APPSO APLIKASI DALAM MENEJEMEN PEMBIAYAAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH UNGGULAN AN NUR PETERONGAN JOMBANG

Authors

  • fadhilah iaibafa
  • Fathoni Zain IAIBAFA

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keingintahuan peneliti terhadap madrasah dalam mengelolah dana pendidikan. Hal ini dikarenakan madrasah ini mampu menyelenggarakan pendidikan bermutu dengan biaya yang terjangkau. Studi ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi manajemen pembiayaan pendidikan dalam meningkatkan akuntabilitas keuangan di MI Unggulan Annur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya tahapan manajemen pembiayaan di MI Unggulan Annur ada empat tahap yang dimulai dari Penyusunan anggaran dilakukan pada satu tahun sebelum ajaran dimulai. Pelaksanaan pembiayaan pendidikan MI Unggulan Annur mempunyai dua jenis kegiatan yaitu penerimaan dan pengeluaran, kegiatan tersebut dalam pengelolaannya dibedakan. Pembukuan MI Unggulan Annur sekarang sudah canggih untuk melihat bukti, tagihan pembayaran dan pemasukan serta pengeluaran bisa dilihat melalui aplikasi APPSO dan untuk segala jenis transaksi di catat dalam bentuk excel. Pengawasan dilakukan oleh pihak internal dan eksternal yaitu kepala madrasah dan dinas. MI Unggulan Annur dalam meningkatan akuntabilitas publik pun dilakukan dengan baik dan terbuka sehingga dapat diketahui dengan jelas oleh seluruh warga sekolah baik guru, wali murid dan pemerintah, karena cara yang digunakan dalam meningkatkan akuntabilitas publik dengan menerapkan prinsip transparasi dalam hal laporan keuangan sekolah.

Kata Kunci : Manajemen, Keuangan, Akuntabilitas

 

ABSTRACT

This research was motivated by the researcher's curiosity about madrasas in managing education funds. This is because this madrasah is able to provide quality education at affordable costs. This study uses a qualitative descriptive analysis method which aims to find out how education financing management is implemented in increasing financial accountability at MI Unggulan Annur. The results of this research show that there are four stages of financing management at MI Unggulan Annur, starting with budget preparation which is carried out one year before school starts. The implementation of educational financing for MI Unggulan Annur has two types of activities, namely revenue and expenditure, these activities are differentiated in their management. MI Unggulan Annur's bookkeeping is now sophisticated to see evidence, payment bills and income and expenses can be seen via the APPSO application and all types of transactions are recorded in excel form. Supervision is carried out by internal and external parties, namely the head of the madrasah and the department. Annur's superior MI in increasing public accountability is carried out well and openly so that it can be clearly known by all school members, including teachers, student guardians and the government, because the method used to increase public accountability is by applying the principle of transparency in terms of school financial reports.

Keywords: Management, financing, accountability.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-04-01

How to Cite

fadhilah, & Zain, F. (2024). APPSO APLIKASI DALAM MENEJEMEN PEMBIAYAAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH UNGGULAN AN NUR PETERONGAN JOMBANG. Manajeria: Jurnal Ilmu Manajemen Pendidikan, 2(1), 33–42. Retrieved from https://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/Manajeria/article/view/1303

Issue

Section

Articles