Harmonisasi Pengetahuan Keislaman

Pandangan M. Amin Abdullah tentang Integrasi Ilmu dalam Islam

Authors

  • Rizki Amrillah Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka Jakarta
  • Deviyani Vionita Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka Jakarta
  • Muhammad Rayhan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.52431/tafaqquh.v12i1.2708

Keywords:

Integrasi ilmu-ilmu keislaman, Perspektif, M. Amin Abdullah

Abstract

Integrasi ilmu-ilmu keislaman merupakan isu yang penting dalam pemikiran Islam kontemporer. Tujuan penelitian membahas perspektif M. Amin Abdullah mengenai integrasi ilmu-ilmu keislaman, termasuk definisi, landasan filosofis, dan aplikasi praktisnya dalam konteks kontemporer. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian studi literature.  Studi  literatur pada  penelitian  ini adalah  serangkaian  kegiatan  yang  berkenaan  dengan  metode pengumpulan  data  pustaka,  membaca  dan  mencatat,  serta  mengelola  data  penelitian  secara  obyektif, sistematis,  analitis,  dan  kritis. Hasil dari penelitian menegaskan konsep integrasi ini tidak hanya menggabungkan ilmu-ilmu agama, tetapi juga ilmu-ilmu dunia modern. Dengan landasan filosofis tauhid dan fitrah, M. Amin Abdullah menegaskan bahwa tidak ada konflik antara ilmu-ilmu keislaman dan ilmu-ilmu dunia. Sebaliknya, integrasi ilmu-ilmu tersebut mencerminkan pemahaman yang lebih dalam tentang kebenaran yang bersumber dari Sang Pencipta. Dalam konteks praktis, integrasi ilmu-ilmu keislaman memiliki berbagai aplikasi, termasuk dalam pendidikan, pengembangan masyarakat, riset dan inovasi, serta layanan kesehatan dan kesejahteraan. Pendekatan integratif ini membawa manfaat yang signifikan dalam menciptakan masyarakat Muslim yang berdaya dan mampu menjawab tantangan-tantangan kontemporer dengan bijaksana.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Amin. “Agama, Ilmu Dan Budaya: Paradigma Integrasi-Interkoneksi Keilmuan.” Universitas Gajah Mada. Yogyakarta, August 17, 2013.

———. Islamic Studies: Dalam Paradikama Integrasi-Interkoneksi (Sebuah Antologi). SUKA Press, 2007.

———. Islamic Studies Di Perguruan Tinggi: Pendekatan Integratif Interkonektif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

Abudin Nata, Haji. Integrasi Ilmu Agama Dan Ilmu Umum. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2005.

Jhon M. Echols, and Hassan Shadily. Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: PT Gramedia, 2007.

LEMBAGA PENJAMINAN MUTU (LPM). Pedoman Integrasi Ilmu. UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI, 2019.

Mufid, Fathul. “Integrasi Ilmu-Ilmu Islam.” Jurnal IAIN Kudus 1, no. 1 (2013): 68.

———. “Integrasi Ilmu-Ilmu Kesulitan.” Jurnal IAIN Kudus 1, no. 1 (2013): 63.

Qomar, Mujamil. Merintis Kejayaan Islam Kedua: Merombak Pemikiran Dan Mengembangkan Aksi. Yogyakarta: Teras, 2012.

Sangkot, dkk. Sosialisasi Pembelajaran UIN Sunan Kalijaga 2019. Yogyakarta: Bagian Akademik UIN Sunan Kalijaga, 2019.

Siregar, Parluhutan. “INTEGRASI ILMU-ILMU KEISLAMAN DALAM PERSPEKTIF M. AMIN ABDULLAH.” MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 38, no. 2 (December 9, 2014). https://doi.org/10.30821/miqot.v38i2.66.

Yulanda, Atika. “EPISTEMOLOGI KEILMUAN INTEGRATIFINTERKONEKTIF M. AMIN ABDULLAH DAN IMPLEMENTASINYA DALAM KEILMUAN ISLAM .” UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 18, no. 1 (2019): 99.

Downloads

Published

2024-06-01

How to Cite

Amrillah, R., Vionita, D., & Rayhan, M. (2024). Harmonisasi Pengetahuan Keislaman : Pandangan M. Amin Abdullah tentang Integrasi Ilmu dalam Islam. Tafáqquh: Jurnal Penelitian Dan Kajian Keislaman, 12(1), 84–96. https://doi.org/10.52431/tafaqquh.v12i1.2708

Issue

Section

Article