Penggunaan Pendekatan Saintifik Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pkn Siswa Pada Tingkat Sekolah Dasar

Authors

  • Nur Asiah Asmuni STAI Sulthan Syarif Hasyim Siak Sri Indrapuran Riau
  • Yupenesia FKIP Universitas Terbuka

Keywords:

Pendekatan Saintifik, Hasi Belajar, PKN

Abstract

ABSTRAK

Dalam penyampaian materi pelajaran PKn, guru sering terjebak dengan masalah klasik yaitu proses pembelajaran yang monoton dan membosankan. Hal tersebut tentu menyebabkan rendahnya prestasi belajar peserta didik. Problematika tersebut tentu harus diatasi melalui metode pembelajaran yang melibatkan keaktifan peserta didik secara masif. Diantara metode yang tepat yaitu penggunaan metode saintifik. Untuk itu peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk mengetahui penggunaan pendekatan saintifik dalam meningkatkan prestasi belajar PKn siswa kelas IV SDN 006 Damai. Dengan jumlah siswa kelas IV SDN 006 Damai yang berjumlah 10 orang, penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan teknik PTK. Dua siklus penelitian dilakukan. Nilai rata-rata PKn pada pembelajaran prasiklus I hanya dengan rata-rata 57,5 di bawah syarat KKM. Sekitar 50% siswa kesulitan untuk memahami materi yang telah diajarkan kepada mereka. Setelah siklus I selesai terlihat nilai rata-rata siswa yaitu 71,5 mengalami peningkatan. Hal ini menunjukkan bahwa sangat dekat dengan standar KKM. Pada pembelajaran siklus II diadakan sebagai hasilnya, pada siklus ini 90% diatas dari KKM. Kesimpulan: Penggunaan pendekatan saintifik dapat meningkatkan prestasi belajar PKn siswa kelas IV SDN 006 Damai.

Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Hasi Belajar, PKN

 

ABSTRACT

In delivering Civics subject matter, teachers are often trapped by the classic problem of a monotonous and boring learning process. This certainly causes low student learning achievement. These problems must of course be overcome through learning methods that involve massive student activity. Among the appropriate methods is the use of scientific methods. For this reason, researchers conducted classroom action research with the aim of finding out the use of a scientific approach in improving the Civics learning achievement of class IV students at SDN 006 Damai. With a total of 10 class IV students at SDN 006 Damai, this research was carried out using PTK techniques. Two research cycles were carried out. The average Civics score in pre-cycle I learning is only 57.5 below the KKM requirements. Around 50% of students have difficulty understanding the material they have been taught. After the first cycle was completed, it was seen that the students' average score was 71.5, which had increased. This shows that it is very close to the KKM standard. In cycle II learning was held as a result, in this cycle 90% was above the KKM. Conclusion: Using a scientific approach can improve the Civics learning achievement of class IV students at SDN 006 Damai.

Keywords: Scientific Approach, Learning Results, PKN

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-06

How to Cite

Asmuni, N. A., & Yupenesia. (2024). Penggunaan Pendekatan Saintifik Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pkn Siswa Pada Tingkat Sekolah Dasar. Abnauna: Jurnal Ilmu Pendidikan Anak, 3(2), 94–108. Retrieved from https://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/Abnauna/article/view/2835

Issue

Section

Articles