Penerapan Pembelajaran CO-OP CO-OP dengan Menggunakan Media Wingeom untuk Meningkatkan Penalaran Pembelajaran Siswa MI Tarbiyatul Huda
DOI:
https://doi.org/10.52431/tafaqquh.v4i1.52Keywords:
Learning CO-OP CO-OP, Media Wingeom, Increasing Reasoning StudentsAbstract
Today the progress of science and technology requires a person can master the information and knowledge. Thus required an ability to obtain, select and process information. These abilities require critical thinking, systematic, logical and creative. Therefore we need an education program to develop the ability to think critically, systematic, logical and creative. One program that is necessary for it is mathematics. Mathematics is a subject that fosters students to think logically. This study aims to find and analyze the extent Application of Learning CO-OP CO-OP Using the Media to Enhance Reasoning students Wingeom MI Tarbiyatul Huda
Downloads
References
Depdiknas. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2005.
Hudojo, Herman. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang (UM Press), 2005.
Isma, Nur. Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Directorat Jendral Pendidikan Ketenagaan, 2004.
Mastoni. Pengembangan Metode Improve Melalui Media Komputer Program Wingeom Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Geometri Dimensi Dua Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Kertosono Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi Tidak Diterbitkan. Jombang: STIKIP Jombang, 2010.
Moleong. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2006.
Mustangin. Dasar-Dasar Pembelajaran Matematika. Malang: FKIP Universitas Islam Malang, 2002.
Nurhadi, dkk. Pembelajaran Kontekstual Dan Penerapannya Dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang, 2004.
Rochminah, Sutji. Penggunaan Metode Penemuan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Mahasiswa Keguruan, (Online), (http:/www.metodepembelajarandiscovery.com, diakses 10 Januari 2010).
Rosidin, Kulafaur. Penerapan Pembelajaran Think Pair Shire (TPS) Dengan Menggunakan Media Flash Dan Power Point Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematika Siswa Kelas X SMA Wahid Hasym Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi Tidak Diterbitkan. Malang: Universitas Islam Malang, 2009.
S. Suhardjo, Supardi Arikunto. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Askara. 2008.
_______________________. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Sagala, Syaiful. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2005.
Sanjaya, Wina. Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Kencanas, 2006.
Shadiq, Fajar. Kemahiran Matematika. Yogjakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2009.
Slavin, Robert E. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media, 2008.
Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2008.
Sukino, dkk. Matematika SMP. Jakarta: Erlangga, 2006.
Susanto, Heri. Tentang Progam Wingeom. Jombang: STKIP Jombang, 2009.
Wardhani, Sri. Paket Fasilitas Pemberdayaan KKG/MGMP Matematika, (Online), (http://www.Ikp2i.org/pdf/sd/matematika.pdf, diakses 8 Febuary 2010).
Wiriaatmadja, Rochiyati. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: ROSDA, 2007.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Pemberitahuan Hak Cipta
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Tafaqquh: Jurnal penelitian dan kajian Keislaman yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada CONTACT.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Tafaqquh: Jurnal penelitian dan kajian Keislaman bersifat akademik. Tafaqquh: Jurnal penelitian dan kajian Keislaman tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.