IMPLEMENTASI MATEMATIKA MODEL RME DENGAN MEDIA RODA PUTAR DALAM MENGATASI KEJENUHAN SISWA

Authors

  • Refita Firdausi Fitri IAI Bani Fattah
  • Muhammad Asrori Mahsum IAIBAFA

Keywords:

Bangun Datar, Matematika, Media Roda Putar, Realistic Mathematic Education, RME

Abstract

ABSTRAK

Model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) dalam pelajaran matematika digunakan untuk membuat para siswa terbiasa belajar dengan berdiskusi dan musyawaroh. Sehingga mereka bisa berpikir kritis tentang apa yang mereka pikirkan, dan fahami. Sedangkan media roda putar adalah media yang digunakan untuk membuat para siswa mudah mengaitkan konsep matematika dengan kehidupan sehari-hari dan juga membuat para siswa berperan aktif dalam pembelajaran. Untuk melakukan penelitian ini, pendekatan kualitatif digunakan dan Jenis penelitian ini adalah studi kasus. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang (1) penggunaan, (2) langkah-langkah serta (3) kelebihan dan juga kekurangan model pembelajaran RME dengan media roda putar untuk mengajar matematika di MI Roudlotul Banat Pereng Sepanjang Sidoarjo, khususnya materi bangun datar, di kelas IV. Namun nyatanya beberapa siswa tidak terlibat aktif dalam pembelajaran dan masih kesulitan dalam memecahkan konsep yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.. hal ini disebabkan karena berbagai faktor seperti siswa tidak memperhatikan karena jenuh dengan rutinitas kelas yang monoton atau dari siswa sendiri yang memang malas dalam mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini akan  memastikan, bahwa peserta didik dapat terlibat secara aktif dalam pembelajaran dan menikmati proses pembelajaran yang tidak monoton dengan cara yang menarik dan relevan.

Kata Kunci : Bangun Datar, Matematika, Media Roda Putar Realistic Mathematic Education (RME)

 

ABSTRACT

The Realistic Mathematic Education (RME) learning model in mathematics lessons is used to make students accustomed to learning through discussion and deliberation. So they can think critically about what they think and understand. Meanwhile, the spinning wheel media is a medium used to make it easy for students to relate mathematical concepts to everyday life and also makes students play an active role in learning. To conduct this research, a qualitative approach was used and the type of this research was a case study. The main objective of this research is to find out about (1) the use, (2) steps and (3) the advantages and disadvantages of the RME learning model using a rotating wheel as a medium for teaching mathematics at MI Roudlotul Banat Pereng Throughout Sidoarjo, especially the material on flat figures, in class IV. However, in fact, some students are not actively involved in learning and still have difficulty solving concepts related to everyday life. This is due to various factors, such as students not paying attention because they are bored with the monotonous class routine or the students themselves being lazy in following along. learning. Therefore, this research will ensure that students can be actively involved in learning and enjoy a non-monotonous learning process in an interesting and relevant way.

Keywords : Flat Figures, Mathematics, Rotating Wheel Media Realistic Mathematic Education (RME)

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-03-31

How to Cite

Firdausi Fitri, R. ., & Asrori Mahsum, M. . (2024). IMPLEMENTASI MATEMATIKA MODEL RME DENGAN MEDIA RODA PUTAR DALAM MENGATASI KEJENUHAN SISWA . Abnauna: Jurnal Ilmu Pendidikan Anak, 3(1), 68–76. Retrieved from https://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/Abnauna/article/view/2608

Issue

Section

Articles