Pengaruh Metode Muhadatsah Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Arab

Authors

  • Ummu Fadlilah Mahasiswa
  • Oktavia Ratnaningtyas Dosen Pembimbing
  • Biqi Asshafah Zain STAI Darul Hikmah Tulungagung

Abstract

ABSTRAK

Pembelajaran bahasa adalah mengembangkan dan mencerna kemampuan siswa dalam berbahasa, semua ahli bahasa sepakat bahwa keterampilan berbahasa ada empat, yaitu keterampilan berbicara (maharotul kalam), keterampilan mendengarkan (maharotul istima'), keterampilan membaca (maharotul qiro'ah), dan keterampilan berbahasa. keterampilan. menulis (maharotul kitabah). Dan dalam pembelajaran bahasa arab salah satu keterampilan yang ingin dicapai adalah keterampilan berbicara (maharotul kalam), banyak cara untuk mencapai pembelajaran yang efektif, salah satunya adalah guru harus memilih metode pembelajaran yang tepat bagi siswanya, dalam hal ini guru dapat menggunakan salah satu metode yaitu metode Muhadatsah yang dinilai sangat menunjang keberhasilan siswa dalam keterampilan berbicara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh metode Muhadatsah terhadap keterampilan berbicara bahasa Arab. Metode penelitian ini adalah kuantitatif regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: terdapat pengaruh yang signifikan antara metode muhadatsah terhadap keterampilan berbicara bahasa arab, berdasarkan hasil pengujian hipotesis regresi linier berganda diperoleh nilai sig 008 ≤ 0,05.

Kata Kunci : Metode Muhadatsah, Ketrampilan Berbicara, Bahasa Arab

 

ABSTRACT

Language learning is developing and digesting students' abilities in language, all language experts agree that there are four language skills, namely speaking skills (maharotul kalam), listening skills (maharotul istima'), reading skills (maharotul qiro'ah), and language skills. writing (maharotul kitabah). And in learning Arabic one of the skills to be achieved is speaking skills (maharotul kalam), there are many ways to achieve effective learning, one of which is that the teacher must choose the right learning method for his students, in this case the teacher can use one of the methods namely the Muhadatsah method, which is considered to be very supportive of students' success in speaking skills. The purpose of this research is to find out whether there is an effect of the Muhadatsah method on Arabic speaking skills. This research method is quantitative multiple linear regression. The results of this study conclude that: there is a significant effect between the muhadatsah method on Arabic speaking skills, based on the results of multiple linear regression hypothesis testing, the value of sig 008 ≤ 0.05 is obtained.

Keyword : Muhadatsah Methods, Speaking Skills, Arabia Languag

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-08-17

How to Cite

Ummu Fadlilah, Ratnaningtyas, O. ., & Asshafah Zain, B. . (2024). Pengaruh Metode Muhadatsah Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Arab. ARABIA: Jurnal Ilmu Bahasa Arab, 2(02), 60–75. Retrieved from https://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/Arabia/article/view/3060

Issue

Section

Articles