Relevansi Pemikiran Al-Ghazali, Ibnu Sina, dan Al-Farabi Sebagai Solusi Terhadap Krisis Moral dan Intelektual Generasi Digital
DOI:
https://doi.org/10.52431/tafaqquh.v13i2.4094Keywords:
Al-Ghazali, Ibnu Sina, Al-Farabi, krisis moral, generasi digital, pendidikan IslamAbstract
Penelitian ini mengkaji relevansi pemikiran pendidikan Al-Ghazali, Ibnu Sina, dan Al-Farabi sebagai landasan konseptual dalam menghadapi krisis moral dan intelektual generasi digital. Dengan menggunakan metode deskriptif-analitis melalui studi pustaka, penelitian ini mensintesiskan gagasan filosofis ketiganya yang menekankan integrasi antara rasionalitas, moralitas, dan spiritualitas dalam pendidikan. Al-Ghazali memandang pendidikan sebagai proses penyucian jiwa (tazkiyatun nafs) yang bertujuan membentuk akhlak mulia dan kematangan spiritual. Ibnu Sina menitikberatkan pendidikan pada pengembangan potensi manusia melalui pendekatan rasional, moral, dan sesuai tahap perkembangan untuk mencapai al-insan al-kamil (manusia sempurna). Sementara itu, Al-Farabi melihat pendidikan sebagai instrumen pembentukan al-madinah al-fadhilah (masyarakat utama) yang berlandaskan keadilan, ilmu, dan etika. Hasil kajian menunjukkan bahwa pemikiran ketiganya tetap relevan di abad ke-21 sebagai panduan dalam menyeimbangkan kemajuan intelektual dengan kesadaran etis dan tanggung jawab digital. Sintesis gagasan Al-Ghazali, Ibnu Sina, dan Al-Farabi memberikan kerangka filosofis sekaligus praktis bagi pembentukan generasi digital yang cerdas, berakhlak, dan berlandaskan nilai spiritual.
Downloads
References
Ahmad, Gunaldi. “Pemikiran Pendidikan Islam Menurut Al-Farabi.” JIEBAR: Journal of Islamic Education: Basic and Applied Research 1, no. 1 (2020): 48-64.
Akmal, Miftahul Jannah, dkk. “Membangun Potensi Melalui Pendidikan Anak: Perspektif Ibnu Sina dalam Islam.” Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 21, no. 2 (2024): 250–263.
Alfazri, M. Rafi, dkk. “Konsep Pendidikan dalam Perspektif Filsafat Islam Menurut Pemikiran Al-Farabi dan Relevansinya di Era Modern.” Reflection: Islamic Education Journal 1, no. 4 (2024): 140-153.
Apriani, Minten, dkk. “The Ibn Sina Perspective on Education Concept.” Jurnal Kajian Peradaban Islam 4, no. 2 (2021): 71-80.
Arsanti, Melian, dkk. “Tuntutan Kompetensi 4C Abad 21 dalam Pendidikan di Perguruan Tinggi untuk Menghadapi Era Society 5.0.” Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana. Semarang: Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 2022: 319-324.
Az-Zuhaili, Wahbah. Tafsir Al-Munir Aqidah, Syariah, dan Manhaj, Jilid 14 Jakarta: Gema Insani, 2013.
Diba Fauzia, Adel, dkk. “Peran Pendidikan Islam Dalam Mewujudkan Generasi Unggul dan Berkarakter.” Linuhung: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 1, no. 2 (2024): 140-153.
Fikri, M. Kamalul. Imam Al-Ghazali: Biografi Lengkap Sang Hujjatul Islam. Yogyakarta: Laksana, 2022.
Handriyanto, dkk. “Pengaruh Literasi Digital terhadap Moralitas Peserta Didik.” Jurnal Global Citizen 11, no. 2 (2022): 59–67.
Hasanah, Ida Faridatul, dkk. “Pemikiran Pendidikan Islam Perspektif Ibnu Sina dan Relevansinya di Era Modern.” Istighna 6, no. 1 (2023): 31-44.
Hilmansah, Deden. “Kajian Pemikiran Pendidikan Al-Farabi dalam Pendidikan Islam Kontemporer.” Jazirah: Jurnal Peradaban dan Kebudayaan 4, no. 2 (2023): 131-157.
Ibn Sina. Isyarat dan Perhatian (Al-Isyarat wa At-Tanbihat). Terj. Syihabul Furqon. Sumedang: Yayasan Al-Ma’arij, 2020.
Imam Al-Ghazali. Ihya Ulumuddin (Menghidupkan Kembali Ilmu-Ilmu Agama). Jilid 1. Alih bahasa Purwanto. Bandung: Penerbit Marja, 2020.
Kurniawati, Indriani, dkk., “Pemikiran Al-Ghazali Tentang Filsafat Pendidikan Islam Dan Pembentukan Karakter: Relevansinya Untuk Masyarakat, Tawshiyah: Jurnal Sosial Keagamaan dan Pendidikan Islam 18, no. 2 (2023): 57-72.
Madyan, dkk. “Konsep Akal dan Wahyu dalam Pemikiran Al-Farabi dan Fazlur Rahman.” JATP: Journal of Applied Transintegration Paradigm 5, no. 1 (2025): 163-176.
Maesak, Cantri, dkk. “Peran Pendidikan Islam Dalam Mengatasi Krisis Moral Generasi Z Di Era Globalisasi Digital.” Reflectiong: Islamic Educational Journal 2, no. 1 (2025): 01-09.
P, Intan Rosetya Viera, dkk. “Pandangan Filsafat Islam Terhadap Pendidikan Ilmu Pengetahuan; Analisis Pemikiran Ibnu Sina dan Al-Farabi.” Ihsan: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 3 (2024): 167-176.
Putri, Widia. “Pemikiran Al-Ghazali tentang Pendidikan dan Relevansinya dengan Dunia Pendidikan Modern.” Jurnal Pendidikan Tambusai 9, no. 1 (2025): 8814-8825.
Rohman, Miftaku. “Konsep Pendidikan Islam Menurut Ibn Sina dan Relevansinya dengan Pendidikan Modern.” Episteme 8, no. 2 (2013): 279-300.
Sahar, Ahmad. “Pandangan Al-Ghazali tentang Pendidikan Moral.” Jurnal An-Nur 6, no. 2 (2012): 204-224.
Su, Ahmad Ridlo, Ibnu Sina: Ilmuwan, Pujangga, Filsuf Besar Dunia. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia, 2020.
Ummah, Afdalul, dkk.,“Kritik Teologis Al-Ghazali terhadap Metafisika Filsuf Muslim” Tafaqquh: Jurnal Penelitian dan Kajian Keislaman 13, no. 1 (2025): 92-108.
Wiyono, M. “Pemikiran Filsafat Al-Farabi.” Substantia 18, no. 1 (2016): 67-80.
Wulandari, Fitria, dkk. “Konsep Pendidikan Holistik dalam Membina Karakter Islami”, Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan 5, no. 2 (2021): 157-180.
Yuliani, Antin Rista, dkk. “Religius-Rasional Ibnu Sina dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam Kontemporer.” Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia 3, no. 3 (2023): 523–548.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sekar Sianly, Nadia Nabila, Herlini Puspika Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pemberitahuan Hak Cipta
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Tafaqquh: Jurnal penelitian dan kajian Keislaman yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada CONTACT.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Tafaqquh: Jurnal penelitian dan kajian Keislaman bersifat akademik. Tafaqquh: Jurnal penelitian dan kajian Keislaman tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.


