OPTIMALISASI PEMBELAJARAN AKTIF MELALUI MEDIA REALIA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN FIQH DI MI KEBOKICAK DAPUR KEJAMBON JOMBANG
Keywords:
Pembelajaran aktif, Media Realia, Minat Belajar, active learning, Media Realia, Interest In learning.Abstract
ABSTRAK
Siswa dilatih untuk belajar aktif juga objektif dan dapat merasakan sendiri saat melakukan kegiatan belajar, melakukan pengamatan dan mempraktikan. Terciptanya pengalaman tersebut dapat meningkatkan minat belajar dari dalam diri siswa. Media dapat meningkatkan minat belajar pada siswa dan mereka akan lebih mudah menerima materi yang disampaikan. Sehubungan dengan pemanfaatan media tersebut, pendidik mata pelajaran fiqih menggunakan pembelajaran aktif dengan metode ceramah dan praktik melalui media realia dalam pembelajaran fiqih dengan materi sholat berjamaah, Fokus penelitian ini untuk mengetahui langkah-langkah, penerapan, dan hasil pembelajaran aktif melalui media realia terhadap minat belajar peserta didik pelajaran Fiqh kelas 2 Di MI Kebokicak Dapurkejambon Jombang. Peneliti memilih metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dimana penelitian memusatkan perhatian pada suatu kasus secara terperinci tentang latar belakang keadaan yang sedang dibahas. Dalam penelitian studi kasus, peneliti memakai teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa sebagian siswa kelas dua MI Kebokicak merespon baik selama pelajaran, hal ini dilihat dari segi keaktifan siswa yang bersedia serentak menjawab pertanyaan dari guru, bersedia mempraktikan sholat, dan mendengar penjelasan dari guru walau terkadang suka gaduh, tidak memperhatikan penjelasan dan berbicara sendiri. Hasil dari pembelajaran aktif melalui media realia terhadap minat belajar peserta didik pelajaran fiqh kelas II MI Kebokicak Dapurkejambon Jombang adalah dapat merubah kelas menjadi tidak monoton, peserta didik lebih aktif dan terlibat seluruhnya ketika proses pembelajaran, dan mengajari peserta didik untuk menerapkan atau praktik langsung demikian ini dapat bermaanfaat bagi pendidik untuk melakukan evaluasi
Kata Kunci: Pembelajaran aktif, Media Realia, Minat Belajar
ABSTRACT
Student are trained to learn actively and objectively and can experience themselves when carrying out learning activities, observing, and practicing. The creation of this experiencd can increase studentd’ interest in learninf. Media can increase students’ interes in learning and they will more easily accept the metarial presented. In connection with the use of this media, fiqih subject educators use actife learning with lecture and practice metdhod throught realia media in learning fiqih with congregational prayer metarial. The focus of this research is to determine the step, implementation and results of active learning through realia media on interest in learning fiqih class 2 students at MI Kebokicak Dapur Kejambon Jombang. The researcher chose a qualititative research method with a case in detail regarding the background of the situation being discussed. In case study research, researchers use data collection tecniques through interviews, observation and documentation. The results of the research stated that some of the second grade student at MI Kebokicak responded well during lessons, this was seen in terms of the students’ activeness who were willing to simultanesously answer questions from the teacher, were willing to practice prayer and listened to the teacher’s explanation even though sometimes they were noisy, didn’t pay attention to explanations and talked to themselves. The results of active learning throught realia media on students interest in learning in fiqih class 2 MI Kebokicak Dapurkejambon Jombang are that it can change the class to be less monotonous, students are more active and fully involved in the learning process, and teach students to apply or practice directly like this. Can be useful for educators to carry out evaluations.
Keyword: active learning, Media Realia, Interest In learning.