Penerapan Sikap Toleransi Beragama Dalam Menciptakan Kerukunan Siswa Pada Jenjang Sekolah Dasar
Abstract
Fakta tentang pluralis di Negara Indonesia memang tidak dapat dibantah. Keberagaman ini menyentuh berbagai aspek seperti agama, budaya, adat istiadat, dan lain sebagainya. Namun terkadang keberagaman ini justru menjadi perbedaan yang memicu munculnya konflik, khususnya pada aspek keagamaan. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran secara utuh mengenai implementasi sikap toleransi beragama terhadap kerukunan siswa di Sekolah Dasar Negeri 1 Ngadas Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini adalah studi kasus. Adapun lokasi penelitian bertempat di SDN 1 Ngadas Poncokusumo, Malang. Program pengembangan sikap toleransi beragama siswa di SDN 1 Ngadas antara lain terinternalisasi dalam : (a) proses kegiatan belajar dan mengajar melalui pembelajaran tematik integratif, (b) kegiatan pembiasaan, (c) kegiatan ektrakurikuler wajib yaitu kegiatan pramuka. Dampak pengembangan sikap toleransi beragama di SDN 1 Ngadas antara lain siswa dapat saling menghargai, menerima perbedaan, dan bekerja sama dalam hal apapun tanpa membedakan latar belakang agama yang dianut oleh siswa/siswi di sekolah tersebut.
Kata Kunci: Sikap Toleransi Beragama, Kerukunan Siswa.
ABSTRACT
The fact about pluralism in Indonesia cannot be denied. This diversity touches various aspects such as religion, culture, customs, and so on. However, sometimes this diversity actually becomes a difference that triggers conflict, especially in religious aspects. For this reason, this research aims to find out the full description regarding the implementation of an attitude of religious tolerance towards student harmony at the Ngadas 1 State Elementary School, Poncokusumo District, Malang Regency. The research uses a descriptive qualitative approach. This type of research is a case study. The research location is at SDN 1 Ngadas Poncokusumo, Malang. The program for developing students' religious tolerance attitudes at SDN 1 Ngadas, among others, is internalized in: (a) the process of learning and teaching activities through integrative thematic learning, (b) habituation activities, (c) mandatory extracurricular activities, namely scout activities. The impact of developing an attitude of religious tolerance at SDN 1 Ngadas includes students being able to respect each other, accept differences, and work together in any matter without distinguishing between the religious backgrounds held by the students at the school.
Keywords: Attitudes of Religious Tolerance, Student Harmony