Penerapan Reward And Punishmnet Untuk Menciptakan Bi’ah Lughowiyah Di Pondok Pesantren Darun Najah Balikpapan
Keywords:
Reward And Punishmnet, Motivasi Bi’ah LughowiyahAbstract
ABSTRAK
Peran pendidikan sangat penting dalam membangun kepribadian siswa. Salah satunya adalah kedisiplinan dalam berbahasa. Dalam mewujudkan kedisiplinan tentu diperlukan penerapan reward and punishment. Masalah yang akan diangkat dalam artikel ini salah satunya adalah mengenai pelanggaran bahasa, seperti tidak menyetorkan mufrodat, tidak menggunakan bahasa arab secara aktif juga yang disebabkan oleh factor nonlinguistic seperti rendahnya motivasi belajar, jenuhnya suasana dalam belajar, hingga ketidak tepatan dalam pemilihan metode. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan reward and punishman untuk menciptakan bi’ah lughowiyah di Pesantren Darun Najah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peraturan terkait reward and punishment ini telah disosialisasikan sejak awal masuk. Para pembimbing bertanggungjawab terhadap para santri untuk konsekuensi terhadap kesalahan kebahasaan. Penerapan reward and punishment ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dan penerpan tersebut memberikan kontribusi terhadap lingkungan Bahasa, seperti santri lebih berhati-hati lagi dalam penggunaan Bahasa.
Kata kunci : Reward And Punishment, Motivasi Bi’ah Lughowiyah
ABSTRACT
The role of education is very important in building students' personalities. One of them is discipline in language. In realizing discipline, of course, the application of rewards and punishments is needed. One of the problems that will be raised in this article is regarding language violations, such as not submitting vocabulary, not using Arabic actively, also caused by non-linguistic factors such as low learning motivation, boredom in the learning atmosphere, and inappropriateness in choosing methods. The purpose of this study was to determine the application of rewards and punishments to create bi'ah lughowiyah at the Darun Najah Islamic Boarding School. This study uses a qualitative research method. The results of the study show that the regulations related to rewards and punishments have been socialized since the beginning of entry. The instructors are responsible for the students for the consequences of language errors. The application of rewards and punishments has its own advantages and disadvantages. And this application contributes to the language environment, such as students being more careful in using language.
Keywords: Reward And Punishment, Motivation for Bi'ah Lughowiyah