KONSEP KESEIMBANGAN RANAH PENDIDIKAN DALAM KITAB TA’LIM MUTA’ALLIM
(Telaah Taksonomi Benjamin S. Bloom)
DOI:
https://doi.org/10.52431/tafaqquh.v10i2.1073Keywords:
balance, education field, ta'lim muta'allimAbstract
Abstract: Educational style that tends to be formalistic and only concerned with academic achievement, it is necessary to balance the cognitive, affective and psychomotor domains. With a research literature approach, it is found that the concept of education in the book of ta'lim muta'allim is actually a building of the concept of character education, which in the book covers at least three aspects, including character education to Allah, to fellow creatures and to oneself. This concept is in line with the cognitive, affective and psychomotor domains, where all three must be carried out in a balanced manner.
Downloads
References
Al Bakri, S. (2015). Kifâyah al-Atqiyâ wa Minhâj al-Ashfiyâ. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyah.
Al Bukh?r?, M. (2006). ?a??? al-Bukh?r? (Vol. VI). Beirut: Dar al-Fikr.
Al Zarnuji, I. (2008). Pedoman Belajar Bagi Penuntut Ilmu Secara Islami. Surabaya: Menara Suci.
Amin, M. (2015). Pendidikan Karakter Anak Bangsa. Yogyakarta: Calpulis.
Ayyub, H. (2005). Etika Islam Menuju Kehidupan Hakiki. Bandung: Trigenda Karya.
Basuki, & Ulum, M. (2007). Pengantar Ilmu Pendidikan Islam. Ponorogo: STAIN Po Press.
Degeng, N. (2013). Ilmu Pembelajaran: Klasifikasi Variabel untuk Pengembangan Teori dan Penelitian. Bandung: Kalam Hidup.
Enghof, H. (2009). What is Taxonomy? Soil Organisms, 81(3), 441-451.
Gunawan, H. (2012). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Hasan, S. (2013). Rahasia Sunnah (Menyingkap Hikmah Berharga dari Sunnah Nabi Muhammad). Surakarta: Al-Qudwah.
Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ismail, I. (2013). Syarh ta’lim al Muta’allim ‘ala thariqa ta’allum. Surabaya: Al Hidayah.
Khalid, N. (2004). Tarbiyah Rasulullah. Jakarta: Gema Insani.
Khazin, M. (2012). Konsep Jihad dan Aplikasinya. Surabaya: IAIN SA Press.
Magdalena dkk, I. (2020). Tiga Ranah Taksonomi Bloom Dalam Pendidikan. Jurnal Edukasi dan Sains, 2(1), 132-139.
Moleong, L. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosydakarya.
RI, K. (2019). Al-Qur'an dan Terjemahnya. Jakarta: Lembaga Pentashihan Mushaf Al-Qur'an.
Salim, S. (2008). Hakikat Tawadhu’ dan Sombong. Jakarta: Pustaka Syafii.
Sugiarto. (2012, Juli 13). Kenakalan Remaja di Indonesia Sudah Sangat Parah. Dipetik Januari 12, 2021, dari http://www.suaramerdeka.com/
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Surakhmad, W. (2013). Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung: Tarsito.
Zuchdi, D. (2013). Pendidikan Karakter (Konsep Dasar dan Implementasi Di Perguruan Tinggi). Yogyakarta: UNY Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Salis Irvan Fuadi, Robingun Suyud El Syam, Ngatoillah Linaja
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pemberitahuan Hak Cipta
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Tafaqquh: Jurnal penelitian dan kajian Keislaman yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada CONTACT.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Tafaqquh: Jurnal penelitian dan kajian Keislaman bersifat akademik. Tafaqquh: Jurnal penelitian dan kajian Keislaman tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.