Pengaruh Metode Hiwar Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Arab
Keywords:
metode hiwar, keterampilan bahasa arabAbstract
Keterampilan berbicara (maharah al-kalam) merupakan salah satu jenis kemampuan berbahasa yang ingin dicapai dalam pengajaran bahasa modern termasuk bahasa arab, perlu adanya penerapan metode yang membuat pembelajaran menjadi lebih baik karena metode menjadi salah satu alat untuk menjapai tujuan, diantaranya adalah dengan metode hiwar. Al Hiwar menurut bahasa mempunyai arti percakapan,dialog, dan tanya jawab. Percakapan merupakan pertukaran pikiran atau pendapat mengenai suatu topik antara dua orang atau lebih Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini ialah metode penelitian kuantitatif. Pengumpulan data metode hiwar dan keterampilan berbicara bahasa arab dilaksanakan melalui angket yang diberikan kepada siswa mts fattah hasyim dengan jumlah sampel sebanyak 70. Tehnik analisis data yang dipakai adalah jenis analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis data yang dilaksanakan peneliti bisa disimpulkan bahwa Terdapat pengaruh yang signifikan antara metode hiwar terhadap keterampilan berbicara bahasa arab sebesar 56,1%.