Peningkatan Maharah Qira’ah Kitab Kuning Pembelajaran Shorof Atas Dasar Prestasi Peserta Didik Di Madrasah Diniyah Pesantren Al-Mardliyah
Keywords:
Kata Kunci: Pembelajaran Shorof, Maharah Qira’ah, dan Kitab Kuning.Abstract
ABSTRAK
Shorof merupakan salah satu cabang keilmuan alat atau ilmu yang memiliki peran untuk kata dasar dalam bahasa Arab serta mengenal cara perubahannya sesuai makna yang ingin dibuat dengan cara mentashrifnya. Namun pembelajaran ilmu shorof peserta didik seringkali mengalami kendala dalam hal memahami pelajaran yang diajarkan, salah satunya oleh guru di Madrasah Diniyah Pesantren Al-Mardliyah. Ada beberapa kesulitan atau kendala peserta didik dalam mempelajari dan memahaminya. Untuk itu, tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui proses pembelajaran shorof dengan menggunakan beberapa pendekatan atau metode yang menyenangkan. 2) Mengetahui peningkatan maharah qira’ah pada kitab kuning di Pondok Pesantren Al-Mardliyah. 3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari pembelajaran shorof untuk meningkatkan maharah qira’ah kitab kuning di Pondok Pesantren Al-Mardliyah. Penelitian ini menggunakan teknik kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran shorof di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al-Mardliyah meliputi tiga tahap utama, yaitu persiapan guru (penyusunan perangkat dan penguasaan materi), pelaksanaan pembelajaran (meliputi kegiatan pembuka, inti seperti pengenalan materi dan setoran hafalan, serta penutup), dan evaluasi (melalui setoran hafalan, ulangan harian, pencarian contoh di kitab kuning, serta ujian akhir semester). Pembelajaran ini berkontribusi dalam peningkatan kemampuan membaca kitab kuning, ditandai dengan kemampuan siswa menghafal dan menyetorkan nadhom tashrifan serta identifikasi aspek nahwu, shorof, dan terjemahan. Faktor pendukungnya meliputi metode yang menyenangkan, motivasi siswa, dan dukungan guru berpengalaman, sedangkan hambatannya meliputi kesulitan materi, rendahnya motivasi dan kemampuan dasar siswa.
Kata Kunci: Pembelajaran Shorof, Maharah Qira’ah, dan Kitab Kuning.
ABSTRACT
Shorof is a branch of knowledge or science that plays a role in basic words in Arabic and understands how to change them according to the intended meaning by means of mentashrif. However, students in learning the science of shorof often experience obstacles in understanding the lessons taught, one of which is by teachers at the Madrasah Diniyah Pesantren Al-Mardliyah. There are several difficulties or obstacles for students in learning and understanding it. Therefore, the objectives of this study are 1) To determine the process of learning shorof using several fun approaches or methods. 2) To determine the increase in the maharah qira'ah of the yellow book at the Al-Mardliyah Islamic Boarding School. 3) To determine the supporting and inhibiting factors of shorof learning to increase the maharah qira'ah of the yellow book at the Al-Mardliyah Islamic Boarding School. This study uses qualitative techniques. Data collection used is interviews, observation and documentation. The results of the study indicate that the shorof learning process at the Al-Mardliyah Islamic Boarding School (Madrasah Diniyah) encompasses three main stages: teacher preparation (devising tools and mastering the material), learning implementation (including opening and core activities such as material introduction and memorization, and closing), and evaluation (through memorization, daily tests, searching for examples in the yellow book, and final semester exams). This learning contributes to improving the ability to read the yellow book, as indicated by students' ability to memorize and transcribe the nadhom tashrifan (pronouns), as well as identifying aspects of nahwu, shorof, and translation. Supporting factors include enjoyable methods, student motivation, and the support of experienced teachers, while barriers include material difficulty, low motivation, and students' basic abilities.
Keywords: Shorof Learning, Maharah Qira'ah, and Yellow Book.