Desain Perencanaan Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter; Telaah Atas Dekreditasi Moral Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.52431/tafaqquh.v4i2.59Keywords:
Lesson Plan, Interconnection of Subjects, Character BuildingAbstract
Learning mechanism based on character building is structured in inter-effecting three phases of learning; planning, engagement and evaluation. Lesson plan based on character development comprised of various aspects related with the educational system elected by particular school or madrasah. Therefore, Lesson plan based on character building is employed in all school subjects. There is an interconnection among the school subjects in passing down the values that brings of character education perpetually. It shall not be halted by employment at specific classes. As necessary, school or madrasah may develop the values of character building as pasrt of formal curriculum
Downloads
References
Depdiknas. Permendiknas No. 22 Tahun 2006. Jakarta: Depdiknas, 2006.
Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang UPTD Balai Pelatihan Guru. Modul Peningkatan Mutu Tenaga Kependidikan. Jombang: Diknas Jatim, t.t.
Dirjen PMPTK Depdiknas. Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas, 2008.
Fadjar, Malik. Holistika Pemikiran Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2005.
Gordon H. Bower dan Ernest R. Hilgard. Theories of Learning. New Jersey: Prentice Hall Inc, 1998. 4th Edition.
Kemdiknas. Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kemdiknas, 2010.
Thonthowi, Ahmad. Psikologi Pendidikan. Bandung: Angkasa, t.t.
Udin, Syaifudin. Perencanaan Pendidikan; Suatu Pendekatan Komprehensif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2007.
William Berkson dan John Wettersten. Psikologi Belajar dan Filsafat Ilmu Karl Popper. terj. Ali Noer Zaman. Yogyakarta: Qalam, 2003.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Pemberitahuan Hak Cipta
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Tafaqquh: Jurnal penelitian dan kajian Keislaman yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada CONTACT.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Tafaqquh: Jurnal penelitian dan kajian Keislaman bersifat akademik. Tafaqquh: Jurnal penelitian dan kajian Keislaman tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.