningkatan, Pendekatan Ilmu Tajwid

 

ABSTRACT

The improvement strategy is a step taken to improve the quality of learning to read and write Al-Qur'an using the tilawati method. The tajwid science approach is a series of sciences related to the rules that are the basis for reading the Al-Qur'an. The focus of this research is how to improve the quality of reading the Al-Qur'an at MI Sulaimaniyah Mojoagung. how to apply the science of recitation in learning to read the Koran at MI Sulaimaniyah Mojoagung. What are the supporting and inhibiting factors in improving the quality of reading the Al-Qur'an using the Tilawati Method Tajwid Science Approach at BTQ MI Sulaimaniyah Mojoagung. The researchers used qualitative field research, with a case study approach, then the data collection techniques used were observation, interviews and documentation. Students are tested to determine the extent of their ability to understand the laws of recitation in reading the Al-Qur'an, then after being deemed capable of discovering the laws of reading, students are tested again by memorizing the verses that have been read. supporting factors are in-depth knowledge, teachers, structured tilawati method learning materials, intensive training. The inhibiting factors in these activities are inadequate media, student concentration, and lack of student muroja'ah.

Keywords: Improvement Strategy, Tajwid Science Approac

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-06

How to Cite

Waton, M. N., & Nur Sholihah, M. A. R. (2024). Strategi Peningkatan Kualitas Membaca Al-Qur’an Dengan Pendekatan Ilmu Tajwid Metode Tilawati Program BTQ di MI Sulaimaniyah Mojoagung Jombang. Abnauna: Jurnal Ilmu Pendidikan Anak, 3(2), 191–197. Retrieved from https://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/Abnauna/article/view/3075

Issue

Section

Articles