Relevansi Pemikiran Al-Ghazali, Ibnu Sina, dan Al-Farabi Sebagai Solusi Terhadap Krisis Moral dan Intelektual Generasi Digital

Authors

  • Sekar Sianly Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Nadia Nabila Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Herlini Puspika Sari Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.52431/tafaqquh.v13i2.4094

Keywords:

Al-Ghazali, Ibnu Sina, Al-Farabi, krisis moral, generasi digital, pendidikan Islam

Abstract

Penelitian ini mengkaji relevansi pemikiran pendidikan Al-Ghazali, Ibnu Sina, dan Al-Farabi sebagai landasan konseptual dalam menghadapi krisis moral dan intelektual generasi digital. Dengan menggunakan metode deskriptif-analitis melalui studi pustaka, penelitian ini mensintesiskan gagasan filosofis ketiganya yang menekankan integrasi antara rasionalitas, moralitas, dan spiritualitas dalam pendidikan. Al-Ghazali memandang pendidikan sebagai proses penyucian jiwa (tazkiyatun nafs) yang bertujuan membentuk akhlak mulia dan kematangan spiritual. Ibnu Sina menitikberatkan pendidikan pada pengembangan potensi manusia melalui pendekatan rasional, moral, dan sesuai tahap perkembangan untuk mencapai al-insan al-kamil (manusia sempurna). Sementara itu, Al-Farabi melihat pendidikan sebagai instrumen pembentukan al-madinah al-fadhilah (masyarakat utama) yang berlandaskan keadilan, ilmu, dan etika. Hasil kajian menunjukkan bahwa pemikiran ketiganya tetap relevan di abad ke-21 sebagai panduan dalam menyeimbangkan kemajuan intelektual dengan kesadaran etis dan tanggung jawab digital. Sintesis gagasan Al-Ghazali, Ibnu Sina, dan Al-Farabi memberikan kerangka filosofis sekaligus praktis bagi pembentukan generasi digital yang cerdas, berakhlak, dan berlandaskan nilai spiritual.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Sekar Sianly, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Sekar Sianly adalah Mahasiwa Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Nadia Nabila, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Nadia Nabila adalah seorang mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Herlini Puspika Sari, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Herlini Puspika Sari adalah seorang dosen Filsafat Pendidikan Islam, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sulan Syarif Kasim Riau

References

Ahmad, Gunaldi. “Pemikiran Pendidikan Islam Menurut Al-Farabi.” JIEBAR: Journal of Islamic Education: Basic and Applied Research 1, no. 1 (2020): 48-64.

Akmal, Miftahul Jannah, dkk. “Membangun Potensi Melalui Pendidikan Anak: Perspektif Ibnu Sina dalam Islam.” Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 21, no. 2 (2024): 250–263.

Alfazri, M. Rafi, dkk. “Konsep Pendidikan dalam Perspektif Filsafat Islam Menurut Pemikiran Al-Farabi dan Relevansinya di Era Modern.” Reflection: Islamic Education Journal 1, no. 4 (2024): 140-153.

Apriani, Minten, dkk. “The Ibn Sina Perspective on Education Concept.” Jurnal Kajian Peradaban Islam 4, no. 2 (2021): 71-80.

Arsanti, Melian, dkk. “Tuntutan Kompetensi 4C Abad 21 dalam Pendidikan di Perguruan Tinggi untuk Menghadapi Era Society 5.0.” Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana. Semarang: Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 2022: 319-324.

Az-Zuhaili, Wahbah. Tafsir Al-Munir Aqidah, Syariah, dan Manhaj, Jilid 14 Jakarta: Gema Insani, 2013.

Diba Fauzia, Adel, dkk. “Peran Pendidikan Islam Dalam Mewujudkan Generasi Unggul dan Berkarakter.” Linuhung: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 1, no. 2 (2024): 140-153.

Fikri, M. Kamalul. Imam Al-Ghazali: Biografi Lengkap Sang Hujjatul Islam. Yogyakarta: Laksana, 2022.

Handriyanto, dkk. “Pengaruh Literasi Digital terhadap Moralitas Peserta Didik.” Jurnal Global Citizen 11, no. 2 (2022): 59–67.

Hasanah, Ida Faridatul, dkk. “Pemikiran Pendidikan Islam Perspektif Ibnu Sina dan Relevansinya di Era Modern.” Istighna 6, no. 1 (2023): 31-44.

Hilmansah, Deden. “Kajian Pemikiran Pendidikan Al-Farabi dalam Pendidikan Islam Kontemporer.” Jazirah: Jurnal Peradaban dan Kebudayaan 4, no. 2 (2023): 131-157.

Ibn Sina. Isyarat dan Perhatian (Al-Isyarat wa At-Tanbihat). Terj. Syihabul Furqon. Sumedang: Yayasan Al-Ma’arij, 2020.

Imam Al-Ghazali. Ihya Ulumuddin (Menghidupkan Kembali Ilmu-Ilmu Agama). Jilid 1. Alih bahasa Purwanto. Bandung: Penerbit Marja, 2020.

Kurniawati, Indriani, dkk., “Pemikiran Al-Ghazali Tentang Filsafat Pendidikan Islam Dan Pembentukan Karakter: Relevansinya Untuk Masyarakat, Tawshiyah: Jurnal Sosial Keagamaan dan Pendidikan Islam 18, no. 2 (2023): 57-72.

Madyan, dkk. “Konsep Akal dan Wahyu dalam Pemikiran Al-Farabi dan Fazlur Rahman.” JATP: Journal of Applied Transintegration Paradigm 5, no. 1 (2025): 163-176.

Maesak, Cantri, dkk. “Peran Pendidikan Islam Dalam Mengatasi Krisis Moral Generasi Z Di Era Globalisasi Digital.” Reflectiong: Islamic Educational Journal 2, no. 1 (2025): 01-09.

P, Intan Rosetya Viera, dkk. “Pandangan Filsafat Islam Terhadap Pendidikan Ilmu Pengetahuan; Analisis Pemikiran Ibnu Sina dan Al-Farabi.” Ihsan: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 3 (2024): 167-176.

Putri, Widia. “Pemikiran Al-Ghazali tentang Pendidikan dan Relevansinya dengan Dunia Pendidikan Modern.” Jurnal Pendidikan Tambusai 9, no. 1 (2025): 8814-8825.

Rohman, Miftaku. “Konsep Pendidikan Islam Menurut Ibn Sina dan Relevansinya dengan Pendidikan Modern.” Episteme 8, no. 2 (2013): 279-300.

Sahar, Ahmad. “Pandangan Al-Ghazali tentang Pendidikan Moral.” Jurnal An-Nur 6, no. 2 (2012): 204-224.

Su, Ahmad Ridlo, Ibnu Sina: Ilmuwan, Pujangga, Filsuf Besar Dunia. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia, 2020.

Ummah, Afdalul, dkk.,“Kritik Teologis Al-Ghazali terhadap Metafisika Filsuf Muslim” Tafaqquh: Jurnal Penelitian dan Kajian Keislaman 13, no. 1 (2025): 92-108.

Wiyono, M. “Pemikiran Filsafat Al-Farabi.” Substantia 18, no. 1 (2016): 67-80.

Wulandari, Fitria, dkk. “Konsep Pendidikan Holistik dalam Membina Karakter Islami”, Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan 5, no. 2 (2021): 157-180.

Yuliani, Antin Rista, dkk. “Religius-Rasional Ibnu Sina dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam Kontemporer.” Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia 3, no. 3 (2023): 523–548.

Downloads

Published

2025-12-01

How to Cite

Sianly, S., Nabila, N., & Sari, H. P. (2025). Relevansi Pemikiran Al-Ghazali, Ibnu Sina, dan Al-Farabi Sebagai Solusi Terhadap Krisis Moral dan Intelektual Generasi Digital. Tafáqquh: Jurnal Penelitian Dan Kajian Keislaman, 13(2), 259–274. https://doi.org/10.52431/tafaqquh.v13i2.4094

Issue

Section

Article