(تطبيق طريقة التواصلية في مهارة الكلام باللغة العربية (دراسة وصفية في معهد نور الحكيم الإسلامية لومبوك الغربي
Keywords:
metode komunikasi, keterampilan berbicara.Abstract
ABSTRAK
Dalam pembelajaran bahasa Arab, keterampilan berbicara merupakan salah satu keterampilan bahasa yang penting. Dalam ilmu bahasa, keterampilan bahasa dibagi menjadi dua kategori, yaitu keterampilan produktif dan keterampilan reseptif. Keterampilan produktif mencakup keterampilan berbicara dan menulis, sementara keterampilan reseptif mencakup keterampilan mendengarkan dan membaca. Keterampilan berbicara adalah keterampilan verbal dalam keterampilan produktif, yang memiliki cara komunikasi yang sangat penting. Jika cara komunikasi ini tidak diterapkan dengan baik, maka keterampilan berbicara tidak akan dapat dikuasai dengan sempurna. Sering kali ditemukan kesalahpahaman dalam proses komunikasi, yang dapat menghambat keterampilan berbicara. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan cara komunikasi yang tepat dan sesuai dengan lingkungan. Peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif dalam penelitian lapangan. Data primer dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara di institusi Sekolah Aliyah Dakwah Islamiyah Putra Nurul Hakim, Lombok Barat. Data sekunder diperoleh dari referensi seperti buku, artikel, yang terkait dengan metode komunikasi dan keterampilan berbicara. Hasil penelitian menunjukkan, pertama, ada metode komunikasi yang diterapkan di Lembaga ini berjaan dengan sangat efektif. Kedua, terdapat faktor penghambat dan pendukung praktik keterampilan berbicara melalui metode komunikasi di sekolah tersebut.
Kata kunci: metode komunikasi, keterampilan berbicara.
ABSTRACT
In Arabic language learning, speaking skills are one of the important language skills. In linguistics, language skills are divided into two categories: productive skills and receptive skills. Productive skills include speaking and writing, while receptive skills include listening and reading. Speaking is a verbal skill within productive skills, and it involves a very important communication method. If this communication method is not applied properly, speaking skills will not be mastered perfectly. Misunderstandings often occur during the communication process, which can hinder speaking skills. Therefore, it is important to use the correct communication methods that are suitable for the environment. The researcher uses a descriptive qualitative method in field research. Primary data in this study were obtained through observation, documentation, and interviews at the Aliyah Dakwah Islamiyah Putra Nurul Hakim School in West Lombok. Secondary data were obtained from references such as books and articles related to communication methods and speaking skills. Research results show that first, there is a communication method applied at this institution that works very effectively. Second, there are factors that hinder and support the practice of speaking skills through communication methods at the school.
Keywords: communication methods, speaking skills.