Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Permainan Tradisioanal “Cublak-Cublak Suweng” di Madrasah Ilmu Al-qur’an Tembelang Jombang
DOI:
https://doi.org/10.52431/tafaqquh.v12i1.2712Keywords:
Speaking Skills, Madrasah Ilmu Al-qur’an Tembelang Jombang, Traditional GamesAbstract
This research aims to describe the application of speaking skills through the traditional game cublak cublak suweng as well as the advantages and disadvantages of this game in improving Arabic speaking skills. In this research, the researcher used descriptive qualitative research by explaining the stages of implementing the cublak cublak suweng game in Arabic speaking skills and the steps of the game. With this cublak cublak suweng game which makes female students more enthusiastic and active in learning, the female students' speaking skills tend to improve because they are more confident in expressing their opinions using Arabic with more fluent makhorijul letters than before and correct intonation. Meanwhile, the advantage of implementing this game is that female students are more enthusiastic, focused and active while learning speaking skills. On the other hand, the disadvantage of implementing the cublak cublak suweng game is that the sound of female students' laughter and cheering can disrupt the implementation of learning in other classes, and this game is still not considered a language learning program, but only as a distraction.
Downloads
References
Arifin, Ahmad. 2017. Peranan Permainan Bahasa Dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar Mata Pelajaran Bahasa Arab. Jurnal An-Nabighoh vol 19 no 2
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ardiyanto, Asep. 2018. Permainan Tradisional Sebagai Wujud Penanaman Nilai Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Kopen Vol 1 No 1
Kurniawati, Novia Indah dkk. 2022. The Use of Traditional game cublak cublak suweng to improve Arabic Vocabulary Achivements. Al Maqayis Jurnal Vol 9 No 21
Iskandar. 2009. Metodelogi Penelitian Kualitatif . Jakarta: Gaung Persada, cet. 1
Rosalinda. 2021. Pengaruh permainan bahasa terhadap pembelajarannbahasa Arab di Sekolah Dasar Negeri 09 Dewantara. Serambi Kontruktivis Vol 3 No 2
Ru’sman. 2011. Model-Model Pembelajaran, jakarta: Rajawali pers.
Sari, D. I. P., Setiani, M., Mugnianingsih, N. A., Ramadhan, S. A. R., Afiani, A., & Putri, P. 2021. Membangun Karakter Anak Melalui Permainan Ampar-Ampar Pisang Berbasis Kearifan Lokal Dengan Metode Sariswara. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, Vol 8 No 1
Tarigan, Henry Guntur. 2021. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer, Jakarta: Bumi Aksara, Cet ke-II
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Oktavia Ratnaningtyas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pemberitahuan Hak Cipta
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Tafaqquh: Jurnal penelitian dan kajian Keislaman yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada CONTACT.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Tafaqquh: Jurnal penelitian dan kajian Keislaman bersifat akademik. Tafaqquh: Jurnal penelitian dan kajian Keislaman tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.