Implementasi Pembelajaran Kolaboratif Dalam Meningkatkan Maharah Kitabah Pada Siswa Kelas VI Di Sekolah Dasar Islam Al-Hilal Kartasura
Abstract
ABSTRAK
Maharah kitabah adalah salah satu kecakapan yang harus dimiliki dalam pembelajaran Bahasa Arab. Problematik yang kompleks tentu menjadi tantangan tersendiri bagi peserta didik dalam menunangkan tulisan yang baik dan benar dalam Bahasa Arab. Untuk itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif pembelajaran kolaboratif dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa di Sekolah Dasar. Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di SD Islam Al Hilal Kartasura dengan objek penelitain siswa siswi kelas IV SD. Objek penelitian berjumlah 20 siswa digunakan sebagai metode. Melalui kegiatan kelompok, pembelajaran kolaboratif diterapkan. Kegiatan ini melibatkan siswa dengan cara bekerja sama dalam menulis teks, memberikan umpan balik satu sama lain, dan berbicara tentang gagasan yang mereka tulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis siswa meningkat secara signifikan. Nilai maharah kitabah rata-rata siswa tidak ada perubahan setelah metode ini diterapkan. Observasi juga menunjukkan bahwa motivasi dan keterlibatan siswa meningkat selama proses pembelajaran. Menurut penelitian ini, pembelajaran kolaboratif tidak hanya meningkatkan kemampuan menulis seseorang, tetapi juga dapat membuat lingkungan belajar lebih dinamis dan interaktif. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pendidik saat menggunakan metode pembelajaran yang kreatif di kelas.
Kata Kunci: Pembelajaran kolaboratif, maharah kitabah, siswa sekolah dasar, penelitian tindakan kelas, kemampuan menulis.
ABSTRACT
Maharah kitabah is one of the skills that must be possessed in learning Arabic. Complex problems are certainly a challenge for students in writing well and correctly in Arabic. Therefore, the purpose of this study is to determine how effective collaborative learning is in improving students' writing skills in Elementary Schools. This study is a type of field research with the type of classroom action research (PTK). This study was conducted at SD Islam Al Hilal Kartasura with the object of research being fourth grade elementary school students. The research object amounted to 20 students used as the method. Through group activities, collaborative learning is applied. This activity involves students by working together in writing texts, providing feedback to each other, and talking about the ideas they write. The results of the study showed that students' writing skills increased significantly. The average value of maharah kitabah students did not change after this method was applied. Observations also showed that student motivation and involvement increased during the learning process. According to this study, collaborative learning not only improves a person's writing skills, but can also make the learning environment more dynamic and interactive. The results of this study are expected to be a reference for educators when using creative learning methods in the classroom.
Keyword : Collaborative learning, maharah kitabah, elementary school students, classroom action research, writing skills