Pengaruh Metode Hiwar Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Arab

Authors

  • Okavia Ratnaningtiyas
  • mufidah Ni'matul Mufidah institut agama islam bani fattah jombang

Keywords:

metode hiwar, keterampilan bahasa arab

Abstract

Keterampilan berbicara (maharah al-kalam) merupakan salah satu jenis kemampuan berbahasa yang ingin dicapai dalam pengajaran bahasa modern termasuk bahasa arab, perlu adanya penerapan metode yang membuat pembelajaran menjadi lebih baik karena metode menjadi salah satu alat untuk menjapai tujuan, diantaranya adalah dengan metode hiwar. Al Hiwar menurut bahasa mempunyai arti percakapan,dialog, dan tanya jawab. Percakapan merupakan pertukaran pikiran atau pendapat mengenai suatu topik antara dua orang atau lebih Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini ialah  metode penelitian kuantitatif. Pengumpulan data metode hiwar dan keterampilan berbicara bahasa arab dilaksanakan melalui angket yang diberikan kepada siswa mts fattah hasyim dengan jumlah sampel sebanyak 70. Tehnik analisis data yang dipakai adalah jenis analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis data yang dilaksanakan peneliti bisa disimpulkan bahwa Terdapat pengaruh yang signifikan antara metode hiwar terhadap keterampilan berbicara bahasa arab sebesar 56,1%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-10

How to Cite

Ratnaningtiyas, O., & Ni’matul Mufidah, mufidah. (2024). Pengaruh Metode Hiwar Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Arab. ARABIA: Jurnal Ilmu Bahasa Arab, 2(1), 1–13. Retrieved from https://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/Arabia/article/view/2581

Issue

Section

Articles