ترقية مهارة الكلام ببلاغة الخطاب العربي لدى طلاب في معهد دار الأمانة سوكورجو كندال جاوى الوسطى
Keywords:
mahārah al-kalām, retorika pidato, kemampuan berbicaraAbstract
ABSTRAK
Kemampuan berbicara (mahārah al-kalām) merupakan salah satu keterampilan utama dalam pembelajaran bahasa Arab. Pondok Pesantren Darul Amanah Sukorejo, Kendal, memiliki program unggulan berupa Retorika Pidato Bahasa Arab yang dirancang untuk melatih santri berbicara dengan lancar, percaya diri, dan terstruktur. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan program retorika pidato bahasa Arab dalam meningkatkan mahārah al-kalām santri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program retorika pidato diterapkan melalui tiga tahapan utama, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Faktor penghambat dalam pelaksanaan program meliputi kondisi cuaca, keterbatasan waktu, serta tantangan teknis dalam proses perbaikan pidato. Adapun faktor pendukungnya antara lain pelaksanaan kegiatan secara rutin, semangat santri yang tinggi, tersedianya kitab Khiṭābah Sahlah, serta sarana dan prasarana yang memadai. Program ini terbukti mampu meningkatkan mahārah al-kalām santri, termasuk penguasaan tempo berbicara, kelancaran, dan kepercayaan diri saat berbicara di depan umum.
Kata Kunci: mahārah al-kalām, retorika pidato, kemampuan berbicara.
ABSTRACT
Speaking proficiency (mahārah al-kalām) is one of the essential skills in learning Arabic. Pondok Pesantren Darul Amanah Sukorejo Kendal offers a flagship program in Arabic Speech Rhetoric designed to train students to speak fluently, confidently, and systematically. This study aims to examine the implementation of the Arabic speech rhetoric program in enhancing students’ mahārah al-kalām. This research employs a descriptive qualitative method with data collected through observation, interviews, and documentation. The findings reveal that the program is implemented in three main stages: preparation, execution, and evaluation. Challenges in program implementation include weather conditions, time limitations, and technical issues in speech corrections. Supporting factors include regular program execution, high student enthusiasm, the availability of the Khiṭābah Sahlah book, and adequate facilities and resources. This program has proven effective in improving students' mahārah al-kalām, particularly in mastering speech tempo, fluency, and self-confidence in public speaking.
Keywords: mahārah al-kalām, speech rhetoric, speaking proficiency