Pengaruh Program Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas V MI Plus Darul Falah Gambiran Mojoagung

Authors

  • Hasan Badri Institut Agama Islam Bani Fattah Jombang Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52431/jurnalilmupendidikananak.v2i2.2103

Keywords:

program literasi, minat baca siswa

Abstract

ABSTRAK

Literasi sekolah merupakan segala bentuk kegiatan yang bertujuan untuk menumbuhkan kebiasaan supaya gemar membaca dan memberkan pemahaman terhadap peserta didik mengenai pentingnya membaca. Kondisi yang ditemui di MI Plus Darul Falah Gambiran Mojoagung bahwa siswa masih memiliki tingkat ketertarikan yang membaca yang rendah, terbukti dengan banyaknya siswa yang enggan membaca dan lebih memanfaatkan waktu luang yang dimilikinya untuk bermain bersama teman-temannya. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui program literasi sekolah MI Plus Darul Falah Gambiran Mojoagung, 2) untuk mengetahui minat baca siswa MI Plus Darul Falah Gambiran Mojoagung, 3) untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara program literasi sekolah terhadap minat baca siswa MI Plus Darul Falah Gambiran Mojoagung. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian expost facto. Untuk teknik pengumpulan data digunakan angket dan dokumtasi. Adapun teknik analisis data menggunakan rumus Regresi Linier Berganda, dengan bantuan SPSS 24. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Plus Darul Falah Gambiran Mojoagung, penetuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling, dengan jumlah sampel adalah 52 siswa kelas V MI Plus Darul Falah Gambiran Mojoagung. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa 1) program literasi sekolah siswa kelas V MI Plus Darul Falah Gambiran Mojoagung dengan kategori sedang dengna prosentase 21% 2) minat baca siswa kelas V MI Plus darul Falah Gambiran Mojoagung dengna kategori sedang dengan prosentase 63%. Pada taraf 0,05 %, diperoleh F hitung > F tabel yaitu 4,706>4,03 dengna persamaan garis regrasinya yaitu: Y= 16.310+0,086 artinya program literasi sekolah mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat baca siswa kelas V MI Plus Darul Falah Gambiran Mojoagung.

Kata Kunci: Program Literasi,,Minat Baca Siswa

ABSTRACT

School literacy is any form of activity aimed at cultivating the habit of liking reading and providing students with an understanding of the importance of reading. The condition found at MI Plus Darul Falah Gambiran Mojoagung is that students still have a low level of interest in reading, as evidenced by the large number of students who are reluctant to read and prefer to use their free time to play with their friends. The aims of this research are 1) to determine the literacy program of the MI Plus Darul Falah Gambiran Mojoagung school, 2) to determine the reading interest of MI Plus Darul Falah Gambiran Mojoagung students, 3) to determine the significant influence of the school literacy program on the reading interest of MI Plus Darul students Falah Gambiran Mojoagung. In this research, researchers used quantitative research with an ex post facto research design. For data collection techniques, questionnaires and documentation were used. The data analysis technique uses the Multiple Linear Regression formula, with the help of SPSS 24. The population in this study was all class V students at MI Plus Darul Falah Gambiran Mojoagung. The sample determination in this study used a simple random sampling technique, with the total sample being 52 class V students. MI Plus Darul Falah Gambiran Mojoagung. Based on data analysis, it can be concluded that 1) the school literacy program for class V MI Plus Darul Falah Gambiran Mojoagung students is in the medium category with a percentage of 21% 2) the reading interest of class V MI Plus Darul Falah Gambiran Mojoagung students is in the medium category with a percentage of 63%. At the 0.05% level, it is obtained that F count > F table, namely 4.706> 4.03 with the regression line equation, namely: Y= 16,310+0.086, meaning that the school literacy program has a significant influence on the reading interest of class V students at MI Plus Darul Falah Gambiran Mojoagung.

Keyword : Literacy Program, Student’s Reading Interest

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-05

How to Cite

Badri, H. (2023). Pengaruh Program Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas V MI Plus Darul Falah Gambiran Mojoagung. Abnauna: Jurnal Ilmu Pendidikan Anak, 2(2), 66–79. https://doi.org/10.52431/jurnalilmupendidikananak.v2i2.2103

Issue

Section

Articles