Pemikiran Fazlur Rahman (Pragmatis-Instrumental) Tentang Pendidikan Dan Relevansinya Dengan Dunia Pendidikan Islam Kontemporer
DOI:
https://doi.org/10.52431/tafaqquh.v13i2.3787Keywords:
Fazlur Rahman, pendidikan Islam, pragmatis-instrumental, reformasi pendidikan, integrasi ilmuAbstract
Artikel ini bertujuan untuk mengkaji secara kritis pemikiran Fazlur Rahman mengenai pendidikan Islam, khususnya dalam pendekatan pragmatis-instrumental, serta menganalisis relevansinya terhadap sistem pendidikan Islam kontemporer. Permasalahan yang diangkat dalam tulisan ini adalah stagnasi dalam sistem pendidikan Islam tradisional yang ditandai dengan dikotomi antara ilmu agama dan ilmu dunia, pendekatan literalistik, serta minimnya pengembangan nalar kritis dalam proses belajar-mengajar. Artikel ini disusun menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka (library research). Data dikumpulkan melalui telaah terhadap karya-karya utama Fazlur Rahman seperti Islam and Modernity, Major Themes of the Qur’an, serta berbagai artikel akademik dan kajian sekunder yang relevan. Analisis dilakukan dengan metode analisis isi (content analysis) terhadap teks dan pemikiran Rahman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Fazlur Rahman menawarkan paradigma pendidikan Islam yang integratif, dinamis, dan kontekstual. Ia menolak pemisahan antara ilmu agama dan ilmu dunia, serta mengusulkan pendekatan hermeneutik historis melalui metode “double movement” untuk menafsirkan ajaran Islam secara relevan dengan tantangan zaman. Pendidikan, menurut Rahman, harus menjadi alat transformasi sosial yang membentuk intelektualisme Islam yang kritis dan etis, bukan sekadar pewarisan teks klasik. Temuan ini menunjukkan bahwa pemikiran Fazlur Rahman dapat dijadikan dasar konseptual dan praktis untuk merancang sistem pendidikan Islam yang lebih adaptif dan transformatif di era modern.
Downloads
References
Afandi, Ahmad, and Bagus Cahyadi. “Pemikiran Fazlur Rahman Terhadap Pendidikan Islam: Pendekatan Double Movement Dalam Konteks Kontemporer.” Tasqif: Journal of Islamic Pedagogy 2, no. 1 (2025): 58–64.
Iqbal, Muchammad. “Konsep Neomodernisme Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Islam: Studi Paradigmatik Pemikiran Fazlur Rahman.” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2014.
Ma’sum, Muhammad Asrori. “Desain Perencanaan Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter; Telaah Atas Dekreditasi Moral Peserta Didik.” Tafáqquh: Jurnal Penelitian Dan Kajian Keislaman 4, no. 2 (2016): 15–31.
Munfarida, Elya. “Metodologi Penafsiran Al-Qurâ€TM an Menurut Fazlur Rahman.” Komunika: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi 9, no. 2 (2015): 243–57.
Rahman, F. Islam and Modernity: Transformation of an Intellectual Tradition. Center for Middle Eastern Studies Chicago, Ill.: Publications of the Center for Middle Eastern Studies. University of Chicago Press, 1982. https://books.google.co.id/books?id=FJcyIeHeeZwC.
Rohman, Anas. “Pemikiran Fazlur Rahman Dalam Kajian Qur’an-Hadis (Telaah Kritis).” Jurnal Progress 8, no. 1 (2020): 122–45.
Sanaky, Hujair A H. “Pemikiran Fazlur Rahman Tentang Metodologi Sunnah Dan Hadis [Kajian Buku Islamic Methodology in History].” Al-Mawarid: Jurnal Hukum Islam 16 (2006).
Saputra, Yudha Maulidandi, Ahmad Raihan Wildan, and Rizki Amrillah. “Integrasi Ilmu-Ilmu Keislaman Dalam Perspektif M. Amin Abdullah.” An Najah (Jurnal Pendidikan Islam Dan Sosial Keagamaan) 3, no. 4 (2024): 244–50.
Zaprulkhan, Z. “Filsafat Pendidikan Islam Studi Pemikiran Pendidikan Islam Fazlur Rahman.” IAIN Tulungagung Research Collections 9, no. 2 (2014): 317–46.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhamad Hadli Alfurqon, Maragustam Siregar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pemberitahuan Hak Cipta
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Tafaqquh: Jurnal penelitian dan kajian Keislaman yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada CONTACT.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Tafaqquh: Jurnal penelitian dan kajian Keislaman bersifat akademik. Tafaqquh: Jurnal penelitian dan kajian Keislaman tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.


