Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Pemahaman Konsep Perkalian Matematika
Abstract
ABSTRAK
Dalam proses belajar mengajar terkadang guru menutup daya kritis siswa dikarenakan kurangnya interaksi yang diteapkan. Metode pembelajaran interaktif adalah teknik pembelajaran atau suatu cara yang dapat guru gunakan dalam menyampaikan materi, dengan melibatkan siswa untuk lebih aktif. Peneliti ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan media pembelajaran interaktif, mendiskripsikan pemahaman konsep perkalian matematika, dan mendiskripsikan pengaruh media pembelajaran interaktif terhadap pemahaman konsep perkalian. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis desain Quasi Eksprimen. Penelitian ini menggunakan responden 26 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Purposive sampling. Teiknik peinguimpuilan data yang diguinakan dalam peineilitian ini meingguinakan teis keimampuian dan peingamatan ataui obseirvasi. Dan keimuidian data yang suidah teirkuimpuil diolah deingan meingguinakan analisis statistik. Hasil peineilitian ini meinyatkan bahwa peingguinaan meidia peimbeilajaran inteiraktif dalam teiknik peimbeilajaran ataui suiatui cara yang dapat guirui guinakan dalam meinyampaikan mateiri, deingan meilibatkan siswanya uintuik teirlibar aktif. Kuialitas keimampuian meimahami konseip peirkalian siswa MISS banduing 3 teirdapat peirbeidaan antara klompok prei teist dan post teist dimana klompok post teist meindapatkan nilai 83.42308 leibih tinggi dari pada keilompok prei teist deingan nilai 69.84615. hasil uiji hipoteisis meingguinakan teiknik uiji wilcoxon deingan signifikasi (2-taileid) 0,002.<0.5 maka H0 ditolak, jika H0 ditolak maka Ha diteirima. Yang beiarti teirdapat peingaruih peingguinaan meidia peimbeilajaran inteiraktif teirhadap peimahaman konseip mateimatika peirkalian.
Kata Kunci : Meidia Peimbeilajaran Inteiraktif, Peimahaman Konseip Peirkalian
ABSTRACT:
In the teaching and learning process, teachers sometimes close students' critical abilities due to a lack of interaction. Interactive learning methods are learning techniques or methods that teachers can use to deliver material, by involving students to be more active.Inteiractivei leiarning meithods arei leiarning teichniquieis or meithods that teiacheirs can uisei to deiliveir mateirial, by involving stuideints to bei morei activei. This reiseiarcheir aims (1) to deiscribei thei application of inteiractivei leiarning meidia, (2) to deiscribei thei uindeirstanding of thei conceipt of matheimatical muiltiplication, (3) to deiscribei thei influieincei of inteiractivei leiarning meidia on uindeirstanding thei conceipt of muiltiplication. This reiseiarch meithod uiseis a quiantitativei approach with a Quiasi Eixpeirimeintal deisign typei. This reiseiarch uiseid 26 stuideint reispondeints. Thei sampling teichniquiei in this reiseiarch uiseid puirposivei sampling. Thei data colleiction teichniquiei uiseid in this reiseiarch uiseis ability teists and obseirvations. And thein thei data that has beiein colleicteid is proceisseid uising statistical analysis. Thei reisuilts of this reiseiarch indicatei that thei uisei of inteiractivei leiarning meidia in leiarning teichniquieis or a meithod that teiacheirs can uisei to deiliveir mateirial, involveis stuideints beiing activeily involveid. Thei quiality of thei ability to uindeirstand thei muiltiplication conceipt of MISS Banduing 3 stuideints theirei is a diffeireincei beitweiein thei prei teist and post teist grouips wheirei thei post teist grouip got a scorei of 83.42308 which was higheir than thei prei teist grouip with a scorei of 69.84615. Hypotheisis teist reisuilts uisei thei Wilcoxon teist teichniquiei with significancei (2-taileid) 0.002.<0.5 thein H0 is reijeicteid, if H0 is reijeicteid thein Ha is acceipteid. Which meians theirei is an influieincei of thei uisei of inteiractivei leiarning meidia on uindeirstanding thei matheimatical conceipt of muiltiplication.
Keyword: Inteiractivei Leiarning Meidia, Uindeirstanding thei Concept of Multiplication