تطبيق طريقة إبتدائى في زيادة اهتمام الأطفال بقراءة الكتاب الأصفر

Authors

  • Bashirotul Hidayah IAIBAFA
  • Nofahafidhotul Mukarromah IAIBAFA Jombang

Abstract

ABSTRAK

Pembelajaran kitab kuning banyak sekali manfaatnya, terutama dalam memahami ilmu agama. Yang mana pembelajarannya memang kebanyakan menggunakan kitab kuning klasikal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode ibtida’i dalam meningkatkan minat santri membaca kitab kuning. Subjek dalam penelitian ini adalah santri madrasah diniyah Al-Mardliyah putri Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengambilan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan analisis data dapat diketahui bahwa metode ibtida’i merupakan salah satu yang memegang peranan penting dalam meningkatkan minat santri dalam hal membaca kitab kuning, karena metode ibtida’i didasari dengan materi yang ringkas dan menyenangkan, sehingga menghasilkan sebagai berikut: Pertama, yaitu ketepatan dalam membaca, dan mampu menyebutkan tarkib bacaan. Kedua, Diskusi atau musyawarah bersama materi ibtida’i. Ketiga, keberanian dalam membaca di depan teman sekelas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode ibtida’i di pondok Pesantren Al-Mardliyah putri putri sangat membantu santri dalam meningkatkan minat santri membaca kitab kuning.

Kata Kunci: Metode Ibtida’i, Minat Membaca, Kitab Kuning

 

ABSTRACT

Learning yellow books has many benefits, especially in understanding religious knowledge. Which learning mostly uses classical yellow books. This study aims to describe the application of the ibtida'i method in increasing students' interest in reading yellow books. The subjects in this study were students of the Al-Mardliyah Islamic Boarding School, female Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. This study uses a qualitative approach with a case study method. Data collection was carried out by observation, documentation and interviews. Based on the data analysis, it can be seen that the ibtida'i method is one that plays an important role in increasing students' interest in reading yellow books, because the ibtida'i method is based on concise and enjoyable material, resulting in the following: First, namely accuracy in reading, and being able to mention the reading tarkib. Second, Discussion or deliberation with ibtida'i material. Third, courage in reading in front of classmates. The conclusion of this study is that the application of the ibtida'i method in the Al-Mardliyah Islamic Boarding School for girls is very helpful for students in increasing their interest in reading yellow books.

Keywords: Ibtida'i Method, Reading Interest, Yellow Books

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-02-14

How to Cite

Hidayah, B., & Nofahafidhotul Mukarromah. (2025). تطبيق طريقة إبتدائى في زيادة اهتمام الأطفال بقراءة الكتاب الأصفر. ARABIA: Jurnal Ilmu Bahasa Arab, 3(01), 83–95. Retrieved from https://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/Arabia/article/view/3263