Pendidikan Luar Sekolah; Kajian Optimalisasi Fungsi Keluarga sebagai Bagian Institusi Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.52431/tafaqquh.v3i2.45Keywords:
Education Outside School, FamilyAbstract
Education plays an important role in the Islamic world. Conception of lifelong education already existed long before the birth of the concept of Education Outside School. This conception is not hierarchical, but rather an educational process conducted since the period of alastu birabbikum. (period in the womb) to the period yurfa’ûn (the period when humans resurrected). Because the education lasts a lifetime, then the process can be done in families, communities, institutions of formal and non-formal. Public response to what is happening outside school, both within the family and in a social environment or community, is not regarded as an educational process, it becomes a separate problem, which is on that account that needs to be studied to be placed in their respective positions.
Downloads
References
Ballantine, Jeanne H. Sociology of Education; a Systematic Analysis. Wright State University, Prentice Hall Englewood Cliffs, N.j. 07632
Bukhari, Muchtar. Posisi dan Fungsi Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum Perguruan Tinggi. Malang: Makalah IKIP Malang, 1992.
Dahlan, MD. Ciri-Ciri Kepribadian Siswa SPG Negeri di Jawa Barat Dikaitkan dengan Sikapnya Terhadap Jabatan Guru. Dalam, Chabib Thaha, Kapita Selekta Pendidikan Islam, t.t.
Qussy (el), Abdul Aziz. Pokok-pokok Kesehatan Mental Jiwa. terj. Zakiyah Drajat. Jakarta: Bulan Bintang, 1975.
Fadjar, Malik. Tantangan dan Peran Umat Islam dalam Menyongsong Abad XXI. Surabaya, Makalah IAIN Sunan Ampel. 1995.
Hurlock, E. B. Adolescent Development. Tokyo, McGraw Hill, Inc. 1973.
Joesoef, Soelaiman. Pendidikan Luar Sekolah. Surabaya: CV. Usaha Nasional, 1979.
Kohn, M. L. Social Class and Parent Child Relationship: an Interpretation. Dalam M. Chabib Thoha, 1988. Kapita Selekta Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1971.
Langgulung, Hasan. Manusia dan Pendidikan, Jakarta: Pustaka al-Husna, t.t.
Madjid, Nurcholis. Masyarakat Religius, Jakarta: Paramadina, 1997.
Madjid, Nurcholis. Islam doktrin dan Peradaban, Jakarta: Paramadina, 1993.
Mastuhu. Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren, Jakarta: INIS, 1994.
Mastuhu. Memberdayakan Sistem Pendidikan Islam, Jakarta: Logos, 1999.
Muhaimin dkk. Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: Trigenda Karya, 1993.
Nasution, Harun. Islam Rasional, Bandung: Mizan, 1995.
Rahman, Fazlur. Islam. terj. Ahsin Muhammad. Bandung: Pustaka, 1984.
Saifulloh, Ali. Pendidikan Pengajaran Kebudayaan. Surabaya: Usaha Nasional, 1989.
Suryabrata, Sumadi. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers, 1984.
Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1994.
Tim Depag RI. Islam Untuk Disiplin Antropologi. Jakarta,: P3AI-PTU, 1988.
Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional, Nomor 2 tahun 1989. Jakarta, PT. Kreasi Jaya Utama.
Wahyu. Wawasan Ilmu Sosial Dasar, Surabaya: Usaha Nasional, 1986.
Zaini, Syahminan. Prinsip-prinsip Dasar Konsepsi Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 1986.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Pemberitahuan Hak Cipta
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Tafaqquh: Jurnal penelitian dan kajian Keislaman yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada CONTACT.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Tafaqquh: Jurnal penelitian dan kajian Keislaman bersifat akademik. Tafaqquh: Jurnal penelitian dan kajian Keislaman tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.