Konsep Punishment Perspektif Ibnu Sahnun (analisis kitab Adab al Muallimin)
DOI:
https://doi.org/10.52431/tafaqquh.v6i2.154Keywords:
learning process, punishment controversy, concept of punishmentAbstract
This study analyzes how the concept of punishment is in the learning process. Given how much controversy caused by the application of penalties that are considered not ideal and as acts of violence. Therefore, the concept of punishment is needed to improve the application of penalties that are not in accordance with the provisions of the Law and Islamic Shari'a. This literature study examines the concept of applying the perspective penalty of Ibnu Sahnun, which places more emphasis on the state of child psychology. With the hope that the concept of educational punishment becomes a reference in the process of applying punishment in the learning process. The main source of this study is a book by Ibnu Sahnun which deals with punishment, namely the book Adab al muallimin, also a book written by other writers who support the application of punishment in education. This study concludes that there are three types of educative punishment by Ibnu Sahnun, namely bi nadri (see with a cynical view), bi oral (advise), bi darban (punch). The three types of punishment are very relevant when applied in the learning process
Downloads
References
Anas,Muhammad M. 2017. “Hukuman (Punishment) Dalam Perspektif Pendidikan Pesantren, Ta’allum”. Jurnal Pendidikan Islam Volume 05, Nomor 01, Juni
Al-Arusi, Muhammad dalam muqoddimah. 2016. Adab Al-Mu?allimin libni sahnun,Cet II ( Tunis : AlManar, 1972)
Baharun, Hasan. 2017. Pengembangan Kurikulum Teori Dan Praktik Konsep, Prinsip, Model, Pendekatan Dan Langkah-Langkah Pengembangan Kurikulum Pai,Yogyakarta: Cv Cantrik Pustaka
Fawaid ,Ahmad. 2016. “Sumbangsih Pendidikan Islam Dalam Pembentukan Generasi Eksistensialis (Rekonstruksi Pemikiran Mulla Sadra dan Jean P. Sartre)”, at-turas Vol. 3 No. 1 Januari-Juni
Ghazali, Imam. 2018. ihya’ ulumuddin,Muezza, Yogyakarta
Manik, Wagiman. “ pemikiran pendidikan ibnu sahnun”, Jurnal WARAQAT Volume I, No. 1, Januari-Juni
Hairina, Yulia. 2016. “Prophetic Parenting Sebagai Model Pengasuhan Dalam Pembentukan Karakter (Akhlak) Anak”. Studia Insania. April, Hal. 79-94 Vol. 4, No. 1 Issn 2088-6303
Marhayati,Nelly. 2013. “Dampak Hukuman Fisik Terhadap Perilaku Delienkuen Remaja”, LENTERA PENDIDIKAN, VOL. 16 NO.1 JUNI
Mas’ud ,Abdur Rahman.2017. pemikiran-pemikiran emas para tokoh pendidikan Islam, iyan AR cet.1, yogyakarta
Najib, dkk, 2015. manajemen masjid sekolah sebagai laboratorium pendidikan karakter konsep dan implementasinya,Yogyakarta: Gava Media
Rabiatul-A, Sahrizal. 2012. “pemikiran ibnu sahnun: analisa kritis kurikulum pengajaran di institute pendidikan dasar Islam” jurnal MIQOT Vol. 36 No. 1 Januari-Juni
Ramayulis,2002, Ilmu Pendidikan Islam, Kalam Mulia, jakarta
Saifullah, 2014. “ Konsep Pedagogik Dalam Pemikiran.Ibnu Sahnun Dan Al-Qabisi”, Edukasi Volume 12, Nomor 3, September-Desember
Selan,Jerobeam A. 2016. “Pengaruh Penerapan Hukuman Terhadap Kemandirian Siswa”, Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia Volume 1 Nomor 1 Maret
Sulaiman F,Muhammad, 2017, skripsi , Universitas Maulana Malik pengaruh hukuman terhadap prestasi belajar siswa MA 1 jombang
Suhnûn, Muhammad bin, Kitâb Âdab al-Mu’allimîn, ditahqîq oleh Hasan Husnî ‘Abd al-Wahhâb dan cetakan baru dengan murâja‘ah dan komentar Muhammad al-‘Arûsî al-Mathwî, (Tûnis: Dâr Bûsalâmah li al-Thab‘ah wa al-Nasyr wa al-Tauzî‘, t.t.
Wahid, Abdul . 2009. Etika profesi hukum, Bayu media.
Yuberti. 2014. “Hukuman Edukatif Untuk Anak Mi/Sd”. jurnal pendidikan dan pembelajaran dasar volume1 nomor 2 desember p-issn 2355-1925
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Pemberitahuan Hak Cipta
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Tafaqquh: Jurnal penelitian dan kajian Keislaman yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada CONTACT.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di Tafaqquh: Jurnal penelitian dan kajian Keislaman bersifat akademik. Tafaqquh: Jurnal penelitian dan kajian Keislaman tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.