Telaah Literatur Mengenai Peran Media Digital Dalam Pembelajaran Bahasa Arab: Konsep Dan Implementasi
Keywords:
Media digital, pembelajaran bahasa Arab, kajian literatur, implementasi teknologi pendidikan, peran media digitalAbstract
ABSTRAK
Perkembangan teknologi digital telah menghadirkan peluang signifikan dalam transformasi metode pembelajaran bahasa Arab, terutama dalam meningkatkan efektivitas, interaktivitas, dan keterlibatan peserta didik. Meskipun implementasi media digital telah banyak dikaji, masih terdapat kesenjangan dalam sintesis teoritis dan konseptual mengenai peran media digital dalam konteks pendidikan bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah dan mensintesiskan literatur ilmiah terkait konsep, implementasi, tantangan, dan solusi penggunaan media digital dalam pembelajaran bahasa Arab. Dengan menggunakan pendekatan systematic literature review, data dikumpulkan dari berbagai sumber akademik terpercaya dan dianalisis secara deskriptif-kritis melalui teknik content analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media digital berperan penting dalam memperkuat penguasaan kosa kata, meningkatkan motivasi belajar, dan mendukung pembelajaran mandiri. Aplikasi seperti media sosial, platform interaktif, dan konten audiovisual menjadi alat pedagogis yang efektif, meskipun masih dihadapkan pada tantangan seperti keterbatasan infrastruktur, rendahnya literasi digital pendidik, dan kurangnya integrasi kurikulum berbasis teknologi. Artikel ini memberikan kontribusi teoritis melalui sintesis pendekatan pembelajaran digital dan kerangka TPACK dalam konteks pendidikan bahasa Arab, serta menyarankan penguatan kebijakan dan pelatihan pendidik dalam pemanfaatan media digital secara strategis dan berkelanjutan. Temuan ini diharapkan dapat menjadi rujukan ilmiah bagi akademisi, praktisi, dan pembuat kebijakan dalam merancang pembelajaran bahasa Arab yang adaptif terhadap dinamika teknologi pendidikan di era digital.
Kata Kunci: Media digital, pembelajaran bahasa Arab, kajian literatur, implementasi teknologi pendidikan, peran media digital
ABSTRACT
The advancement of digital technology has brought significant opportunities for transforming Arabic language learning methods, particularly in enhancing effectiveness, interactivity, and learner engagement. While the implementation of digital media has been extensively studied, there remains a gap in theoretical and conceptual synthesis concerning its role within the context of Arabic language education. This study aims to examine and synthesize scholarly literature related to the concepts, implementation, challenges, and solutions regarding the use of digital media in Arabic language instruction. Employing a systematic literature review approach, data were collected from various reputable academic sources and analyzed descriptively and critically using content analysis techniques. The findings indicate that digital media plays a vital role in reinforcing vocabulary acquisition, boosting learning motivation, and supporting autonomous learning. Applications such as social media, interactive platforms, and audiovisual content serve as effective pedagogical tools, although they still face challenges such as infrastructural limitations, low levels of digital literacy among educators, and insufficient integration of technology-based curricula. This article offers a theoretical contribution by synthesizing digital learning approaches and the TPACK framework within the context of Arabic language education. It also recommends strengthening policies and educator training for the strategic and sustainable use of digital media. These findings are expected to serve as a scholarly reference for academics, practitioners, and policymakers in designing Arabic language learning strategies that are adaptive to the evolving landscape of educational technology in the digital age.
Keywords: Digital media, Arabic language learning, literature review, educational technology implementation, role of digital medi