PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM BINGKAI ISLAM NUSANTARA PERSPEKTIF KH. SAID AQIL SIROJ
DOI:
https://doi.org/10.52431/tafaqquh.v8i1.240Keywords:
Multicultural Education, Islam Nusantara, KH. Said Aqil SirojAbstract
This study aims to analyze the thinking of KH. Said Aqil Siroj about multicultural education in the frame of Islam Nusantara, where KH. Said Aqil Siroj is a phenomenal figure in the community, and has an open mind to the dynamics of differences in Indonesia. This study uses a qualitative approach with library research, in which researchers attempt to collect data derived from books, scientific journals, speeches and statements of KH. Said Aqil Siroj in various media, both print and electronic media, and other documents. The data analysis technique uses content analysis. The results showed that; multicultural education in the frame of Islam Nusantara Islam, according to KH. Said Aqil Siroj can be implemented in a way; mobilize and optimize the role of Kiai in the community, strengthen the curriculum in Islamic educational institutions based on multiculturalism, carry out regeneration to strengthen organizational solidarity, and instill and teach the attitude of nationalism to the community
Downloads
References
Abdurahman, ‘Implikasi UUSPN Terhadap Pendidikan Islam’, Al-Tanzim?: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1.1 (2017), 19–35
Achidsti, Sayfa Auliya, ‘Eksistensi Kiai Dalam Masyarakat’, Jurnal Kebudayaan Islam, Vol. 12.No. 12 (2014), 1–23
Ambarudin, R. Ibnu, ‘Pendidikan Multikultural Untuk Membangun Bangsa Yang Nasionalis Religius’, Jurnal Civis, Vol. 13.No. 1 (2016), 1–18
Baharun, Hasan, and Robiatul Awwaliyah, ‘Pendidikan Multikultural Dalam Menanggulangi Narasi Islamisme Di Indonesia’, Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), Vo. 5.No. 2 (2017), 1–20
Bilfagih, Taufik, ‘Islam Nusantara; Strategi Kebudayaan NU Di Tengah Tantangan Global’, Jurnal AQLAM, Vol. 2.No. 1 (2016), 1–16
Dalinur.M.Nur, ‘Dakwah Teori, Definisi Dan Macamnya’, Jurnal Wardah, No. 23, 2011, 1–7
Fadlullah, Muhammad Endy, ‘Ahlu Al-Sunnah Wa Al-Jamaah Dalam Perspektif Said Aqil Siradj’, Jurnal Nidhomul Haq, Vol. 3.No. 1 (2018), 1–11
Faisol, M., ‘Peran Pondok Pesantren Dalam Membina Keberagaman Santri’, Al-Tanzim?: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1.2 (2017), 37–51 <https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004>
Fathurohman, Imam, ‘Islam Nusantara Dalam Pemikiran K.H Said Aqil Siradj Dan Usaha-Usaha Sosialisasinya Tahun 2010-2018’, in Skripsi, 2018, pp. 1–51
Fatih, Amin, ‘Konsistensi Nahdlatul Ulama’ Dalam Mempertahankan Pancasila Dan Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia Di Tengah Wacana Negara Islam’, Jurnal Politik Walisongo, 1.1 (2019), 1–20 <https://doi.org/10.21580/jpw.2019.1.1.2026>
Fitriyah, Wiwin, Abd Hamid Wahid, and Chusnul Muali, ‘Eksistensi Pesantren Dalam Pembentukan Kepribadian Santri’, Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, Vol.No. 2 (2018), 1–19
Hafidh, Zaini, ‘Peran Kepemimpinan Kiai Dalam Peningkatan Kualitas Pondok Pesantren Di Kabupaten Ciamis’, Jurnal Administrasi Pendidikan, Vol. XXIV.No. 2 (2017), 1–7
Hefniy, ‘Membangun Pendidikan Berbasis Islam Nusantara’, Jurnal Islam Nusantara, Vol. 01.No. 01 (2017), 1–7
Hidayati, Nurul, ‘Konsep Pendidikan Islam Berwawasan Multikulturalisme Perspektif HAR.Tilaar’, Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 4.No. 1 (2016), 1–24
Ibrahim, Rustam, ‘Pendidikan Multikultural?: Pengertian , Prinsip , Dan Relevansinya Dengan Tujuan Pendidikan Islam’, Jurnal ADDIN, Vol. 7.No. 1 (2013), 1–26
Irwandi, Endah R. Chotim, ‘Analis Konflik Antara Masyarakat,Pemerintah Dan Swasta’, Jurnal JISPO, Volume 7.No 2 (2017), 1–20
Karimulah, Edy Susanto, ‘Islam Nusantara?: Islam Khas Dan Akomodasi Terhadap Budaya Lokal’, Jurnal Al-Ulum, Vol. 1.No. 1 (2016), 1–25
Khasanah, Farista Zulfa, ‘Studi Pemikiran Said Aqiel Siradj Tentang Kesetaraan Hak-Hak Politik Perempuan Untuk Menjadi Kepala Negara’ (UIN Walisongo Semarang, 2018)
Luthfi, Khabibi Muhammad, ‘Islam Nusantara?: Relasi Islam Dan Budaya Lokal’, Jurnal Shahih, Vol. 1.No. 1 (2016), 1–12
M.Nadlir, ‘Pendidikan Multikultural Dalam Perspektif Said Agil Husin Al Munawwar’, Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 01.No. 01 (2013), 1–17
Muali, Chusnul, ‘Rasionalitas Konsepsi Budaya Nusantara Dalam Menggagas Pendidikan Karakter Bangsa Multikultural’, Jurnal Islam Nusantara, Vol. 01.No. 01 (2017), 1–13
Musthofa, Imam Mahalli, ‘Pendidikan Islam Dan Tantangan Globalisasi’, in Buah Pikiran Seputar Fisafat, Politik, Ekonomi, Sosial Dan Budaya (ar Ruzz Media, 2004), p. 264
Mustofa, Saiful, ‘Meneguhkan Islam Nusantara Untuk Islam Berkemajuan’, Jurnal Episteme, Vol. 10.No. 2 (2015), 1–30
Nayiroh, Luluatu, ‘Pemikiran Dan Aktivitas Dakwah Prof. Dr. K.H Said Aqil Siroj’, in Skripsi, 2013, pp. 1–123
Nurhusna, Lu’lu’, Multukulturalisme Azyumardi Azra Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam, Skripsi, 2014, pp. 1–67
Rahim, Ali, ‘Nahdlatul Ulama (Pernanan Dan Sistem Pendidikannya)’, Jurnal Al Hikmah, XIV (2013), 2013
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam ((Jakarta: Kalam Mulia, 2002)
Sada, Heru Juabdin, ‘Peran Masyarakat Dalam Pendidikan Perspektif Pendidikan Islam’, Jurnal Al-Tadzkiyyah, Vol. 8.No.I (2017), 1–9
Saufi, Akhmad, and Hambali, ‘Menggagas Perencanaan Kurikulum Menuju Sekolah Unggul’, Al-Tanzim?: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3.1 (2019), 29–54
Setiawan, Eko, ‘Pemikiran Abdurrahman Wahid Tentang Prinsip Pendidikan Islam Multikultural Berwawasan Keindonesiaan’, Jurnal Pendidikan Islam, Vo.2.No.1 (2017), 1–14
Siswanto, Razali M. Thaib & Irman, ‘Inovasi Kurikulum Dalam Pengembangan Pendidikan’, Jurnal Edukasi, Vol. 1.No. 2 (2015), 1–13
Suparlan, Parsudi, ‘Menuju Masyarakat Indonesia Yang Multikultural’, Jurnal Antropologi Indonesia, 2002, 1–8
Suparta, Mudzier, ‘Islamic Multicultural Education’, in Sebuah Refleksi Atas Pendidikan Agama Islam Di Indonesia (Al Ghazali Center, 2008), p. 37
Syuhud, Syuhud, ‘Partisipasi Dalam Pengambilan Keputusan Strategis Di Pondok Pesantren’, Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3.2 (2019), 37–48 <https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v3i2.658>
Wihardit, Kuswaya, ‘Pendidikan Multikultural: Suatu Konsep, Pendekatan Dan Solusi’, Jurnal Pendidikan, Vol. 11.No.11 (2010), 1–10
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Pemberitahuan Hak Cipta
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Tafaqquh: Jurnal penelitian dan kajian Keislaman yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada CONTACT.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Tafaqquh: Jurnal penelitian dan kajian Keislaman bersifat akademik. Tafaqquh: Jurnal penelitian dan kajian Keislaman tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.