Surah Luqman Ayat 13-19 Sebagai Landasan Pedagogis Untuk Pendidikan Akhlak dalam Pendekatan Pembelajaran Agama Islam

Authors

  • Fahrul Gunadi Institut Agama Islam Al Qur’an Al Ittifaqiiah (IAIQI) Indralaya
  • Dwi Noviani Institut Agama Islam Al Qur’an Al Ittifaqiiah (IAIQI) Indralaya
  • Rio Arjaya Institut Agama Islam Al Qur’an Al Ittifaqiiah (IAIQI) Indralaya

DOI:

https://doi.org/10.52431/tafaqquh.v13i1.3649

Keywords:

Pendidikan Akhlak, Surah Luqman, Pembelajaran Agama Islam, Karakter, Tafsir

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Surah Luqman ayat 13-19 sebagai landasan pendidikan akhlak dalam pendekatan pembelajaran agama Islam. Surah Luqman memberikan pedoman moral yang meliputi tauhid, menghormati orang tua, kesabaran, rendah hati, serta pentingnya hubungan sosial yang baik, yang dapat diterapkan dalam pendidikan Islam. Melalui metode kualitatif dengan analisis tafsir dan studi literatur, penelitian ini mengkaji relevansi ajaran akhlak dalam ayat tersebut untuk pembentukan karakter siswa dalam konteks pendidikan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan akhlak yang berbasis pada Surah Luqman dapat menjadi solusi dalam menghadapi tantangan pendidikan karakter di era modern. Disarankan agar nilai-nilai akhlak dalam Surah Luqman diintegrasikan lebih dalam dalam kurikulum pendidikan Islam dengan pendekatan yang kreatif dan relevan dengan perkembangan zaman.

Kata Kunci: Pendidikan Akhlak, Surah Luqman, Pembelajaran Agama Islam, Karakter, Tafsir.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul rahman. “Pendidikan Akhlak Dalam Islam.” Pendidikan Agama Islam, 2022, 105.

Abubakar, ahmad. Educationl Philoshopy of Islam: Islamic Pedagogy for the Century. Jakarta: Rajawali Press, 2023.

Al-Azami, M. Tafsir Al-Qur’an al-Karim: Tafsir Tematik. Jakarta: Al- Maktabah, 2016.

Al-Khalil, Nabil. Integrating Islamic: Values in Modern Education. Riyadh: King Saud University press, 2022.

Al-Mansoori. The Role of Ethics in Islamic Education: Reflections on the Qur’an. Cairo: Dar Al-Fikr, 2021.

Al-Saadi, Abdul-Rahman. Tafsir As-Saadi: The Concise Exegesis of the Qur’an. Riyadh: Dar Al-Salam, 2023.

Ayoob Muhammad. Islamic Education: An Overview. New York: Oxford Univesity, 2022.

Azzam. D. “Metode Pendidikan Akhlak Dalam Islam.” Pendidikan Islam, 2022, 78–80.

Az-Zuhaili. Fiqh Islam Dan Pendidikan Akhlak. Yogyakarta: Lembaga Pustaka Islam, 2021.

Fadilah. I. “Pengaruh Pendidikan Akhlak Dalam Lingkungan Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Siswa.” Pendidikan Islam, 2023, 99–115.

Fathoni, Ahmad. Pedagodi Islam Dan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana, 2023.

Gunadi, F. Pendekatan Pendidikan Akhlak Dalam Islam: Perspektip Al-Qur’an Dan Hadist. Jakarta: Lembaga Penerbitan Islam, 2023.

Hamza Zain. Islamic Values and the Future of Education. Cairo: Al-Hidayah, 2021.

Hasan. M. “Prinsi-Prinsip Pendidikan Akhlak Dalam Al-Qur’an: Implikasi Untuk Pendidikan Moral Di Sekolah.” Pendidikan Dan Perubahan Sosial, 2022, 130–45.

Jalal. M. “Pendidikan Akhlak Di Msyarakat: Sinergi Sekolah Dan Keluarga Dalam Membangun Karakter Anak.” Masyarakat Da Pendidikan, 2023, 75–89.

Kamali Mohammad Hashim. Principle of Islamic Jurisprudence. Cambridge: Islamic Texts Society, 2021.

Mu’awiyah Ibrahim. Islamic Ethics and Character Building in the Educationl System. London: T&T, 2021.

Muhtadi, Ahmad. Pendidikan Akhlak Dalam Islam: Konsep Dan Aplikasinya Dalam Pendidikan Modern. Jakarta: Pustaka Al-Huda, 2020.

Muttaqi. H. “Pendidikan Sosial Dalam Islam: Menumbuhkan Rasa Empati Kepekaan Sosial.” Pendidikan Islam Dan Sosial, 2023, 97–112.

Nahar, A. “Pendidikan Akhlak Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Sekolah Islam.” Pendidikan Dan Pebelajaran, 2022, 181.

Majid, Nurcholish Pendidikan Islam: Yogyakarta: LKiS, 2018.

Omer, Muhamed. The Role of Akhlaq in Islamic: Edication. london: Routledge, 2022.

Qutb, Sayyid. Fi Zilal Al-Qur’an Tafsiran Sosial Dan Moral Dalam Islam. Cairo: Dar al- Shuruq, 2021.

Risvi, Syed Zain. Modern Islamic Eduction: Values, Practies, and Prospects. London: Routledge, 2021.

Saced, Abdullah. Islamic Thought: An Introduction. Abingdon: Routledge, 2019.

Sadiq Ismail. Islamic Iducation in the Modern World: Challenges and Opportunities. London: Palgrave Mamillan, 2022.

Shihab, M. Qurais Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan Dan Keserasian Al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati, 2015.

Subti, R. “Pendidikan Karakter Dalam Islam: Aplikasi Surah Lukman Dalam Sekolah.” Pendidikan Karakter, 2023, 142–57.

Suryadi, Ahmad. Pendidikan Akhlak Dalam Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2022.

Suyadi, Ahmad. Pendidikan dan Prakteknya Akhlak Dalam Islam: Perspektip Qur’ani Da. Jakarta : Kalam Mulia, 2022.

Syamsuddin, R. “Pendidikan Akhlak Dalam Perspektip Al-Qur’an.” Pendidikan Islam, 2023, 211.

Yunus, Amin. Moral Education in the Qur’an: A Study on Islamic Pedagogy. Jakarta: Al- Ilmiah, 2023.

Yusef, Hamid. Moral Edication In Islam: A Philosophical Prespective. Kuala Lumpur: IslamicBook Trust, 2021.

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

Gunadi, F., Noviani, D., & Arjaya, R. (2025). Surah Luqman Ayat 13-19 Sebagai Landasan Pedagogis Untuk Pendidikan Akhlak dalam Pendekatan Pembelajaran Agama Islam. Tafáqquh: Jurnal Penelitian Dan Kajian Keislaman, 13(1), 28–50. https://doi.org/10.52431/tafaqquh.v13i1.3649

Issue

Section

Article