https://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/abdimasy/issue/feedABDIMASY: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat2025-01-14T10:53:28+07:00Abdimasy: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakatjurnalabdimasy@gmail.comOpen Journal Systems<p>E-ISSN: 2963-8127<br />ABDIMASY: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat adalah Jurnal di Lingkungan Institut Agama Islam Jombang dibawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) merupakan hasil dari pengabdian kepada masyarakat Civitas Akademik IAIBAFA dan Akademisi dari lembaga lainnya. Jurnal ini dikemas dengan padat dan berbotot supaya mudah untuk difahami oleh pembaca.<br />terbit setiap 6 bulan sekali (2 kali setahun) di bulan juni dan desember.<br />fokus jurnal pada pengabdian kepada masyarakat dalam bidang keagamaan sesuai dengan semboyan "The Center of Tafaqquh Fi-Addin".<br />Redaksi mengundang peneliti, cendekiawan untuk bersama menuangkan gagasan dan pemikirannya mengenai upaya dalam mengimplementasikan keilmuan keislaman di masyarakat.</p>https://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/abdimasy/article/view/abdimasy_des24_1Pendampingan Penguasaan Mufrodat Melalui Permainan Edukatif “Tebak Makna” Di MTsN 1 Kota Palangka Raya2024-12-03T10:31:05+07:00Sri Wahyuningsihsriningsih110303@gmail.comAulia Ilmianiaulia.mustika.ilmiani@iain-palangkaraya.ac.id<p>Bagi siswa, penguasaan kosa kata bahasa Arab merupakan hal yang sangat penting, terutama bagi mereka yang mempelajari bahasa ini dalam konteks pendidikan formal. Keterbatasan kosa kata dapat menghambat pemahaman konteks kalimat bahasa Arab. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran yang menarik, mudah dipahami, dan mudah digunakan oleh siswa untuk mendukung proses belajar. Penggunaan alat atau media seperti audio-visual, proyektor, film, permainan, dan lainnya dapat membuat pembelajaran lebih dinamis dan membantu mencapai tujuan yang diinginkan. Penguasaan kosa kata bahasa Arab akan menjadi lebih efektif jika didukung oleh media pembelajaran yang berkualitas. Dalam pendampingan di MTsN 1 Kota Palangka Raya, metode <em>Participatory Action Research</em> (PAR) diterapkan secara partisipatif. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan permainan edukatif berupa tebak makna berhasil meningkatkan kemampuan siswa dalam menguasai kosa kata bahasa Arab di sekolah tersebut.</p>2025-01-14T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 ABDIMASY: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakathttps://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/abdimasy/article/view/abdimasy_des24_2Peningkatan Literasi Membaca dan Menulis Pada Siswa Melalui Media Pembelajaran Alat Peraga Flashcard Alphabet di SDN Balonggemek 2 Megaluh 2023-20242025-01-13T09:39:20+07:00Sutrisno Sutrisnomegaluhsatu@gmail.comMoh. Ifan Fahmiifahmi399@gmail.comHasan Abidinanzabied@gmail.comMoh. Sholichmohammadsolih12@gmail.com<p><em>Reading and writing literacy are essential basic skills that everyone must master. These literacies are needed to access information, communicate, and develop oneself. For elementary school students, reading and writing literacy are critical skills to be acquired. Good reading and writing literacy will help students understand lessons, complete school assignments, and develop creativity. The use of alphabet flashcards in teaching reading and writing is an effective method to assist students in developing their literacy skills. However, it is important to remember that such teaching aids should be used as part of a broader and integrated learning approach that includes teacher-student interactions, appropriate reading materials, and individual support for students who need additional assistance. This community service program employs a student-centered learning strategy. This strategy emphasizes the role of students as active participants in the learning process, encouraging them to construct their own knowledge</em><em>.</em></p>2024-12-02T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 ABDIMASY: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat