Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Daya Saing Sekolah (Studi Kasus Di Ma Al-Fauzaniyyah Sukaresmi Garut)
Keywords:
startegi kepala sekolah, daya saing sekolahAbstract
ABSTRAK
Peneliti ini bertujuan mendapatkan gambaran mendalam tentang tata cara kepala sekolah dalam memperluas keseriusan madrasah khususnya strategi kepala sekolah dalam meningkatkan daya saing sekolah di MA AL Fauzaniyyah Sukaresmi Garut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode penelitian kualitatif merupakan metode penelitian yang berlandaskan pada filosofi postpositivisme yang digunakan untuk mempelajari kondisi objek yang alamiah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan triangulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitian lebih menekankan pada makna daripada generalisasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan wawancara kepada kepala sekolah, waka kesiswaan, waka kurikulum, humas, dan wali murid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi kepala sekolah adalah kunci untuk memastikan bahwa lembaga pendidikan dapat memberikan pendidikan yang berkualitas dan relevan. Kepala sekolah MA Fauzaniyyah sangat efektif dalam mengembangkan visi dan misi sekolah, serta selalu merencanakan strategi yang berkelanjutan. Dengan tujuan untuk identifikasi kebutuhan siswa, guru, dan staf sekolah, serta mengalokasikan sumber daya dengan bijak untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Selain itu, kepala sekolah juga selalu aktif berkolaborasi dengan pemangku kepentingan, seperti orang tua, komunitas lokal, dan pihak terkait lainnya, untuk memastikan dukungan dan partisipasi yang kuat dalam mengimplementasikan strategi-strategi pendidikan yang efektif.
Kata kunci: Strategi Kepala Sekolah, Daya Saing
ABSTRACT
This researcher aims to get an in-depth picture of the principal's procedures for expanding the seriousness of madrasas, especially the principal's strategy for increasing school competitiveness at MA AL Fauzaniyyah Sukaresmi Garut. This study used qualitative research methods. The qualitative research method is a research method based on the philosophy of postpositivism which is used to study the condition of natural objects. The data collection technique was carried out using triangulation (combination), data analysis was inductive/qualitative, and research results emphasized meaning rather than generalization. Data collection techniques used observation, interview and documentation techniques, with interviews with the school principal, head of student affairs, head of curriculum, public relations and student parents. The research results below show that the principal's strategy is the key to ensuring that educational institutions can provide quality and relevant education. The MA Fauzaniyyah principal is very effective in developing the school's vision and mission, and always plans sustainable strategies. With the aim of identifying the needs of students, teachers and school staff, and allocating resources wisely to meet these needs. Apart from that, school principals also always actively collaborate with stakeholders, such as parents, local communities and other related parties, to ensure strong support and participation in implementing effective educational strategies.
Keywords: School Principal Strategy, Competitiveness
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Bashirotul Hidayah, Iib Abdul Mujib
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Manajeria have CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.