https://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/abdimasy/issue/feedABDIMASY: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat2024-12-03T14:36:12+07:00Abdimasy: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakatjurnalabdimasy@gmail.comOpen Journal Systems<p>E-ISSN: 2963-8127<br />ABDIMASY: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat adalah Jurnal di Lingkungan Institut Agama Islam Jombang dibawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) merupakan hasil dari pengabdian kepada masyarakat Civitas Akademik IAIBAFA dan Akademisi dari lembaga lainnya. Jurnal ini dikemas dengan padat dan berbotot supaya mudah untuk difahami oleh pembaca.<br />terbit setiap 6 bulan sekali (2 kali setahun) di bulan juni dan desember.<br />fokus jurnal pada pengabdian kepada masyarakat dalam bidang keagamaan sesuai dengan semboyan "The Center of Tafaqquh Fi-Addin".<br />Redaksi mengundang peneliti, cendekiawan untuk bersama menuangkan gagasan dan pemikirannya mengenai upaya dalam mengimplementasikan keilmuan keislaman di masyarakat.</p>https://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/abdimasy/article/view/abdimasy_juni24_01Pelatihan Tajwid untuk Pengajar dan Santri TPQ di Desa Dukuharum Di TPQ Al Hidayah2024-09-02T04:19:14+07:00sutrisno sutrisnomegaluhsatu@gmail.comMas’ud `Mas’udmasudtibbilqulub@gmail.com<p><strong><em>. </em></strong><em>Current developments have both positive and negative roles in the fields of science and religion, for example in every TPQ where the majority of children underestimate the issue of reading the Qur'an, and few want to learn the science of recitation. The majority of Muslims have learned to read the Al-Qur'an, either through elementary schools (SD) or Al-Qur'an Educational Parks (TPQ), but not everyone is able to read the Al-Qur'an well and correctly, because the condition is that someone can can be said to be smart and proficient in reading the Qur'an, namely by mastering the science of tajwid, including makhorijul letters (where the letters come out), alatul letters (the properties of each letter), akhamul letters (laws of letters), mad wal qashar (length and short letters), waqof wal inida' (a place to stop and start reading again). Society, especially children, are future assets that really need to be nurtured in the form of Islamic character. This community service is realized in the form of training in learning the science of recitation for teachers (ustad/ustadzah) and children at TPQ Al Hidayah, Dukuharum Village.</em></p>2024-09-02T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 ABDIMASY: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakathttps://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/abdimasy/article/view/abdimasy_juni24_3Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Arab Pada Aspek Kemahiran Menulis dengan Pendekatan Kooperatif Jigsaw di SDI Ulul Albab Badas2024-09-02T03:53:38+07:00Ibnu Mas ud Luthfimasudibnu413@gmail.comYayat Dimyatiyayatdimyati5@gmail.com<p>Pembelajaran bahasa Arab di SDI baik keterampilan mendengarkan (Istima’), keterampilan berbicara (Kalam), keterampilan Qiroah dan keterampilan menulis (Kitabah) saat ini masih banyak berbasis struktural. Pengajaran masih terfokus pada Nahwu. Implikasinya, pembelajaran menjadi abstrak, monoton, kurang kontekstual, kurang menarik, kurang interaktif, dan kurang komunikatif. Langkah yang dapat diambil adalah pengajar harus dapat menampilkan pelajaran bahasa Arab dengan metode mutakhir yang efektif dan teknik pembelajaran yang menarik. Siswa dilibatkan dalam proses belajar mengajar di kelas sehingga mereka merasa senang dan nyaman dalam pembelajaran bahasa Arab. Hal ini dapat ditempuh dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Jigsaw.</p> <p>Tujuan penelitian adalah menghasilkan model perencanaan pembelajaran bahasa Arab pada aspek KITABAH dengan pendekatan kooperatif Jigsaw di SDI ULUL ALBAB model langkah-langkah pembelajaran, dan dokumentasi pembelajaran bahasa Arab pada aspek Kitabah dengan pendekatan kooperatif Jigsaw di SDI ULUL ALBAB dalam bentuk CD interaktif. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan (research and development) Borg dan Gall. Dari keseluruhan aspek dan kriteria penilaian terhadap produk pengembangan berupa model perencanaan pembelajaran menurut ahli pembelajaran bahasa Arab, didapat hasil persentase sebesar 90%. Hal ini dapat diartikan bahwa keseluruhan aspek dan kriteria yang dinilai oleh ahli pembelajaran bahasa Arab berada pada kriteria valid karena berada pada skala 76% - 100%. Berdasarkan kriteria kelayakan produk dapat disimpulkan bahwa produk hasil pengembangan tersebut layak/tidak revisi dan tidak dilakukan uji coba ulang.</p>2024-06-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 ABDIMASY: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakathttps://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/abdimasy/article/view/abdimasy_juni24_2Pelatihan dan Pendampingan Muhadatsah Yaumiyah Pembelajaran Bahasa Arab Kelas 8 MTs Fatah Hasyim di Pesantren Al Mardliyah2024-05-16T04:09:50+07:00Bashirotul Hidayahbashirotulhidayah313@gmail.comAbd. Holikabd.holik@iaibafa.ac.idMuhammad Zakki Masykurmuhammadzakkimasykur@iaibafa.ac.idBaiq Tuhfatul Unsibaiqtuhfatulunsi@gmail.comMuhammad Asrori Ma’summuhammadasrorima225@gmail.comLailatul Mutmainahlalamuthmainnah1703@gmail.comPutri Nilam Sariputrinilamsaa771@gmail.com<p><em>The most important thing for Class 8 Students at Mts Fattah Hasyim Tambak Beras Jombang is that it is hoped that it will provide the best results for the students of Al Mardliyah Islamic Boarding School and the targets targeted by the program. The first problem is the lack of knowledge that Islamic boarding school students have regarding Arabic. The solution provided is through muhadatsah yaumiyah in learning Arabic. The approach method for implementing community service activities at the Al Mardliyah Islamic Boarding School in this PKM activity includes providing muhadtsah yaumiyah material, and practicing speaking Arabic well and correctly. The provision of Arabic language material is carried out at the beginning of learning activities and the introduction of Arabic language mufrodat. The material taught in this activity is Arabic and mufrodat yaumiyah material through writing and delivery and intensive assistance until students can speak Arabic well and correctly. Through this learning activity, it is hoped that it can solve the problems faced by grade 8 students of Mts Fattah Hasyim. This activity aims to see the activeness and skills of female students in participating in Arabic language learning (muhadtsah yaumiyah).</em></p>2024-06-02T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 ABDIMASY: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakathttps://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/abdimasy/article/view/abdimasy_juni24_04Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa MTs2024-12-03T14:36:12+07:00Moch. Nurcholismoch.nurcholis@iaibafa.ac.idNur Arifahnurarifah@iaibafa.ac.idFatmawati AlmahirohFatmawati.al3@gmail.comLaila Nurin Najwalailanurinnajwa@gmail.comIntan Nadirohintannadiroh@iaibafa.ac.idFarhan Masruryfarhanmasrury@iaibafa.ac.id<p>Kompetensi pedagogic guru merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang guru, kemampuan ini memberikan gambaran umum tentang setiap guru dalam mengelola kelas saat pembelajaran serta mampu meningkatakan kualitas hasil pembelajaran peserta didik. Sedangkan kualitas pembelajaran adalah tingkat keefektifan proses pembelajaran dalam mencapai tujuan pembelajaran. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan kualitas pembelajaran melalui peningkatan aktifitas belajar dan peningkatan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogic dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa MTs-MA Al Anwar Cangkringrandu Perak Jombang. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi langsung dan wawancara. Adapun hasil penelitian ini adalah Kompetensi Pedagogik guru merupakan salah satu bentuk penilaian kualitas pembelajaran, kualitas pembelajaran merupakan tingkat keefektifan dalam proses pembelajaran untuk mecapai tujuan pembelajaran. Namun fakta di lapangan penggunaan kurikulum pesantren mengakibatkan kompetensi pedagogic guru tidak berjalan semestinya karena ketimpangan jam mengajar antara mata pelajaran umum dan agama sehingga peningkatan kualitas pembelajaran masih belum menyeluruh.</p>2024-06-15T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 ABDIMASY: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat