Penerapan Pembelajaran CO-OP CO-OP dengan Menggunakan Media Wingeom untuk Meningkatkan Penalaran Pembelajaran Siswa MI Tarbiyatul Huda

Authors

  • Intan Nadiroh Institut Agama Islam Bani Fattah, Jombang

DOI:

https://doi.org/10.52431/tafaqquh.v4i1.52

Keywords:

Learning CO-OP CO-OP, Media Wingeom, Increasing Reasoning Students

Abstract

Today the progress of science and technology requires a person can master the information and knowledge. Thus required an ability to obtain, select and process information. These abilities require critical thinking, systematic, logical and creative. Therefore we need an education program to develop the ability to think critically, systematic, logical and creative. One program that is necessary for it is mathematics. Mathematics is a subject that fosters students to think logically. This study aims to find and analyze the extent Application of Learning CO-OP CO-OP Using the Media to Enhance Reasoning students Wingeom MI Tarbiyatul Huda

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aqib, Zainal. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Yrama Widya, 2007.
Depdiknas. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2005.
Hudojo, Herman. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang (UM Press), 2005.
Isma, Nur. Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Directorat Jendral Pendidikan Ketenagaan, 2004.
Mastoni. Pengembangan Metode Improve Melalui Media Komputer Program Wingeom Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Geometri Dimensi Dua Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Kertosono Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi Tidak Diterbitkan. Jombang: STIKIP Jombang, 2010.
Moleong. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2006.
Mustangin. Dasar-Dasar Pembelajaran Matematika. Malang: FKIP Universitas Islam Malang, 2002.
Nurhadi, dkk. Pembelajaran Kontekstual Dan Penerapannya Dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang, 2004.
Rochminah, Sutji. Penggunaan Metode Penemuan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Mahasiswa Keguruan, (Online), (http:/www.metodepembelajarandiscovery.com, diakses 10 Januari 2010).
Rosidin, Kulafaur. Penerapan Pembelajaran Think Pair Shire (TPS) Dengan Menggunakan Media Flash Dan Power Point Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematika Siswa Kelas X SMA Wahid Hasym Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi Tidak Diterbitkan. Malang: Universitas Islam Malang, 2009.
S. Suhardjo, Supardi Arikunto. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Askara. 2008.
_______________________. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Sagala, Syaiful. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2005.
Sanjaya, Wina. Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Kencanas, 2006.
Shadiq, Fajar. Kemahiran Matematika. Yogjakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2009.
Slavin, Robert E. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media, 2008.
Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2008.
Sukino, dkk. Matematika SMP. Jakarta: Erlangga, 2006.
Susanto, Heri. Tentang Progam Wingeom. Jombang: STKIP Jombang, 2009.
Wardhani, Sri. Paket Fasilitas Pemberdayaan KKG/MGMP Matematika, (Online), (http://www.Ikp2i.org/pdf/sd/matematika.pdf, diakses 8 Febuary 2010).
Wiriaatmadja, Rochiyati. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: ROSDA, 2007.

Downloads

Published

2016-06-01

How to Cite

Nadiroh, I. (2016). Penerapan Pembelajaran CO-OP CO-OP dengan Menggunakan Media Wingeom untuk Meningkatkan Penalaran Pembelajaran Siswa MI Tarbiyatul Huda. Tafáqquh: Jurnal Penelitian Dan Kajian Keislaman, 4(1), 12–29. https://doi.org/10.52431/tafaqquh.v4i1.52

Issue

Section

Article