Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Evaluasi di Semester IV A Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Mataram

Authors

  • Leny Cahyani Universitas Islam Negeri Mataram
  • Suparmanto Universitas Islam Negeri Mataram https://orcid.org/0000-0002-1719-0766
  • Muhammad Firdaus Syahputra Universitas Islam Negeri Mataram
  • Naila Afriani Universitas Islam Negeri Mataram
  • Tafidatuz Ziyadah Universitas Islam Negeri Mataram

Keywords:

Quizizz Application, Media, Learning Evaluation, Writing Skills, Arabic Language Education

Abstract

ABSTRAK

Saat menghadapi tantangan belajar berbasis digital yang memenuhi teknologi dan pengembangan informasi, kreatif, pembelajaran yang efektif dan ekonomis harus dikembangkan. Oleh karena itu, penggunaan media pembelajaran digital adalah langkah penting dalam meningkatkan kinerja pembelajaran siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penggunaan aplikasi Quizizz sebagai media evaluasi dalam pembelajaran keterampilan menulis (maharah kitabah) pada mahasiswa semester IV Kelas A Program Studi Pendidikan Bahasa Arab di Universitas Islam Negeri Mataram. Metode yang digunakan meliputi ceramah, tanya jawab, serta praktik langsung penggunaan aplikasi Quizizz. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki antusiasme tinggi dan pemahaman yang baik terhadap materi yang disampaikan melalui aplikasi tersebut. Pelaksanaan praktik penggunaan Quizizz berjalan dengan lancar dan mendapat tanggapan positif dari mahasiswa, yang tercermin dari tingginya persentase nilai rata-rata. Selain itu, penelitian ini juga membuktikan bahwa aplikasi Quizizz mampu meningkatkan motivasi belajar mahasiswa dalam mengembangkan keterampilan menulis bahasa Arab.

 

Kata Kunci: Aplikasi Quizizz, Media, Evaluasi Pembelajaran, Keterampilan Menulis (Maharrah Kitabab), Pendidikan Bahasa Arab.

 

ABSTRACT

When facing the challenges of digital-based learning that meet the demands of technology and information development, creative, effective, and economical learning must be developed. Therefore, the use of digital learning media is a crucial step in improving student learning performance. The purpose of this study was to investigate the effectiveness of using a quiz app as an assessment medium for writing skills (Mahara Kitaba) for students in the fourth semester of the Arabic research and education program at the Islamic University, Mataram State. The methods used included lectures, questions, answers, and hands-on practice using the quiz app. The results of this study showed that students had a good understanding of the material presented by the app as high enthusiasm. The implementation of practice using Quizzz went smoothly and received positive answers from students. This is reflected in the high percentage of average results. In addition, this study also shows that the quizzing application can increase students' learning motivation in developing Arabic writing skills.

 

Keyword : Quizizz Application, Media, Learning Evaluation, Writing Skills, Arabic Language Education.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-08-16

How to Cite

Cahyani, L., Suparmanto, Firdaus Syahputra, M., Afriani, N., & Ziyadah, T. (2025). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Evaluasi di Semester IV A Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Mataram. ARABIA: Jurnal Ilmu Bahasa Arab, 3(02), 216–228. Retrieved from https://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/Arabia/article/view/3753

Issue

Section

Articles