Pemikiran Fazlur Rahman (Pragmatis-Instrumental) Tentang Pendidikan Dan Relevansinya Dengan Dunia Pendidikan Islam Kontemporer

Authors

  • Muhamad Hadli Alfurqon Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
  • Maragustam Siregar Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.52431/tafaqquh.v13i2.3787

Keywords:

Fazlur Rahman, pendidikan Islam, pragmatis-instrumental, reformasi pendidikan, integrasi ilmu

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengkaji secara kritis pemikiran Fazlur Rahman mengenai pendidikan Islam, khususnya dalam pendekatan pragmatis-instrumental, serta menganalisis relevansinya terhadap sistem pendidikan Islam kontemporer. Permasalahan yang diangkat dalam tulisan ini adalah stagnasi dalam sistem pendidikan Islam tradisional yang ditandai dengan dikotomi antara ilmu agama dan ilmu dunia, pendekatan literalistik, serta minimnya pengembangan nalar kritis dalam proses belajar-mengajar. Artikel ini disusun menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka (library research). Data dikumpulkan melalui telaah terhadap karya-karya utama Fazlur Rahman seperti Islam and Modernity, Major Themes of the Qur’an, serta berbagai artikel akademik dan kajian sekunder yang relevan. Analisis dilakukan dengan metode analisis isi (content analysis) terhadap teks dan pemikiran Rahman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Fazlur Rahman menawarkan paradigma pendidikan Islam yang integratif, dinamis, dan kontekstual. Ia menolak pemisahan antara ilmu agama dan ilmu dunia, serta mengusulkan pendekatan hermeneutik historis melalui metode “double movement” untuk menafsirkan ajaran Islam secara relevan dengan tantangan zaman. Pendidikan, menurut Rahman, harus menjadi alat transformasi sosial yang membentuk intelektualisme Islam yang kritis dan etis, bukan sekadar pewarisan teks klasik. Temuan ini menunjukkan bahwa pemikiran Fazlur Rahman dapat dijadikan dasar konseptual dan praktis untuk merancang sistem pendidikan Islam yang lebih adaptif dan transformatif di era modern.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, Ahmad, and Bagus Cahyadi. “Pemikiran Fazlur Rahman Terhadap Pendidikan Islam: Pendekatan Double Movement Dalam Konteks Kontemporer.” Tasqif: Journal of Islamic Pedagogy 2, no. 1 (2025): 58–64.

Iqbal, Muchammad. “Konsep Neomodernisme Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Islam: Studi Paradigmatik Pemikiran Fazlur Rahman.” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2014.

Ma’sum, Muhammad Asrori. “Desain Perencanaan Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter; Telaah Atas Dekreditasi Moral Peserta Didik.” Tafáqquh: Jurnal Penelitian Dan Kajian Keislaman 4, no. 2 (2016): 15–31.

Munfarida, Elya. “Metodologi Penafsiran Al-Qurâ€TM an Menurut Fazlur Rahman.” Komunika: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi 9, no. 2 (2015): 243–57.

Rahman, F. Islam and Modernity: Transformation of an Intellectual Tradition. Center for Middle Eastern Studies Chicago, Ill.: Publications of the Center for Middle Eastern Studies. University of Chicago Press, 1982. https://books.google.co.id/books?id=FJcyIeHeeZwC.

Rohman, Anas. “Pemikiran Fazlur Rahman Dalam Kajian Qur’an-Hadis (Telaah Kritis).” Jurnal Progress 8, no. 1 (2020): 122–45.

Sanaky, Hujair A H. “Pemikiran Fazlur Rahman Tentang Metodologi Sunnah Dan Hadis [Kajian Buku Islamic Methodology in History].” Al-Mawarid: Jurnal Hukum Islam 16 (2006).

Saputra, Yudha Maulidandi, Ahmad Raihan Wildan, and Rizki Amrillah. “Integrasi Ilmu-Ilmu Keislaman Dalam Perspektif M. Amin Abdullah.” An Najah (Jurnal Pendidikan Islam Dan Sosial Keagamaan) 3, no. 4 (2024): 244–50.

Zaprulkhan, Z. “Filsafat Pendidikan Islam Studi Pemikiran Pendidikan Islam Fazlur Rahman.” IAIN Tulungagung Research Collections 9, no. 2 (2014): 317–46.

Downloads

Published

2025-12-02

How to Cite

Alfurqon, M. H., & Siregar, M. (2025). Pemikiran Fazlur Rahman (Pragmatis-Instrumental) Tentang Pendidikan Dan Relevansinya Dengan Dunia Pendidikan Islam Kontemporer. Tafáqquh: Jurnal Penelitian Dan Kajian Keislaman, 13(2), 191–203. https://doi.org/10.52431/tafaqquh.v13i2.3787

Issue

Section

Article