Manajemen Perencanaan Kurikulum Pendidikan Bahasa Arab Dalam Menghasilkan Kualifikasi Lususan Unkafa

Authors

  • Muhammad Ainul Haq Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik
  • Efan Chairul Abdi STIQ Walisonggo Situbondo

Abstract

ABSTRAK

Perencanaan kurikulum berperan penting dalam membimbing siswa menuju perubahan perilaku sesuai tujuan yang telah ditetapkan.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang mengeksplorasi model perencanaan kurikulum Ralph W. Tyler pada Program Pendidikan Bahasa Arab Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik (UNKAFA). Data diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode analisis kualitatif Miles dan Huberman yang meliputi empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tyler memberikan dasar-dasar perencanaan kurikulum, dengan menguraikan empat pertanyaan kunci: tentang tujuan, strategi dan materi pembelajaran, pengorganisasian pengalaman pembelajaran, serta penilaian dan evaluasi. Model perencanaan kurikulum Tyler terdiri dari empat tahapan utama: menetapkan tujuan, memilih pengalaman belajar, mengorganisasikan pengalaman belajar, dan mengevaluasi efektivitas. Langkah-langkah tersebut menjadi dasar perencanaan kurikulum pada Program Pendidikan Bahasa Arab di UNKAFA. Tyler juga menekankan bahwa evaluasi harus selaras dengan tujuan pendidikan dan mencakup tes tertulis dan lisan, observasi hasil pekerjaan siswa, serta aktivitas dan partisipasi siswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa model perencanaan kurikulum Tyler konsisten digunakan dalam pengembangan kurikulum Pendidikan Bahasa Arab di UNKAFA, dengan fokus pada tujuan yang jelas, pengalaman belajar yang relevan, pengorganisasian pengalaman belajar yang sistematis, dan evaluasi yang terukur. Langkah-langkah tersebut memberikan landasan untuk mencapai visi program yaitu menghasilkan lulusan yang profesional, berpengetahuan luas, bermoral tinggi, cakap dalam keterampilan hidup, dan berdaya saing di tingkat nasional.

Kata Kunci: Manajemen Perencanaan Kurikulum, Model Kurikulum Tyler, Kurikulum PBA.

 

ABSTRACT

Curriculum planning plays an important role in guiding students towards changing behavior according to predetermined goals. This research is a qualitative descriptive study that explores Ralph W. Tyler's curriculum planning model in the Arabic Language Education Program at Kiai Abdullah Faqih Gresik University (UNKAFA). Data was obtained through interviews and documentation. Data analysis uses the Miles and Huberman qualitative analysis method which includes four stages, namely data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The research results show that Tyler provides the basics of curriculum planning, by outlining four key questions: about objectives, learning strategies and materials, organizing learning experiences, and assessment and evaluation. Tyler's curriculum planning model consists of four main stages: setting goals, selecting learning experiences, organizing learning experiences, and evaluating effectiveness. These steps are the basis for curriculum planning in the Arabic Language Education Program at UNKAFA. Tyler also emphasized that evaluation must be aligned with educational goals and include written and oral tests, observations of student work, and student activities and participation. This research shows that Tyler's curriculum planning model is consistently used in developing the Arabic Language Education curriculum at UNKAFA, with a focus on clear objectives, relevant learning experiences, systematic organization of learning experiences, and measurable evaluation. These steps provide the basis for achieving the program's vision, namely producing graduates who are professional, knowledgeable, have high morals, are competent in life skills, and are competitive at the national level.

Keyword: Curriculum Planning Management t, Tyler's curriculum model, PBA Curriculum

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-11-21

How to Cite

Haq, M. A., & Abdi, E. C. . (2024). Manajemen Perencanaan Kurikulum Pendidikan Bahasa Arab Dalam Menghasilkan Kualifikasi Lususan Unkafa. ARABIA: Jurnal Ilmu Bahasa Arab, 2(02), 87–99. Retrieved from https://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/Arabia/article/view/2149

Issue

Section

Articles