Konten Media Sosial Sebagai Alternatif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab

Authors

  • Isnaini Leli UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Mar’ah Fikriyah UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Siti Aisyah UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Esa Saputro UIN Raden Mas Said Surakarta

Abstract

Era digital sekarang ini menjadikan perubahan yang cukup pesat dalam berbagai aspek kehidupan khususnya dalam pembelajaran. Oleh karena itu banyak sekolah maupun perguruan tinggi yang menggunakan media sosial seperti Youtube, Instagram, Tiktok, Whatsapp, Facebook, X dan Telegram sebagai salah satu  alat pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media sosial apa saja yang sering digunakan sebagai media alternatif pembelajaran dan konten apa yang sering dilihat dalam pembelajaran bahasa Arab oleh mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, di mana data dikumpulkan melalui kuesioner yang diberikan kepada para mahasiswa pendidikan bahasa Arab UIN Raden Mas Said Surakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial dianggap penting dalam mendukung pembelajaran bahasa Arab di luar pembelajaran kelas. Hasil survei menunjukkan bahwa media sosial yang sering digunakan mahasiswa sebagai alternatif pembelajaran bahasa Arab adalah Youtube (63,3%). Alasan para mahasiswa memilih media sosial Youtube sebagai media alternatif pembelajaran bahasa Arab yang sering digunakan adalah banyaknya variasi video pembelajaran yang tersedia dan menarik, cakupan konten materi pembelajaran yang banyak dan luas, mudah diakses, cara pengunaan aplikasi Youtube yang mudah, serta cara penyampaian pembuat video yang detail dan jelas sehingga mudah dipahami. Konten yang sering dilihat untuk membantu pembelajaran bahasa Arab adalah konten materi mufrodat dengan persentase sebanyak 40%. Secara keseluruhan, media sosial memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab jika digunakan secara optimal dan didukung fasilitas yang memadai.

Kata Kunci: Media, Sosial, Pembelajaran, Konten

 

ABSTRACT

The current digital era has brought about quite rapid changes in various aspects of life, especially in learning. Therefore, many schools and universities use social media such as Youtube, Instagram, Tiktok, Whatsapp, Facebook, X and Telegram as one of their learning tools. This study aims to determine what social media are often used as alternative learning media and what content is often viewed in Arabic language learning by students. The method used in this study is a qualitative descriptive method, where data is collected through a questionnaire given to Arabic language education students at UIN Raden Mas Said Surakarta. The results of the study show that social media is considered important in supporting Arabic language learning outside of classroom learning. The survey results show that the social media that is often used by students as an alternative to learning Arabic is Youtube (63.3%). The reasons students choose Youtube social media as an alternative media for learning Arabic that is often used are the many variations of learning videos available and interesting, the scope of learning material content is large and wide, easy to access, easy to use Youtube application, and the way the video maker delivers detailed and clear so that it is easy to understand. The content that is often viewed to help learn Arabic is mufrodat material content with a percentage of 40%. Overall, social media has great potential to improve the quality of Arabic language learning if used optimally and supported by adequate facilities. 

Keywords: Media, Social, Learning, Content

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-02-14

How to Cite

Leli, I., Fikriyah, M. ., Aisyah, S., & Saputro, E. (2025). Konten Media Sosial Sebagai Alternatif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab . ARABIA: Jurnal Ilmu Bahasa Arab, 3(01), 49–66. Retrieved from https://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/Arabia/article/view/3465