تعليم قواعد اللغة العربية بطريقة تعليم الأقران لدى الطلبة فصل الثاني المدرسة الدينية النجاح دينايار جومبانج

Authors

  • Fidah Nur Aini IAIBAFA
  • Abdullah Asyiq IAIBAFA
  • Mokhammad Khisnulloh Ali Wardana STAI Darul Hikmah Tulungagung

Keywords:

Qowaid Arabiyah, Metode Pembelajaran, Tutor Sebaya

Abstract

ABSTRAK

Pembelajaran kaidah bahasa Arab di pondok pesantren adalah untuk studi Islam. Banyak metode yang dapat digunakan dalam mempelajarinya, seperti metode tutor sebaya. Belajar dengan teman sendiri dapat menghilangkan kecanggungan bagi siswa yang malu bertanya dan bagi tutor akan lebih menguasai pelajaran tersebut serta menciptakan iklim belajar aktif. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pembelajaran qowaid lughoh Arabiyah menggunakan metode tutor sebaya serta mengetahui kelebihan dan kekurangan penerapan metode tersebut dalam pembelajaran qowaid lughoh Arabiyah. Peneliti disini menggunakan jenis penelitian kualitatif, deskriptif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam keabsahan data peneliti menggunakan 4 langkah yaitu: memeriksa ketepatan data, kesimpulan data, kegunaan data dan mengkonfirmasikan data. Teknik analisis data penelitian ini terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu: reduksi data, penyajian data, penarikan kesipulan/ verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Qowaid Lughoh Arabiyah Menggunakan Metode Tutor Sebaya terbukti dapat meningkatkan kemampuan dan hasil belajar siswi. Mulai dari tidak adanya rasa canggung antar sesama teman, dapat melatih sikap tanggunga jawab, saling membantu dan saling menghargai, juga dapat meningkatkan sikap sosial dengan baik karena seringnya interaksi saat pembelajaran berlangsung. Selain kelebihan yang ada, metode ini juga memiliki kekurangan diantaranya siswi saling bercerita, mengantuk dan kadang meremehkan temannya.

Kata kunci : Qowaid Arabiyah, Metode Pembelajaran, Tutor Sebaya.

 

ABSTRACT

Learning Arabic language rules at Islamic boarding schools is for Islamic studies. There are many methods that can be used to learn it, such as the peer tutoring method. Studying with friends can eliminate awkwardness for students who are embarrassed to ask questions and the tutor will have better control over the lesson and create an active learning climate. The aim of this research is to describe learning qowaid lughoh Arabiyah using the peer tutoring method and to determine the advantages and disadvantages of applying this method in learning qowaid lughoh Arabiyah. Researchers here use qualitative, descriptive research. The data collection methods used by researchers are observation, interviews and documentation. In validating the data, researchers used four steps, namely: checking the accuracy of the data, concluding the data, using the data and confirming the data. This research data analysis technique consists of three activity streams that occur simultaneously, namely: data reduction, data presentation, drawing conclusions/verification. The results of the research show that learning Qowaid Lughoh Arabiyah using the Peer Tutor Method has been proven to improve female students' abilities and learning outcomes. Starting from not feeling awkward between friends, being able to practice an attitude of responsibility, helping and respecting each other, can also improve good social attitudes because of frequent interactions during learning. Apart from the advantages, this method also has disadvantages, including female students telling each other stories, being sleepy and sometimes underestimating their friends.

Keywords: Qowaid Arabiyah, Learning Methods, Peer Tutors.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-08-17

How to Cite

Fidah Nur Aini, Asyiq, A. ., & Ali Wardana, M. K. . (2024). تعليم قواعد اللغة العربية بطريقة تعليم الأقران لدى الطلبة فصل الثاني المدرسة الدينية النجاح دينايار جومبانج. ARABIA: Jurnal Ilmu Bahasa Arab, 2(02), 100–111. Retrieved from https://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/Arabia/article/view/2969

Issue

Section

Articles