Eksistensi Kecerdasan Akal Dalam Al-Qur’an

Studi Tematik Tafsir Al-Manar

Authors

  • Farhan Masrury Institut Agama Islam Bani Fattah Jombang Indonesia
  • Afifah Wardah Institut Agama Islam Bani Fattah Jombang Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52431/ushuly.v3i2.2762

Keywords:

Akal, Muhammad Abduh,Tafsir Al-Manar

Abstract

Ada tiga fokus permasalahan dalam penelitian ini, yakni: (1)  bagaimana eksistensi kecerdasan akal perspektif Tafsir Al-Manar?, (2) bagaimana penafsiran ayat-ayat al-Qur’an tentang konsep dan fungsi keberadaan akal menurut Muhammad Abduh dalam Tafsir Al-Manar?, (3) bagaimana kontribusi akal karya Muhammad Abduh dalam tafsir ayat-ayat tentang akal?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna kecerdasan dan proses akal dalam mengkonsep dan berfungsi atas perwujudannya serta penafsiran dan kontribusi Muhammad Abduh dalam ayat-ayat tentang akal. Jenis penelitian ini adalah studi kepustakaan (library research) dengan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik analisis data dilakukan dengan menetapkan tokoh yang dikaji, menginventaris dan menyeleksi data, mengklasifikasi dan mengkaji, menganalisis kemudian menyimpulkan. Pendekatan kualitatif ini menerapkan pendekatan deskriptif-analitis. Hasil penelitian ini menunjukkan, (1) kecerdasan intelektual sangatlah penting untuk terus dikembangkan dan tingkatkan sehingga dapat existere dalam keberlangsungan hidup manusia, bahkan menurut Muhammad Abduh, perbedaan manusia tidak lagi ditentukan oleh ketakwaannya, tetapi oleh kekuatan akalnya. (2) Akal juga berfungsi sebagai instrumen yang dapat membedakan mana perkara yang baik dan buruk, dalam memahami rahasia-rahasia dari hukum serta faidah yang telah disyari’atkan oleh Allah SWT sehingga dapat menjadi muslim yang kaffah. (3) Akal dapat mengetahui adanya Tuhan dan sifat-sifat Allah SWT.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abduh, Muhamad. 1366 H. Risalat al-Tawhid. Kairo: Dar al-Manar.

Abduh, Muhammad. 1420 H. Tafsir Al-Qur’an Al-Hakim bi Tafsir Manar. Juz 9. Beirut. Dar al-Kutub al-Ilmiyah.

Abdullah, H. Amin. 2003. Arah Baru Metode Penelitian Tafsir dalam Islam qusmian, Khazanah Tafsir Indonesia dari Hermeneutika hingga Idiologi. Jakarta. Teraju.”

Al-Thabataba’i, Muhammad. Al-Mizan”fi Tafsir Al-Qur’an. Beirut. Mu’assasat Al-A’la.

Bin Abd Allah al-Alusi, Shihab al-Din Mahmud. Ruh al-Ma‘ani fi Tafsir al-Qur’an al-‘Adzim wa al-Sab‘ al-Mathani. Beirut. Dar Ihya al-Turath al-Arabi.

Bin Umar bin Muhammad al-Shirazi al-Baydlawi, Nasir al-Din Abu Said Abd Allah. Anwar al-Tanzil wa Asrar al-Ta’wil. Beirut. Dar al-Kutub al-Ilmiyah.

Gardner, Howard. 2006. Changing Minds. New York. Hardvard Business School Press.

Hanafi, Hasan. 1989.”Al-Yamin wa Al Yasar Fi Al-Fikr Al-Diniy. Mesir. Madbuliy.”

Ibnu Hamzah al-Hanafi, Ad-Damsyiqi. 2003. al-Bayan wa at-Ta’rif fi Asbabi Wurud al-Hadist as-Syarif. Asbabul Wurud Latar Belakang Historis Timbulnya Hadits-Hadits Rasul. Terj. Zafrulah dan M. Suwarta Wijaya. Jakarta. Kalam Mulia.

Icih Kurniasih, dan Budi Manfa’at. 2017.“Pengaruh”Emotional Quotient (EQ) Terhadap Kreativitas Berpikir Matematika Siswa” (Studi Kasus Di Kelas VIII SMPN 4 Kota Cirebon. Cirebon. Jurnal Ilmu.

Labola, Yostan Absalom. 2018. “Perpaduan”Kecerdasan Intelektual (Ke), Emosional (Ke) Dan Spiritual (Ks) Kunci Sukses Bagi”Remaja-Kajian Konseptual”. Vol. 8. Jakarta. Share Social Work Jurnal.

M. M. Syarif M.A. 1963.”Para Filosof Muslim. Terj. Ilyas Hasan dari Buku The Philosophers. Bandung. Mizan.”

Madjid, Nurcholis. 1984. Khazanah Intelektual Islam. Jakarta. Bulan”Bintang.

Makrum. 2009. Teologi Rasional: Telaah atas Pemikiran Kalam Muhammad Abduh. Mataram. Ulumuna Jurnal Studi Keislaman. Vol. XIII. No. 2.

Mujib, Abdul. 2002. Nuansa-Nuansa Psikologi Islami. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Nasution, Harun. 1987. Muhammad”Abduh dan Teologi Rasional Mutazilah. Jakarta. UI Press.”

Nur Mufidah, Luk Luk. 2012. Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual (IESQ) Dalam Prespektif Al-Qur’an. Vol. 1. Bandung. At-Tajdid.

Rahmah, Siti. 2008. Teori Kecerdasan Majemuk Howard Ggardner dan Pengembangannya padda Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol. V, No. 1.

Saefuddin Anshori, Endang. 1987. Ilmu Filsafat dan Agama. Surabaya. Bina Ilmu.

Skripsi. Aiman Syarif. 2016. Konsep Akal Menurut Muhammad Abduh dan Implikasinya dalam Pendidikan Islam. Surakarta. UMS.

Skripsi. Fitri Rohani.2018. Akal Sebagai Instrumen Belajar Manusia Dalam Tafsir Al-Misbah. Medan. UIN Sumatera Utara.

Skripsi. Rian Ardiansyah. 2018. Konsep Akal Dalam Tafsir Misbah. Lampung. UIN. Raden Intan.

Taufik, Pasiak. 2003. Revolusi IQ/EQ/SQ Antara Neurosains Dan Al-Qur’an. Bandung. Mizan.

Yusuf ‘Ali, Abd Allah. 1938. The Holy”Quran: Text, Translation and Commentary. Lahore. Shaykh Muhammad Ashraf.

Yusuf, Burhanuddin. 2013. Akal”dalam Al-Qur’an, dalam Sulesana. Vol VIII.

Downloads

Published

2024-07-03

How to Cite

Masrury, F., & Wardah, A. (2024). Eksistensi Kecerdasan Akal Dalam Al-Qur’an : Studi Tematik Tafsir Al-Manar. Ushuly: Jurnal Ilmu Ushuluddin, 3(2), 102–121. https://doi.org/10.52431/ushuly.v3i2.2762

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)