PEGARUH PENGGUNAAN METODE INQUIRI DENGAN MEDIA ALAT PERAGA BANGUN RUANG PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VI MI MUHAMMADIYAH 4 KEDUNGLOSARI TEMBELANG JOMBANG
Keywords:
Model Inquiri, Alat Peraga Bangun Ruang, Minat BelajarAbstract
Proses pembelajaran matematika memerlukan metode pembelajaran yang efektif supaya dapat meningkatkan minat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang menitik beratkan pada keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran adalah metode inquiri dan penggunaan alat peraga bangun ruang di MI Muhammadiyah 4 Kedunglosari Tembelang Jombang. Terdapat tiga permasalahan dalam penelitian ini, yakni: (1) pengaruh metode inquiri pada pembelajaran matematika terhadap minat belajar siswa kelas 6 MI Muhammadiyah 4 Kedunglosari, Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang?, (2) Bagaimana pengaruh media alat peraga bangun ruang pada pembelajaran matematika terhadap minat belajar siswa kelas 6 MI Muhammadiyah 4 Kedunglosari, Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang?, (3) Bagaimana pengaruh metode inquiri dengan media alat peraga bangun ruang pada pembelajaran matematika terhadap minat belajar siswa kelas 6 MI Muhammadiyah 4 Kedunglosari, Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang? Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode inquiri berpengaruh terhadap minat belajar siswa kelas 6 MI Muhammadiyah 4 Kedunglosari dengan nilai thitung 2,714. Penggunaan alat peraga berpengaruh terhadap minat belajar siswa kelas 6 MI Muhammadiyah 4 Kedunglosari dengan nilai thitung 4,676. Kombinasi metode inquiri dengan alat peraga bangun ruang berpengaruh terhadap minat belajar siswa kelas 6 MI Muhammadiyah 4 Kedunglosari dengan nilai thitung 48,276.