UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INTEGRATED KELAS V MI TARBIYATUL HUDA

Authors

  • Wiwin Kurniawati Institut Agama Islam Bani Fattah Jombang Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52431/jurnalilmupendidikananak.v1i1.1887

Keywords:

Thematic Learning Outcomes, Integrated Learning

Abstract

Model Pembelajaran Terpadu merupakan pendekatan yang menggabungkan beberapa mata pelajaran baik dari segi materi ajar, kecakapan hidup, dan segala hal yang berkaitan dengan konteks dunia nyata. Pembelajaran ini juga bervariasi dalam hal bakat, minat, atau kemampuan siswa. Dalam model ini guru harus menguasai pembelajaran yang mengacu pada suatu masalah atau proyek. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan model integrasi untuk kelas V Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Huda?, (2) Bagaimana penerapan model integrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Huda?, (3) Bagaimana hasil belajar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Huda?. Penelitian dalam tesis ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan observasi (observasi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penerapan model pembelajaran Terpadu dalam pembelajaran tematik kelas V subtema Pengaruh Panas Terhadap Kehidupan meliputi pembuatan penilaian yang mengacu pada 2 ranah yaitu berbasis proyek dan berbasis masalah . Yaitu dengan memberikan tugas penelitian dengan tema konduktor dan isolator. (2) Penerapan model pembelajaran Terpadu untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Tarbiyatul Huda Banjardowo Jombang Pada siklus 1 berada pada kategori Praktek Lagi. Dan. Pada siklus 2 dikategorikan Cukup Baik. Sedangkan penilaian proses siklus I mencapai interval 2,0 hingga 2,76 dan siklus II mencapai interval 2,76 hingga 3,51. Terjadi peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2. (3) Hasil belajar tematik dengan penerapan model pembelajaran Terpadu tergolong sangat baik. Hasil penelitian ini dapat dilihat dari rata-rata pre-test dan post-test, dimana nilai pre-test 46,66% sedangkan nilai Post-test 93,33%. terjadi peningkatan yang sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-01-12

How to Cite

Kurniawati, W. (2022). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INTEGRATED KELAS V MI TARBIYATUL HUDA. Abnauna: Jurnal Ilmu Pendidikan Anak, 1(1), 40–51. https://doi.org/10.52431/jurnalilmupendidikananak.v1i1.1887

Issue

Section

Articles