Proses Pembinaan Akhlak Di Sekolah Sebagai Implementasi Manajemen Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.52431/tafaqquh.v9i2.859Keywords:
Moral Development, Implementation, Islamic Education ManagementAbstract
A good educator is one who is not only concerned with fulfilling obligations to the institution but more importantly paying attention to and fostering the morals of his students. The highest dedication of an educator is not only seeing the success and high knowledge of his students but more than that, educators are considered perfect success if their students have good character and morals in the midst of society. This is one thing that cannot be denied, which is often overlooked and even forgotten by educators today, that a student is not only thirsty for IQ (Intelligence Quotients), but also needs guidance and assistance in managing EQ (Emotional Quotients) and SQ (Spirirtual Quotients). . This is where the author is interested in bringing up the process of character education in schools carried out by SMP Negeri 1 Mojoagung Jombang.
Downloads
References
Azizy, Qodri. Membangun Integritas Bangsa, (Jakarta: Renaisan, 2004)
Ashraf, Ali. Horison Baru Pendidikan Islam, (Jakarta: Pustaka Firdaus, 1993)
Hidayah, B. . (2021). Optimalisasi Pendidikan Karakter Sebagai Sarana Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 157–174. https://doi.org/10.52431/murobbi.v5i1.441
Fadjar, Malik. Holistik Pemikiran Pendidikan, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2005)
https://kbbi.web.id/karakter diakses tanggal 01 Januari 2022
Kementerian Agama RI, Al-Qur’an Tajwid dan Terjemahnya (Bandung: PT Syaamil Cipta Media,2011)
Komunitas, Tawuran Pelajar: Solidarity in the Student Group and its Influence on Brawl Behaviour, Malihah, E., Maftuh, M., Amalia, R. (2014)
Maulanah, Ahmad. dkk, Kamus Ilmiah Populer, (Cet. II.Yogyakarta: Absolut, 2004)
Ma’sum, M. A. (2015). Pendidikan Luar Sekolah; Kajian Optimalisasi Fungsi Keluarga sebagai Bagian Institusi Pendidikan. Tafáqquh: Jurnal Penelitian Dan Kajian Keislaman, 3(2), 23–36. https://doi.org/10.52431/tafaqquh.v3i2.45
New York: Bantam Books Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility, Lickona, T. (1991).
Nirwanti, Sri. Pendidikan Karakter Pengintergrasian 18 Nilai Pembentuk Karakter dalam Mata Pelajaran, (Yogyakarta: Familia, 2011)
Republik Indonesia, Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, (Cet. III; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006)
Soprayogo, Imam. Metodologi Penelitian Sosial-Agama (Cet. II; Bandung: Remaja Roda Karya,2003)
Sugyiono, Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualiatatif, dan R&D (Cet. XI; Bandung: Alfabeta, 2011)
Sulistyorini, Manajemen Pendidikan Islam,(Surabaya: elKAF, 2006)
Spradley, James P. Participation Observation (New York: Hort, Rinchard and Winston, 1990)
UU Sisdiknas No. 20 tahun 2003
Qomar, Mujamil. Manajemen Pendidikan Islam, (Jakarta: Erlangga, 2008)
Qomar, Mujamil. Kesadaran Pendidikan; Sebagai Penentu Keberhasilan Pendidikan, (Cet. 1. Jogjakarta:Ar-Ruzz Media, 2012)
Zubaedi, Pendidikan Berbasis Masyarakat (Upaya Menawarkan Solusi Terhadap Problem Sosial), (Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2004)
Zubaedi, Desain Pendidikan Karakter. Konsepsi dan Aplikakasinya Dalam Lembaga Pendidikan, (Jakarta: Kharisma Putera Utama, 2011)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Bashirotul Hidayah, Muhammad Asrori Ma’sum, Ninik Nikmatul Fikriyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pemberitahuan Hak Cipta
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Tafaqquh: Jurnal penelitian dan kajian Keislaman yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada CONTACT.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Tafaqquh: Jurnal penelitian dan kajian Keislaman bersifat akademik. Tafaqquh: Jurnal penelitian dan kajian Keislaman tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.