تأثير استراتيجيات المعلمين في تحسين مهارة قراءة الكتب التراث في المدرسة العالية معلمين - معلمات منبع المعارف دينيار جومبانغ

Authors

  • Baiq Tuhfatul Unsi IAIBAFA
  • Silvia Nurmala Sari Silvi Jombang
  • Nedya Varchati IAIBAFA

Keywords:

: استراتيجية المعلم ، تحسين مهارة القراءة ، الكتاب التراث.

Abstract

 

ABSTRAK

Strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru menjadi factor penentu dalam keberhasilan peserta didik untuk memahami materi pelajaran. Begitu juga dalam membaca kitab kuning, tentu diperlukan strategi yang baik. Penelilian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang efektif dalam meningkatkan ketrampilan membaca kitab kuning. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Lokasi penelitian adalah di Madrasah Aliyah Muallimin Muallimat Manbaul Maarif Denanyar Jombang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Madrasah Aliyah Muallimin Muallimat Manbaul Maarif Denanyar Jombang merupakan madrasah yang menggunakan kitab kuning sebagai salah satu mata pelajaran wajib. Dalam praktek pembelajaran terdapat beberapa strategi khusus yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan ketrampilan membaca kitab kuning. Diantara strategi tersebut adalah strategi pembelajaran drill, strategi peer teacher dan strategi tambahan. Adapun pemberian strategi ini disesuaikan dengan kemampuan peserta didik tiap tingkatan kelas.

Kata Kunci : Strategi Pengajar, Kemampuan Membaca Kitab Kuning, Kitab Kuning,

 

ABSTRACT

The learning strategy used by the teacher is a determining factor in the success of students in understanding the subject matter. Likewise, when reading the yellow book, a good strategy is needed. This research aims to find out effective strategies in improving yellow book reading skills. This research uses qualitative research. The research location is Madrasah Aliyah Muallimin Muallimat Manbaul Maarif Denanyar Jombang. The results of the research show that Madrasah Aliyah Muallimin Muallimat Manbaul Maarif Denanyar Jombang is a madrasah that uses the yellow book as one of the compulsory subjects. In learning practice, there are several special strategies carried out by teachers to improve yellow book reading skills. Among these strategies are drill learning strategies, peer teacher strategies and additional strategies. The provision of this strategy is adjusted to the abilities of students at each grade level.

Keywords: Teacher Strategy, Ability to Read the Yellow Book, Yellow Book

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-11-21

How to Cite

Tuhfatul Unsi, B. ., Silvi, S. N. S., & Varchati, N. . (2024). تأثير استراتيجيات المعلمين في تحسين مهارة قراءة الكتب التراث في المدرسة العالية معلمين - معلمات منبع المعارف دينيار جومبانغ. ARABIA: Jurnal Ilmu Bahasa Arab, 2(02), 112–122. Retrieved from https://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/Arabia/article/view/2144

Issue

Section

Articles