Pemikiran Harun Nasution dan Relevansinya dengan Dunia Pendidikan Islam Kontemporer
DOI:
https://doi.org/10.52431/tafaqquh.v13i1.3733Keywords:
Harun Nasution, Islamic Education, Rational Religious Approach, Integration of Knowledge, Contemporary IssuesAbstract
This article critically analyzes Harun Nasution's thought and its relevance to contemporary Islamic education. Using a systematic literature review (SLR) approach, this study examines the contribution of Harun Nasution’s rational-religious concept, particularly in responding to the challenges of globalization, social change, and technological advancement in the modern era. The findings reveal that Harun Nasution emphasizes the integration of reason and revelation, the opening of ijtihad, and character strengthening as the foundation for Islamic educational reform. His educational model calls not only for eliminating the dichotomy between religious and general sciences, but also for fostering a dialogical, adaptive, and socially relevant learning system. Nevertheless, the implementation of these ideas still faces obstacles such as cultural resistance and limited understanding among educational practitioners. Overall, this article affirms that Harun Nasution's thought remains highly relevant and makes a significant contribution to the development of a progressive, integrative, and globally competitive Islamic education in the age of disruption.
Downloads
References
Awaliah, Fuji, dan Maragustam Siregar. “Risalah : Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Pemikiran Harun Nasution ( Religius-Rasional ) Tentang Pendidikan Islam” 9, no. 4 (2023): 1487–95.
Dinata, Syaiful. “Pemikiran Harun Nasution (Religius-Rasional) Tentang Pendidikan Islam.” An-Nida’ 45, no. 2 (2021): 144–56.
Dongoran, Rosita, dan Maragustam Siregar. “PEMIKIRAN HARUN NASUTION (RELIGIUS-RASIONAL) TENTANG PENDIDIKAN ISLAM DAN RELEVANSINYA DENGAN DUNIA PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER.” Shaf: Jurnal Sejarah, Pemikiran dan Tasawuf 2, no. 2 (2025): 82–91.
Era, Persaingan Global, Ahmad Syarif, dan Muhammad Nashiruddin. “PENDIDIKAN ISLAM KEKINIAN SEBAGAI UPAYA MENGHADAPI” 8, no. 1 (2025): 27–38. https://doi.org/10.47732/adb.v8i1.688.
Harun, Nasution. “Islam Rasional: Gagasan dan Pemikiran.” Bandung: Penerbit Mizan, 1995.
Harun Nasution. “Pembaharuan dalam Isalm Sejarah Pemikiran dan Gerakan.,” 1975, 175.
Islam, Universitas, Negeri Sunan, dan Kalijaga Yogyakarta. “Pendidikan Islam Ideal Menurut Harun Nasution,” 2022. https://doi.org/10.30868/ei.v11i03.4178.
Ma’rifatunnisa’, Wahidah, Muhammad Ilham Rusydi, dan Mohamad Salik. “PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM HARUN NASUTION DAN RELEVANSINYA DENGAN KONSEP PENDIDIKAN ISLAM ERA SOCIETY 5.0.” Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam 8, no. 1 (2022): 18. https://doi.org/10.31332/zjpi.v8i1.3487.
Nasution, Harun. Islam ditinjau dari berbagai aspeknya. Penerbit Universitas Indonesia, 1985.
Nasution, Harun, dan Nurcholish Madjid. “TOFEDU : The Future of Education Journal The Concept of Islamic Education Reform in Indonesia : Perspectives of” 3, no. 5 (2024): 1422–31.
Ngalimun, Ngalimun, dan Yusup Rohmadi. “HARUN NASUTION: SEBUAH PEMIKIRAN PENDIDIKAN DAN RELEVANSINYA DENGAN DUNIA PENDIDIKAN KONTEMPORER.” Jurnal Terapung : Ilmu - Ilmu Sosial 3, no. 2 (2021): 55. https://doi.org/10.31602/jt.v3i2.6016.
Tamam, Ahmad Chafidut. “KONTRUKSI KURIKULUM ISLAM DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM.” Tafáqquh: Jurnal Penelitian Dan Kajian Keislaman 10, no. 1 (2022): 1–16. https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201.
Usmani, Turki. “PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM Muhammad Husnol Hidayat Pendahuluan Sejarah peradaban Islam dapat dibagi ke dalam tiga periode besar , karena disintegrasi bertambah meningkat , disamping umat Islam yang terjadi antara ulama Sunni dan ulama Syi ‟ ah . mulai ban,” n.d.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Rasyid Ridho, Maragustam Siregar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pemberitahuan Hak Cipta
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Tafaqquh: Jurnal penelitian dan kajian Keislaman yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada CONTACT.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Tafaqquh: Jurnal penelitian dan kajian Keislaman bersifat akademik. Tafaqquh: Jurnal penelitian dan kajian Keislaman tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.