SPIRITUAL EDUCATIONAL; MODEL PEMBELAJARAN DALAM MELEJITKAN KECERDASAN RUHANI ANAK
DOI:
https://doi.org/10.52431/tafaqquh.v9i2.491Keywords:
Spiritual Educational, Children's Spiritual IntelligenceAbstract
This study aims to examine the Spiritual Educational learning model to jump-start children's spiritual intelligence. The research approach used is descriptive qualitative with case study type. The research site is located in Sinar Harapan Kindergarten, Probolinggo City. Data collection techniques by means of interviews and in-depth observation. Meanwhile, data analysis techniques include data reduction, data display, and data verification. The results of the study indicate that the Spiritual Educational learning model applies several Islamic learning activities on a regular and structured basis to boost children's spiritual intelligence. The implication is that it takes a variety of activities and a fun approach to be able to jump-start children's spiritual intelligence.
Downloads
References
Ahsani, Eva luthfi Fakhru, and Nur Rufidah Azizah. “Implementasi Literasi Budaya Dan Kewargaan Untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial Siswa Madrasah Ibtidaiyah Di Tengah Pandemi.” Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan 11, no. 01 (2021): 7. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v11i01.10317.
Ansori, M. Subhan, and Siti Uswatun Kasanah. “Pemahaman Dan Keterampilan Ibadah Haji Bagi Peserta Didik, Guru, Dan Wali Murid Melalui Pembelajaran Praktek Manasik Haji Untuk Anak Usia Dini.” Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Nusantara 1, no. 1 (2019): 14–24.
Ariefin, Syamsul. “Wawancara.” In Kepala TK Sinar Harapan, 6, 2021.
———. “Wawancara.” In Kepala TK Sinar Harapan, 2021.
Asti, Inawati. “Strategi Pengembangan Moral Dan Nilai Agama Untuk Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Anak 3, no. 1 (2017): 51–64.
At-Tahrim. “Al Quran.” In Penerbit Jabal, 148:148–62, 2010.
Aziz, Safrudin. “Pendidikan Spiritual Berbasis Sufistik.” Dialogia: Jurnal Studi Islam Dan Sosial 15, no. 1 (2017): 131–50.
Busthomi, Yazidul. 2021. “SEBELAS MODAL AGAR MENJADI GURU YANG DICINTAI OLEH PESERTA DIDIKNYA”. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan 5 (2):181-200. https://doi.org/10.52431/murobbi.v5i2.372.
Fajariska, Aisya, Sutrisna, and Sri Nugroho Jati. “Pelaksanaan Pembelajaran Sholat Dhuha Melalui Metode Praktik Langsung Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Al-Karima Kabupaten Kubu Raya.” Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 2 (2017): 245. http://digilib.unila.ac.id/4949/15/BAB II.pdf.
Farida, Nugrahani. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Grasindo. Vol. 1, 2014. http://e-journal.usd.ac.id/index.php/LLT%0Ahttp://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/11345/10753%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.758%0Awww.iosrjournals.org.
Fatimah, Atin. “Prosiding Seminar Nasional Pg Paud Untirta 2017 Ketahanan Pangan Keluarga Dalam Rangka.” Seminar Nasional PAUD, no. 2017 (2017). http://semnaspgpaud.untirta.ac.id/index.php/%0Ae-ISSN.
Firdaus. “Membangun Kecerdasan Spiritual Islami Anak Sejak Dini.” Al-Dzikra 10, no. 1 (2016): 99–122.
Firdaus, Andrian. “Pembiasaan Membaca Asmaul Husna Dalam Menanamkan Pengetahuan Keagamaan Pada Anak Di SDIT Abata Lombok (NTB).” Jurnal Al-Amin; Kajian Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan 4 (2019): 115–36.
Fitriani, Laily. “Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Islami Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Berkisah.” In Proceedings of THe 3rd Annual Conference on Islamic Early Childhood Education, 247–56, 2018.
Hamid, Abdul, and Andi Fitriani. “Strategi Pendidikan Spiritual Dalam Mengantisipasi Dampak Globalisasi Pada Masyarakat.” Jurnal Al-Athfal 1, no. 2 (2019): 55–65.
Hani, Alya Amarul. “Evaluasi Pembelajaran Pada PAUD.” Care 7, no. 1 (2019): 52–56.
Hidayat, Taufik. “Pembahasan Studi Kasus Sebagai Bagian Metodologi Penelitian.” Jurnal Study Kasus, no. August (2019): 1–13. https://www.researchgate.net/publication/335227300_Pembahasan_Studi_Kasus_Sebagai_Bagian_Metodologi_Penelitian.
HMS, Deden. “FIS (Fun-Innovative-Spritual): Manajemen Pemasaran Di KB. Fun Islamic School Purworejo.” Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini 5, no. 1 (2020): 1–10. https://doi.org/10.14421/jga.2020.1-10.
Karjanto, Yusup. “Signifikasi Shalat Berjamaah Terhadap Kedisiplinan Siswa Di Madrasah Aliyah An-Nafiah Banjaran Baureno Bojonegoro.” EDURELIGIA: Jurnal Keagamaan Dan Pembelajarannya 2, no. 1 (2018): 36–48.
Mariana, Nina, Abdul Azis, and Iwan Setiawan. “Pengembangan Kecerdasan Spritual Anak Usia Dini Melalui Homeschooling.” Tarbiyah Al Aulad 4, no. 1 (2019): 27–44.
Mawaddah, Hafifah, and Nur Aini Zaida. “Efektivitas Program Sekolah Ramah Anak Dalam Pembentukkan Karakter Positif Pada Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun Di RA Labschool IIQ Jakarta.” Hamalatul Qur’an: Jurnal Ilmu-Ilmu Al Qur’an 2, no. 1 (2021): 1–6.
Mawardi, and Sri Indayani. “Peningkatan Hafalan Asmaul Husna Melalui Strategi Bernyanyi Pada Siswa SD Plus Muhammadiyah Subulussalam Kota Subulussalam.” Jurnal Pendidikan Indonesia 1, no. 2 (2020): 12–26.
Miles, Matthew B., A. Michael Huberman, and Johnny Saldana. “Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook, 3/E.” In Sage Publication, Third., 341. New York: SAGE Publications, 2013.
Nirwani Jumala, Nirwani Jumala, and Abubakar Abubakar. “Internalisasi Nilai-Nilai Spiritual Islami Dalam Kegiatan Pendidikan.” Jurnal Serambi Ilmu 20, no. 1 (2019): 160. https://doi.org/10.32672/si.v20i1.1000.
Nurlaili. “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Dengan Model Pembelajaran Sentra Di PAUD Mirage Gune.” Jurnal Al Fitrah 2, no. 1 (2018): 229–41.
Oktapiani, Marliza. “TINGKAT KECERDASAN SPIRITUAL DAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN.” Tadzhib Akhlak 01 (2020): 96.
Oktarina, V, and A T Nurtiani. “Peningkatan Kecerdasan Spiritual Anak Melalui Lagu-Lagu Islami Di Kelompok B Ra Al-Muslimat Lueng Bata Banda Aceh.” Jurnal Buah Hati III (2016). https://ejournal.bbg.ac.id/buahhati/article/view/545.
Qadafi, Muammar. “Kolaborasi Guru Dan Orang Tua Dalam Mengembangkan Aspek Moral Agama Anak Usia Dini.” AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak 5, no. 1 (2019): 1–19. www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/awlady.
Rahmadianti, Novia. “Pemahaman Orang Tua Mengenai Urgensi Bermain Dalam Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini.” Early Childhood?: Jurnal Pendidikan 4, no. 1 (2020): 57–64. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v4i1.717.
Rosmayanti, Ervi. “Upaya Penggunaan Model Pembelajaran Jarak Jauh Untuk Meningkatkan Aspek Spiritual Siswa SD 2 Medini.” Al Hikmah: Journal Of Education 1, no. 1 (2020): 85–92. http://yphn.ac.id/ejournal/index.php/Alhikmah/index.
S, Yulianti, and Prihatin Sulistyo. “Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Anak Usia Dini Bagi Guru-Guru Paguyuban POS PAUD Di Wilayah Tlogomas.” JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat) 3, no. 1 (2018): 239–45. https://doi.org/10.21067/jpm.v3i1.2664.
Sari, Novita, and Dessi Andriani. “Pengaruh Sholat Dhuha Terhadap Kecerdasan Spiritual Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun Di TK Ar-Rahmah Tanjung Atap.” PERNIK?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3, no. 2 (2020): 166. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i1.4185.
Slamet, Sri. “Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Mewarnai Dan Hafalan Al Quran.” Warta LPM 24, no. 1 (2020): 59–68. https://doi.org/10.23917/warta.v24i1.9917.
Sulandari, Santi, Mei Wijayanti, and Ria Dessy Pornama Sari. “Keterlibatan Lansia Dalam Pengajian: Manfaat Spiritual, Sosial, Dan Psikologis.” Indigenous 1, no. 2 (2017): 99–110.
Sum, Theresia Alviani, and Emilia Graciela Mega Taran. “Kompetensi Pedagogik Guru PAUD Dalam Perencanaan Dan Pelaksanaan Pembelajaran.” Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4, no. 2 (2020): 543. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287.
Suradarma, Ida Bagus. “Revitalisasi Nilai-Nilai Moral Keagamaan Di Era Globalisasi Melalui Pendidikan Agama.” Dharmasmrti: Jurnal Ilmu Agama Dan Kebudayaan 18, no. 2 (2018): 50–58. https://doi.org/10.32795/ds.v9i2.146.
Suyadi. “Cerdas Dengan Spiritual Educational Games.” In Saufa, 15, 2015.
Umami, Vivin. “Wawancara.” In Guru TK Sinar Harapan, 3, 2021.
Urfiani. “Wawancara.” In Guru TK Sinar Harapan, 4, 2021.
Utama, Ferdian. “ESQ Way 165: Alternatif Metode Pengembangan Kecerdasan Emosi Dan Spiritual Anak.” Journal of Early Childhood Care and Education 1, no. 1 (2018): 7. https://doi.org/10.26555/jecce.v1i1.59.
Wafiqni, Nafia, and Siti Nurani. “Model Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal.” Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam 1, no. 2 (2018). https://doi.org/10.31227/osf.io/yv5u2.
Wahyudi, Dedi, and Nelly Agustin. “AKIDAH AKHLAK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS NATURALISTIK EKSISTENSIAL SPIRITUAL PENDAHULUAN Berkembangnya Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Membawa Manusia Dalam Persaingan Global . Salah Satu Cara Yang Dapat Ditempuh Oleh Suatu Negara Agar.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 9, no. I (2018): 37–59.
Wardiningsih, S, S Sitinah, S Hutabarat, and ... “Efek Perlombaan Kreativitas Sebagai Upaya Meningkatkan Komunikasi Hubungan Personal AntarKeluarga-Keluarga Di TK Islam An-Nur Pada Masa Pandemi Covid ….” Jurnal Karya Untuk … 2, no. 2 (2021): 160–73. http://www.journal.starki.id/index.php/JKuM/article/view/621.
Wiyani, Novan Ardy. “Optimalisasi Kecerdasan Spiritual Bagi Anak Usia Dini Menurut Abdullah Nashih Ulwan.” ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 2017. https://doi.org/10.21043/thufula.v4i2.2009.
Wulandari, Fitria, Tatang Hidayat, and Muqowim. 2021. “KONSEP PENDIDIKAN HOLISTIK DALAM MEMBINA KARAKTER ISLAMI”. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan 5 (2):157-80. https://doi.org/10.52431/murobbi.v5i2.374.
Yusroh, Mufidah, Ellyana Ilsan, and Eka Putri. “Pelatihan Manasik Haji Pada Anak-Anak Bentuk Penanaman Nilai-Nilai Agama Usia Dini.” Abdi Kami: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2, no. 1 (2019): 50–60.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Mistria Harmonis, Tupliati Tupliati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pemberitahuan Hak Cipta
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Tafaqquh: Jurnal penelitian dan kajian Keislaman yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada CONTACT.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Tafaqquh: Jurnal penelitian dan kajian Keislaman bersifat akademik. Tafaqquh: Jurnal penelitian dan kajian Keislaman tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.