Development Of Arabic Language Teaching Materials Based On Interactive Multimedia Plotagon Story Class VII MTsN 7 Kediri

Authors

  • Indy Aslihah Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Ahmd Rifa’i Institut Agama Islam Negeri Kediri

Keywords:

Multimedia Interactive; Plotagon Story; Speaking Skills

Abstract

A

ABSTRAK

Pembelajaran Bahasa arab pada sebuah Lembaga tentu memiliki tujuan signifikan dalam mengembangkan skill untuk berbahasa arab. Untuk itu, pengembangan metode pembelajaran yang variative tentu dibutuhkan dalam implementasi pembelajaran Bahasa arab. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah: 1) Mengembangkan bahan ajar bahasa Arab berbasis multimedia interaktif dengan menggunakan Cerita Plotagon untuk keterampilan berbicara siswa kelas 7 MTsN 7 Kediri; 2) Mengkaji kelayakan bahan ajar bahasa Arab berbasis multimedia interaktif dengan menggunakan Cerita Plotagon untuk keterampilan berbicara siswa kelas 7 MTsN 7 Kediri. Alasan peneliti memilih judul ini adalah karena belum ada bahan ajar berbasis multimedia yang sesuai untuk mengajarkan keterampilan berbicara bahasa Arab, dan siswa masih merasa kesulitan dalam pelajaran bahasa Arab tanpa menggunakan media lain. Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian R&D (Research and Development) dengan model ADDIE yang meliputi tahapan: analisis kebutuhan (mengidentifikasi permasalahan melalui wawancara dengan guru bahasa Arab), desain produk (meliputi perencanaan pembuatan video animasi interaktif Plotagon Story sesuai modul guru dan siswa), pengembangan produk (pembuatan produk, validasi produk, dan uji praktisi untuk menilai kelayakan produk berdasarkan hasil validasi), implementasi produk (pengaplikasian produk kepada siswa untuk menilai kelayakannya), dan revisi produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar bahasa Arab berbasis multimedia interaktif menggunakan Plotagon Story layak digunakan berdasarkan hasil validasi isi dengan persentase 90% yang dinyatakan valid; validasi konstruk dengan persentase 85% yang dinyatakan valid; uji coba guru praktisi dengan persentase 81% yang dinyatakan valid; dan uji respon siswa dengan persentase 89,47% yang dinyatakan valid. Terkait dengan efektivitasnya terbukti menunjang dan membantu peserta didik dalam pembelajaran maharah kalam berdasarkan perhitungan SPSS menunjukkan hasil sebesar 0,000 < 0,05 sesuai dengan uji paired sample t-test yang menunjukkan adanya perbedaan dan pengaruh yang signifikan antara hasil pre-test dengan hasil post-test.

Kata Kunci : Multimedia Interaktif, Cerita Plotagon, Kemampuan Berbicara

 

ABSTRACT

Learning Arabic in an institution certainly has a significant goal in developing skills for speaking Arabic. For that, the development of varied learning methods is certainly needed in the implementation of Arabic learning. The purpose of this development research is: 1) To develop an interactive multimedia-based Arabic language teaching material using Plotagon Story for speaking skills of 7th-grade students at MTsN 7 Kediri; 2) To assess the feasibility of the interactive multimedia-based Arabic language teaching material using Plotagon Story for speaking skills of 7th-grade students at MTsN 7 Kediri. The reason the researcher chose this title is that there is no existing multimedia-based teaching material suitable for teaching Arabic speaking skills, and students still find Arabic lessons difficult without other forms of media.The researcher used the R&D (Research and Development) type of research with the ADDIE model, which involves the following stages: needs analysis (identifying issues through interviews with Arabic language teachers), product design (including planning the creation of Plotagon Story interactive animation videos according to teacher and student modules), product development (creating the product, validating the product, and conducting practitioner tests to assess the product's feasibility based on validation results), product implementation (applying the product to students to assess its feasibility), and product revision. The research findings indicate that the interactive multimedia-based Arabic language teaching material using Plotagon Story is feasible for use based on the results of content validation with a percentage of 90%, which is considered valid; construct validation with a percentage of 85%, also valid; practitioner teacher testing with a percentage of 81%, valid; and student response testing with a percentage of 89.47%, valid. Regarding its effectiveness, it has been proven to support and assist students in learning maharah kalam based on SPSS calculations, which show a result of 0.000 < 0.05, in accordance with the paired sample t-test, indicating a significant difference and impact between the pre-test and post-test results.

Keywords: Multimedia Interactive; Plotagon Story; Speaking Skills

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-02-14

How to Cite

Aslihah, I., & Rifa’i, A. . (2025). Development Of Arabic Language Teaching Materials Based On Interactive Multimedia Plotagon Story Class VII MTsN 7 Kediri. ARABIA: Jurnal Ilmu Bahasa Arab, 3(01), 96–114. Retrieved from https://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/Arabia/article/view/3250