OPTIMALISASI METODE BERMAIN, CERITA, MENYANYI (BCM) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ASMAUL HUSNA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS I DI MI UMAR ZAHID SEMELO

Authors

  • Citra Putri Sari iaibafa
  • Maulidah Azizah

DOI:

https://doi.org/10.52431/jurnalilmupendidikananak.v2i1.2189

Abstract

ABSTRAK:

Proses pembelajaran di MI Umar Zahid Semelo khususnya kelas 1 guru, masih menggunakan metode konvensional yaitu metode yang berpusat pada penjelasan guru, penelitian ini dilakukan karena hasil belajar siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah dan akhlak. Subjek yang diteliti adalah kelas 1 yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini menggunakan analisis model aliran data, data yang dikumpulkan berasal dari observasi, wawancara, dokumentasi foto, dan tes. Pada tahap prasiklus hanya 8 siswa yang mampu tuntas dengan persentase 28,57% dengan rata-rata 65,71%, hasil belajar dari siklus 1 berjumlah 13 siswa dengan persentase ketuntasan 46,42% dengan rata-rata 74,10 %, pada siklus 2 hasil belajar siswa berjumlah 20 siswa mencapai persentase ketuntasan sebesar 71,42% dengan rata-rata 79,28%. Sedangkan pada siklus 3 meningkat menjadi 28 siswa yang tuntas dengan hasil belajar persentase ketuntasan 100% dengan rata-rata 98,03%. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode bermain, bercerita, bernyanyi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 Asmaul Husna MI Umar Zahid Semelo.

Keywords:   Playing   Method,   Story,   Singing   (BCM),   Learning

Outcomes.

ABSTRACT :

The learning process at  MI  Umar  Zahid  Semelo Especially Class 1, teachers still use the conventional method, namely the method that is centered on the teacher's explanation,  this research was conducted because student learning outcomes are still low. The purpose of this study was to improve student learning outcomes in the subjects of aqidah and morals. The subjects studied were class 1 totaling 28 students. This study uses a data flow model analysis, the data collected comes from observations, interviews, photo documentation, and tests. At the pre-cycle stage only 8 students were able to complete with a percentage of 28.57% with an average of 65.71%, learning outcomes from cycle 1 consisted of 13 students with a percentage of completeness of 46.42% with an average of 74, 10%, in cycle 2 the student learning outcomes consisted of 20 students achieving a mastery percentage of 71.42% with an average of 79.28%. while in cycle 3 it increased to 28 students who completed with learning outcomes the percentage of completeness was 100% with an average of 98.03%. It can be concluded that by using playing, storytelling, singing methods, it can improve the learning outcomes of grade 1 students in Asmaul Husna at MI Umar Zahid Semelo.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-12-14

How to Cite

Putri Sari, C., & Azizah, M. (2023). OPTIMALISASI METODE BERMAIN, CERITA, MENYANYI (BCM) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ASMAUL HUSNA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS I DI MI UMAR ZAHID SEMELO. Abnauna: Jurnal Ilmu Pendidikan Anak, 2(1), 21–32. https://doi.org/10.52431/jurnalilmupendidikananak.v2i1.2189

Issue

Section

Articles