Ikan laut dalam QS. An-Nahl Ayat 14 Perspektif Fakhruddin Ar-Razi dan Kementrian Kesehatan RI

Authors

  • Apsari Arisanti Elfreda Institut Agama Islam Bani Fattah Jombang Indonesia
  • Bashirotul Hidayah Institut Agama Islam Bani Fattah Jombang Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52431/ushuly.v3i2.2964

Keywords:

Fakhruddin Ar-Razi, Ikan Laut, Kementrian Kesehatan RI

Abstract

Penelitian ini membahas tentang ikan laut dalam QS. An-Nahl ayat 14, dengan penekanan pada tafsiran Mufassir Fakhruddin ar-Razi dan panduan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan manfaat gizi ikan laut sebagaimana dijelaskan dalam tafsir ar-Razi serta mengaitkannya dengan rekomendasi kesehatan kontemporer dari Kementerian Kesehatan RI. Fakhruddin ar-Razi dalam tafsirnya menyoroti ikan laut sebagai salah satu nikmat Allah yang harus dimanfaatkan dengan baik karena kandungan gizinya yang tinggi. Analisis dari perspektif kesehatan menunjukkan bahwa ikan laut kaya akan protein, vitamin, mineral, dan asam lemak omega-3 yang penting untuk kesehatan jantung, perkembangan otak, dan pencegahan penyakit kronis. Kajian ini juga mengeksplorasi keselarasan antara nilai-nilai religius dan ilmiah, serta implikasinya bagi peningkatan konsumsi ikan laut di masyarakat Indonesia. Dengan mengintegrasikan pandangan keagamaan dan sains modern, skripsi ini berharap dapat memberikan kontribusi dalam upaya peningkatan kesadaran dan edukasi gizi yang berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah bin Muhammad. 2003. Lubaabut Tafsiir Min Ibni Katsiir, Terj. M. Abdul Ghoffar. Bogor: Pustaka Imam Asy-Syafi’i.

Adz-Dzahabi, Muhammad Husain. 2004. Tafsir Wa Al- Mufassirun. Kairo: Maktabah Wahbah.

Al-Imam Muhammad Fakhruddin Ibnu al-‘Allamah Dhiya’uddin Umar. 1981. Tafsir Al-Fakhru Ar-Razi Al-Musytahir Bi At-Tafsir Al-Kabir Wa Mafatihul Ghaib Juz 10. Beirut: Darul Fikr.

Al-Qattan, Manna’ Kholil. 2007. Mabahis fi ‘Ulum Al-Qur’an. Kairo: Makabah Wahbah.

Al-Shobuni. 1987. Pengantar Study al-Qur’an, Terj. Muhammad Umar dan Muhammad Masna HS. Bandung: al- Ma’arif.

Alya Husdi, Dang Salsabila. 2023. “Keanekaragaman Hayati Laut Indonesia”. ResearchGate.

Amira, Khansa. “Jenis-jenis Ikan Laut yang Enak untuk Dikonsumsi dan Rekomendasi Masakannya” dalam https://www.gramedia.com/best-seller/jenis-jenis-ikan-laut-yang-enak-untuk-dikonsumsi/

Andhikawati, Aulia. dkk. 2021. “Review: Komposisi Gizi Ikan Terhadap Kesehatan Tubuh Manusia”. Jurnal Marinade. Vol. 5. No. 2: 76-88.

Armas, Adnin. 2020. Fakhr al-Din al-Razi: Biografi Ulama Ensiklopedis. Jakarta: Nala Publishing House.

As-Shiddiqie, M. Hasbi. 1989. Pengantar Ilmu al- Qur’an dan Tafsir. Jakarta: Bulan Bintang.

Atillah, Rahma. 2023. “Jenis-Jenis Kandungan Mineral Pada Ikan dan Manfaatnya” dalam https://www.kompas.com/skola/read/2023/12/01/200000569/jenis-jenis-kandungan-mineral-pada-ikan-dan-manfaatnya

Az-Zuhaili, Wahbah. 2013. Tafsir Al-Munir Jilid 7, Terj. Abdul Hayyie Al-Kattani, dkk. Jakarta: Gema Insani.

Baidan, Nasiruddin. 1998. Metodologi Penafsiran Al-Qur’an. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bontjura, Sofriani D. dkk. 2019. “Kandungan Lemak Dan Komposisi Asam Lemak Omega-3 Pada Ikan Kakap Merah (Aphareus furca)”. Jurnal Chesmistry Progress. Vol. 12. No. 2.

Dasuki, Hafizh. 1994. Ensiklopedi Islam. Jakarta: Ichtiar Baru Van Houve.

Dinas Kesehatan Kota Banjar. 2022. “5 Jenis Ikan Bergizi Tinggi” dalam https://dinkes.banjarkota.go.id/5-jenis-ikan-bergizi-tinggi/

Diskominfo-Informatika. 2023. “Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Gemar Konsumsi Ikan, Bupati Mojokerto Buka Raker Forikan 2023” dalam https://mojokertokab.go.id/detail-berita/tingkatkan-kesadaran-masyarakat-gemar-konsumsi-ikan-bupati-mojokerto-buka-raker-forikan-2023-1685344967

Djunaidah, Iin Siti. 2017. “Tingkat Konsumsi Ikan di Indonesia: Ironi di Negeri Bahari”. Jurnal Penyuluhan Perikanan dan Kelautan. Vol. 11. No. 1.

Effendi. 2003. Telaah Kualitas Air Bagi Pengelolaan Sumber Daya dan Lingkungan Perairan. Yogyakarta: Kanisius.

Habibie, Ado Maulana. 2018. Skripsi: “Tinjauan Mengenai Kegiatan Penangkapan Ikan Berlebih/Overfishing Terhadap Pembangunan Perikanan Berkelanjutan di Indonesia”. Jakarta: Unversitas Indonesia.

Harris, Mochammad. “Wow, Ternyata Ini Daftar Samudra Terbesar di Dunia” dalam https://www.gramedia.com/literasi/daftar-samudera-terbesar-di-dunia/

Ichwan, Muhammad Nor. 2001. Memasuki Dunia Al-Qur’an. Semarang: Lubuk Raya.

Ismadi. 2021. “Inovasi Peningkatan Daya Saing Produk Perikanan” dalam https://nusantaramaritimenews.id/berita/inovasi-meningkatkan-daya-saing-produk-perikanan

Kaida’, Junita. Eternal Tangke Toban. 2023. “Inovasi Pendidikan Dan Pelatihan Sumber Daya Di Daerah Pesisir”. Sensistek: Riset Sains Dan Teknologi Kelautan. Vol. 6. No. 2.

Kainama, Tamara L.J. dkk. 2019. “Nilai EkonomiIkan Pelagis Hasil Tangkapan Nelayan Di Perairan Teluk Youtefa, Kota Jayapura”. Jurnal Ilmu Kelautan dan Perikanan Papua. Vol. 2. No. 2.

Kantor Komunikasi Publik Universitas Padjajaran. 2020. “Indonesia Bisa Sejahtera dari Sektor Ekonomi Kelautan” dalam https://www.unpad.ac.id/2020/08/indonesia-bisa-sejahtera-dari-sektor-ekonomi-kelautan/

Makarim, Fadhli Rizal. 2023. “5 Jenis Ikan Laut Penuh Nutrisi Yang Rasanya Lezat” dalam https://www.halodoc.com/artikel/5-jenis-ikan-laut-penuh-nutrisi-yang-rasanya-lezat

Mansur, Muhammad. 2019. Tafsir Mafatih Al-Ghaib (Historisitas dan Metodologi). Sleman: Lintang Books.

Matondang, Silvia Elastari. 2022. “Perbedaan Kadar Protein Ikan Air Tawar Dan Ikan Air Laut”. Jurnal Lavoisier Chemistry Education Journal. Vol. 1. No. 1.

Mery Watt, W. Montgo. 1991. Pengantar Studi Islam, Terj. Taufik Adnan Amal. Jakarta: Rajawali Press.

Nurulludin. 2022. “Indeks Keanekaragaman Jenis Ikan Demersal Di Laut Arafura”. Jurnal Penelitian Perikanan Indonesi. Vol. 28. No. 4.

Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 18 Tahun 2021 Tentang “Penempatan Alat Penangkapan Ikan dan Alat Bantu Penangkapan Ikan di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia dan Laut Lepas Serta Penataan Andon Penangkapan Ikan”.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2023 Tentang “Penangkapan Ikan Terukur”.

Pertami, Nyoman Dati. Emmanuel Manangkalangi. 2018. Ekologi Reproduksi dan Pertumbuhan Ikan. Bogor: IPB Press Printing.

Pratama, Rusky I. dkk. 2011. “Komposisi Asam Lemak Ikan Tongkol, Layur, Dan Tenggiri Dari Pameungperuk Garut”. Jurnal Akuatika Universitas Padjajaran. Vol. 2. No. 2.

Rachmat, Nur. Yohanes. Adhytio Mahendra. 2021. “Klasifikasi Jenis Ikan Laut Menggunakan Metode SVM Dengan Fitur HOG Dan HSV”. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi. Vol. 8. No. 4.

Ramlah. dkk. 2016. “Perbandingan Kandungan Gizi Ikan Nila Oreochromis niloticus Asal Danau Mawang Kabupaten Gowa dan Danau Universitas Hasanuddin Kota Makassar”. Jurnal Biologi Makassar (Bioma). Vol. 1. No. 1.

Romadhon, M Ryan. 2024. “Tafsir Mafatihul Ghaib: Kitab Pembela Paham Ahlussunah wal Jamaah”. NU Online.

Silaen, Srinatalia. 2022. “Kajian Komunitas Ikan Dalam Aplikasinya Bidang Ekologi Perairan”. Jurnal Visi Eksakta. Vol. 3. No. 2.

Sinaga, Tatang Mulyana. 2022. “Inovasi Teknologi Berpeluang Tingkatkan Produksi Perikanan Budidaya” dalam https://www.kompas.id/baca/humaniora/2022/01/27/inovasi-teknologi-berpeluang-tingkatkan-produksi-perikanan-budidaya.

Sukarsa, Dadi R. 2004. “Studi Aktivitas Asam Lemak Omega-3 Ikan Laut pada Mencit Sebagai Model Hewan Percobaan”. Buletin Teknologi Hasil Perikanan. Vol. 7. No. 1.

Thayyarah, Nadiah. 2014. Mausu’ah Al-I’jaz Al-Qur’ani, Terj. M Zaenal Arifin, dkk, “Buku Pintar Sains Dalam Al-Qur’an mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah”. Jakarta: Zaman.

Tim Penulis Bebeclub. 2022. “13 Jenis Makanan yang Mengandung Omega-3 Tinggi” dalam https://bebeclub.co.id/artikel/nutrisi/1-tahun/manfaat-omega-3-dari-7-sumber-makanan

Tim Promkes RSST - RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten. 2023. ”Manfaat Ikan Laut” dalam https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/2695/manfaat-ikan-laut

Widianto, Wahyu Nur. dkk. 2015. “Pengaruh Suhu Pengolahan dengan Metode Steam Jacket Sederhana Terhadap Kualitas Minyak Hati Ikan Pari Mondol”. JPHPI Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro. Vol. 18. No. 1.

Widyawati. 2018. “Bersama Sediakan Ikan Berkualitas Berbasis Pangan Lokal dan Bergizi”, dalam https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/umum/20181011/2728274/bersama-sediakan-ikan-berkualitas-berbasis-pangan-lokal-dan-bergizi/

Wikipedia Bahasa Indonesia, Ensiklopedia Bebas. 2024. “Ikan Laut Dalam” dalam https://id.wikipedia.org/wiki/Ikan_laut_dalam

Wikipedia Ensiklopedia Bebas. 2023. “Ray, Iran” dalam https://id.wikipedia.org/wiki/Ray,_Iran.

Yogiswara, I Gusti Ngurah Agung. I Ketut Sutrisna. 2021. “Pengaruh Perubahan Iklim Terhadap Hasil Produksi Ikan Di Kabupaten Badung”. E Jurnal EP Unud. Vol. 10. No. 9.

Downloads

Published

2024-07-25

How to Cite

Elfreda, A. A., & Hidayah, B. (2024). Ikan laut dalam QS. An-Nahl Ayat 14 Perspektif Fakhruddin Ar-Razi dan Kementrian Kesehatan RI. Ushuly: Jurnal Ilmu Ushuluddin, 3(2), 138–165. https://doi.org/10.52431/ushuly.v3i2.2964

Issue

Section

Articles