تأثير الإدراك الذاتي والجنس لدى الطلبة على مهارة الكلام (دراسة العلاقة في المدرسة الثانوية الإسلامية علم القرآن مجوكرافك جومبانج)
Keywords:
الكلمات المفتاحية: إدراك الذات، جنس الطالب، مهارة الكلامAbstract
ABSTRAK
Bahasa Arab merupakan Bahasa asing yang sangat penting, apalagi di lingkungan pesantren. Maharat al-kalam termasuk keterampilan pokok yang harus dikuasai peserta didik dan merupakan tujuan akhir dari pembelajaran bahasa asing. Namun melihat fenomena yang ada di Indonesia peserta didik berbeda beda dalam hal persepsi mereka tengtang maharah kalam. Hal ini diantaranya diantaranya dipengaruhi oleh; pengalaman terdahulu peserta didik, lingkungan belajar,serta riwayat pendidikan peserta didik. Dalam penelitian ini peneliti membuat tiga rumusan masalah yaitu bagaimana Pengaruh persepsi diri terhadap keterampilan maharah kalam di MA Ilmu Al-Qur'an Mojokrapak Jombang? Bagaimana pengaruh gender peserta didik terhadap keterampilan maharah kalam di MA Ilmu Al-Qur'an Mojokrapak Jombang?serta Bagaimana pengaruh persepsi diri Dan gender peserta didik terhadap keterampilan maharah kalam (studi kausalitas di MA Ilmu Al-Qur'an Mojokrapak Jombang). Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini ialah Metode penelitian kuantitatif. Pengumpulan data persepsi diri, gender peserta didik dan keterampilan maharah kalam dilaksanakan melalui angket yang diberikan kepada siswa siswi Kelas 10,11 dengan jumlah sampel sebanyak 80. Tehnik analisis data yang dipakai untuk menjawab rumusan masalah 1 dan 2 memakai analisis regresi linier sederhana, sedangkan untuk menjawab rumusan masalah 3 memakai analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan SPSS bisa disimpulkan bahwa:1. Terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi diri terhadap keterampilan maharah kalam. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji T. karena nilai t hitung > t tabel (8,382 > 1,991) maka Ho ditolak dan Ha diterima. 2. Terdapat pengaruh yang signifikan antara gender peserta didik terhadap keterampilan maharah kalam. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji T. karena nilai -t hitung < t tabel (-2,236 <1,991) maka Ho ditolak. 3. Terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi diri dan gender peserta didik terhadap keterampilan maharah kalam. Hal ini dapat dilihat perhitungan F hitung = 37,412> F tabel = 3,12. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima Manfaat penelitian ini yaitu dapat mengetahui bagaimana kita memperlakukan siswa dan siswi dalam proses belajar mengajar serta mengetahui bagaimana guru seyogyanya menggunakan metode belajar.
Kata Kunci: persepsi diri,gender peserta didik, keterampilan maharah kalam
ABSTRACT
Arabic is a very important foreign language, especially in the Islamic boarding school environment. Maharat al-kalam is one of the main skills that students must master and is the ultimate goal of learning a foreign language. However, looking at the phenomena that exist in Indonesia, students differ in terms of their perceptions about maharah kalam. This is influenced, among other things, by; students' previous experiences, learning environment, and students' educational history. In this research, the researcher made three problem formulations, namely, what is the influence of self-perception on maharah kalam skills at MA Al-Qur'an Sciences Mojokrapak Jombang? What is the influence of students' gender on maharah kalam skills at the MA Al-Qur'an Sciences Mojokrapak Jombang? and how does self-perception and gender of students affect maharah kalam skills (causality studies at MA Al-Qur'an Sciences Mojokrapak Jombang). The research method used in this research is a quantitative research method. Data collection on self-perception, student gender and maharah kalam skills was carried out through questionnaires given to students in Class 10, 11 with a sample size of 80. The data analysis technique used to answer problem formulations 1 and 2 used simple linear regression analysis, while for answer problem formulation 3 using multiple linear regression analysis. Based on the results of data analysis using SPSS, it can be concluded that: 1. There is a significant influence between self-perception and maharah kalam skills. This can be seen from the results of the T test. Because the calculated t value > t table (8.382 > 1.991) then Ho is rejected and Ha is accepted. 2. There is a significant influence between students' gender on maharah kalam skills. This can be seen from the results of the T test. Because the calculated t-value < t table (-2.236 <1.991) then Ho is rejected. 3. There is a significant influence between students' self-perception and gender on maharah kalam skills. This can be seen from the calculation of F count = 37.412> F table = 3.12. Thus it can be concluded that Ho is rejected and Ha is accepted. The benefit of this research is that it can find out how we treat students in the teaching and learning process and find out how teachers should use learning methods.
Keywords: self-perception, student gender, maharah kalam skills